Macam-Macam Dongkrak Mobil yang Wajib Diketahui

dongkrak

Dongkrak menjadi salah satu peralatan yang harus ada di setiap kendaraan. Dongkrak sangat berguna saat mobil berada dalam masalah, misalnya ketika ban bocor atau bagian kolong mobil bermasalah.

Umumnya, tersedia dongkrak mekanis dan dongkrak hidrolik. Dongkrak mekanis menggunakan sistem kerja mengandalkan roda gigi dan batang yang diputar, sehingga menggunakan gaya angkat pemakaiannya. Sedangkan dongkrak hidrolik menggunakan cairan yang prinsip kerjanya menggunakan tekanan untuk menghasilkan gaya angkat.

Untuk mengetahui macam-macam dongrak, simak uraiannya di bawah ini.

dongkrak mobil

Dongkrak Gunting

Dongkrak gunting termasuk dalam jenis dongkrak mekanis. Dongkrak ini merupakan peralatan standar yang harus ada pada setiap mobil. Cara menggunakannya dengan cara memutar poros ulir searah jarum jam agar objek terangkat. Kelebihan dongkrak ini lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat. Kekurangannya, dibutuhka tenaga ekstra untuk menggunakannya.

Dongkrak Botol

Dongkrak botol termasuk dalam dongkrak jenis hidrolik. Dongkrak ini memiliki banyak ukuran kapasitas pengangkatan beban, tersedia mulai dari kapasitas 2 ton hingga 100 ton. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Kelebihan dongkrak ini dalam penggunaannya tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga saat mengangkat kendaraan, namun kekurangannya dongkrak ini bisa mengalami kebocoran minyak hidrolik yang dapat mengurangi kinerjanya.

Dongkrak Buaya

Dongkrak buaya masuk dalam jenis dongkrak hidrolik. Sesuai namanya, dongkrak ini berbentuk seperti mulut buaya. Kapasitas pengangkatannya tersedia mulai dari 1,5 ton hingga 20 ton. Kelebihan menggunakan dongkrak buaya dapat digunakan di berbagai medan, bukan hanya bidang rata. Kekurangannya, dongkrak ini harganya relative mahal dan dapat memakan tempat.

Dongkrak Transmisi

Dongkrak transmisi merupakan dongkrak yang digunakan untuk menurunkan atau memasang transmisi pada kendaraan saat dinaikan menggunakan car lift. Dongkrak transmisi termasuk jenis dongkrak hidrolik. Kelebihan dongkrak ini sangat stabil dan mudah dipindahkan. Selain itu, memudahkan untuk memperbaiki mesin. Tersedia hingga 500 ton. Kekurangannya, harganya tentu relatif mahal.

Dongkrak Botol Buaya

Sesuai namanya, dongkrak jenis ini merupakan perpaduan dari dongkrak botol dan dongkrak buaya. Dongkrak ini memiliki kapasitas yang cukup besar hingga tersedia mulai dari kapasitas 22 ton hingga 50 ton. Kekurangannya dongkrak jenis ini sulit digeser atau dipindah karena berat.

Itulah beberapa macam dongkrak mobil yang harus kamu ketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan