Kategori: Info Velg Mobil

Inilah Material Velg Mobil dan Proses Pembuatannya

Pada dasarnya, kamu perlu untuk mengetahui mengenai material velg mobil dan juga bagaimana proses dalam pembuatannya. Apalagi, jika kamu tertarik untuk mengganti velg mobil standar kamu dengan velg mobil variasi. Tentunya, kamu tidak bisa asal sembarangan dalam melakukan modifikasi. Sebab, hal ini juga memberikan pengaruh terhadap daya akselerasi dan handling mobil.

Material yang Digunakan Dalam Pembuatan Velg Mobil

Nah ada beberapa material velg mobil yang biasanya digunakan dalam pembuatan velg. Berikut ini penjelasannya.

Velg Baja

Pada dasarnya, velg berbahan material baja ini terdiri dari perpaduan besi dan juga karbon. Di Indonesia sendiri, velg jenis ini sering disebut dengan velg kaleng. Hal tersebut disebabkan karena velg baja ini memiliki variasi desain seperti kaleng.

Velg Aluminium

Velg Aluminium merupakan velg yang terdiri dari perpaduan antara material aluminium, magnesium, dan juga nickel. Jenis velg ini bisa dikatakan memiliki desain yang sangat bervariasi. Sebab, velg berbahan material aluminium lebih mudah untuk dibentuk.

Velg Magnesium

Meskipun memiliki desain yang cukup bervariasi, tetapi velg ini umumnya tidak terlalu banyak dijumpai dan lebih banyak digunakan untuk keperluan balap saja. Sebab, jenis velg berbahan material magnesium ini rentan terhadap korosi.

Velg Carbon

Velg carbon merupakan jenis velg yang memiliki daya tahan atau kekuatan yang cukup tinggi. Selain itu, velg ini pun memiliki bobot yang cukup ringan.

Proses Pembuatan Velg Mobil

Nah selain material pembuatannya, kamu juga perlu untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan velg mobil. Simak berikut ini penjelasannya.

Casting

Proses pembuatan velg dengan menggunakan metode ini merupakan proses yang paling dasar. Dalam hal ini, proses pembuatannya hanya dengan cara melelehkan material velg yang dituangkan ke dalam cetakan (Mold).

Flow Forming

Pada dasarnya, proses ini sebenarnya merupakan pengembangan dari proses casting. Namun dibandingkan dengan casting, velg yang dibuat dengan proses Flow Forming ini lebih kuat dan juga memiliki bobot yang lebih ringan.

Forging

Dalam hal ini, pembuatan velg dengan metode forging sebenarnya menggunakan material padat yang langsung dipanaskan hingga suhu tertentu. Kemudian, material tersebut dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. Nah hasil yang didapatkan ini menjadikan velg tersebut memiliki material yang padat, kuat dan juga memiliki bobot yang ringan.

Pos Terbaru

Begini Cara Kerja Ac Mobil yang Jarang Diketahui

Kenyamanan pada mobil memang menjadi suatu hal kewajiban, selain membuat cara kerja supir menjadi fokus… Read More

8 jam lalu

Sejarah Lengkap Morris Mini dan Mini Cooper

Mobil mungil Morris Mini buatan inggris ini pertama kali diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC)… Read More

9 jam lalu

Tips Cuci Mesin Mobil Sendiri Tanpa Pergi ke Detailing

Mesin mobil seiring penggunaannya akan mengalami perubahan ketika sering digunakan. Terutama dalam urusan performa. Tak… Read More

12 jam lalu

5 Mobil Baru Murah Harga 100 Jutaan

Persaingan industri otomotif memang tidak ada habisnya, apalagi setelah muncul mobil LCGC (Low Cost Green… Read More

1 hari lalu

Syarat & Biaya Cabut Berkas Mobil Tahun 2020

Ketika kamu membeli mobil bekas dari pemilik sebelumnya, biasanya akan melakukan cabut berkas untuk melakukan… Read More

1 hari lalu

Cara Menyetir Mobil Manual yang Mudah Bagi Pemula

Untuk kamu yang ingin belajar cara menyetir mobil , mulailah dengan belajar menggunakan mobill tipe… Read More

1 hari lalu