Manfaat Tune Up Untuk Mobil Kesayangan

Manfaat Tune Up Mobil

Manfaat Tune Up – Merawat mobil memang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik kendaraan, hal ini dimaksudkan agar mobil tidak cepat rusak dan tetap nyaman untuk dikendarai. Mobil sendiri tak hanya memerlukan servis saja, melainkan memerlukan juga yang namanya tune up.

Servis dan juga tune up tentu saja terdapat perbedaa. Servis mobil adalah perawatan yang dilakukan dengan membersihkan komponen mobil secara umum. Servis ini perlu dilakukan secara rutin dan berkala setiap 5000 km atau 6 bulan sekali.

Berbeda dengan tune up, tune up up sendiri adalah perawatan yang membersihkan sekaligus memperbaiki/mengganti komponen yang ada secara keseluruhan. Secara singkat, tune up adalah perawatan yang dilakukan secara lebih detail. Tune up ini biasanya dilakukan secara rutin setiap 20.000 km atau satu tahun sekali.

Manfaat Tune Up Untuk Mobil

Dikutip melalui laman resmi Suzuki, berikut beberapa manfaat tune up mobil yang perlu kamu ketahu.

1. Mengoptimalkan Performa Mesin

Tune up ini dilakukan untuk mengecek performa mesin yang menjadi pusat kekuatan dari mobil. Apabila kamu sering melakukan perjalanan jarak jauh dengan medan yang bukan aspal, maka tune up ini perlu dilakukan secara rutin.

2. Mengetahui Kerusakan Lebih Dini

Setiap melakukan servis, pasti kamu juga melakukan penggantian oli dan pembersihan mesin. Tune up sendiri ialah membersihkan saringan oli, saringan udara, serta pengecekan mesin yang dilakukan secara detail.

Dengan ini, apabila terdapat kerusakan pada salah satu komponen mesin sudah bisa ditemukan sejak awal.

3. Saringan Udara Tetap Bersih

Filter udara yang ada di dalam mobil berfungsi untuk menyaring kotoran agar tidak masuk ke dalam mesin. Sehingga yang masuk adalah udara yang sudah bersih dan juga aman. Dilihan dari fungsinya, maka tak heran apabila filter udara ini cepat kotor.

Komponen satu ini akan dibersihkan pada saat tune up dilakukan, sehingga ruang bakar mesin akan tetap terjaga kebersihannya.

4. Seluruh Komponen Stabil

Selain bisa mengetahui kerusakan komponen lebih awal, tune up juga bisa memastikan seluruh komponen mesin dalam kondisi yang stabil. Seluruh komponen inilah yang akan membuat performa mesin berfungsi dengan baik.

Berapa Biaya Tune Up?

Biaya tune up mobil sendiri terdiri dari jasa dan juga pembelian spare part. Ketika teknisi yang mengerjakan menemukan komponen rusak dan tidak layak pakai, maka kamu akan disarankan untuk menggantinya.

Kisaran biaya yang dibutuhkan untuk jasanya sendiri adalah kurang lebih Rp3 juta, jumlah tersebut belum dengan biaya penggantian spare part.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan