Manfaatkan 5 Fitur Mobil Penting Ini Saat Hujan

Fitur Mobil Penting

Fitur Mobil Penting – Berkendara ketika tidak hujan dan juga hujan merupakan hal yang berbeda . Ketika hujan datang, konsentrasi pengemudi sangat diperlukan. Selain karena visibilitas menjadi berkurang, masih banyak faktor eksternal yang perlu dicermati dengan seksama. Sebut saja seperti kondisi genangan air yang bisa menutup lubang jalan, atau suara berisik rintik hujan yang mengganggu fungsi pendengaran dengan lingkungan luar.

Berkendara ketika hujan juga membuat jarak pengereman kendaraan menjadi berkurang, sehingga membutuhkan kewaspadaan khusus. Sering cahaya lampu dari mobil lain mengganggu pandangan, dan juga ada yang membingungkan akibat kedipan lampu hazard dari mobil.

Beruntung untuk kendaraan keluar terbaru saat ini sudah memiliki berbagai fitur dan teknologi yang mampu memberikan ‘perlindungan’ ketika hujan datang. Fitur-fitur tersebut disediakan agar kamu mampu berkendara di tengah hujan dengan lebih baik.

Fitur Mobil Penting Saat Hujan

Untuk itu, berikut 5 fitur pada mobil yang bisa kamu manfaatkan untuk berkendara ketika hujan.

Wiper Otomatis

Semua mobil pasti sudah dilengkapi dengan fitur yang satu ini. Wiper bertugas untuk menghalau air hujan pada kaca depan mobil. Untuk beberapa mobil keluaran terbaru kini sudah memiliki sensor bernama rain sensor. Sehingga ketika hujan datang pengemudi tak perlu repot lagi untuk menghidupkan tuas wiper dan mengatur kecepatannya. Sensor hujan ini mampu membaca curah hujan yang datang dan juga mengatur kecepatan wiper tergantung curah hujan tersebut.

Selain itu, beberapa mobil juga sudah dilengkapi degan wiper belakang. Hujan deras dan juga cipratan air kotor akan mengganggu visibilitas kaca belakang. Maka dari itu gunakan wiper belakang tersebut untuk membersihkan kaca bagian belakang agar bisa bersih kembali.

Lampu Kabut Atau Foglamp

Ketika hujan deras datang, otomatis pencahayaa ke depan menjadi berkurang. Maka dari itu fog lamp atau lampu kabut dibutuhkan, fungsinya adalah untuk member tambahan cahaya agar visiibilitas pengemudi menjadi lebih baik. Sedangkan lampu kabut pada bagian belakang berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lain.

Fitur Mobil Penting : ABS

Genangan air dan juga licinnya jalanan membuat kinerja pengereman pada mobil tidak maksimal. Sering sekali terjadi mobil lepas kendali ketika sedang pengereman. Saat ini ABS alias anti-lock braking system sudah banyak disisipkan pada mobil keluaran terbaru.

Cara kerjanya adalah sensor akan mendeteksi gejala rem yang mengunci. Lalu sistem akan mengurangi tekanan rem dan juga roda agar dapat kembali berputar walaupun masih dalam proses pengereman. Proses ini dilakukan berulang kali hingga mobil dalam keadaan berhenti. Hasilnya, jarak pengereman pada kondisi jalan yang basah pun akan lebih pendek dibandingkan mobil non ABS.

ESP/ESC

ESP (Electronic Stability Programme) atau ESC adalah pengembangan dari control traksi. Fitur ini bekerja menggunakan sensor dan sanggup menganalisa gerakan lingkar kemudi, perputaran roda, hingga pergerakan bodi mobil. Jika kendaraan bergeser tidak sesuai arah yang seharusnya, maka sistem akan mengatur tekanan rem yang berbeda pada keempat roda. Dalam keadaan hujan, ESP tentu saja sangat membantu.

Defogger

Fitur berikut ini adalah fitur pemanas yang berfungsi untuk menghilangkan embun pada bagian kaca. Perbedaan temperature antara kabin mobil dengan bagian luar sering kali membuat kaca mobil menjadi berembun. Hal ini berpotensi mengganggu pandangan pengemudi ke sisi jalan.

Fitur ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu untuk kaca depan dan juga kaca belakang. Cara kerjanya pun berbeda, untuk bagian depan biasanya mengeluarkan hawa panas. Sedangkan untuk kaca belakangnya biasanya melalui elemen panas yang berbentuk kawat. Tugas dan fungsi keduanya sama, yaitu menguapkan embun.

Jika hujan terlah berhenti dank abut pada kaca sudah menghilang, maka jangan lupa untuk mematikan kembali fitur ini. Karena jika sampai lupa, akan berimbas kepada kaca mobil itu sendiri.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan