Mengenal Berbagai Komponen Transmisi Mobil Manual

Pada dasarnya, komponen transmisi mobil terbagi ke dalam dua jenis. Termasuk sistem transmisi manual. Transmisi sendiri terdiri dari beberapa komponen yang saling berkesinambungan dan berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui komponen apa saja yang terdapat pada transmisi mobil kesayangan kamu.

Komponen Transmisi Mobil Manual

Nah ada beberapa komponen transmisi mobil manual yang perlu kamu ketahui. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt)

Pada dasarnya, komponen ini merupakan poros yang bekerja sama dengan kopling. Fungsinya, yakni untuk memutar gigi pada gear box.

Gigi Transmisi (Gear Transmission)

Nah, komponen tersebut berfungsi sebagai pengubah input tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi output gaya torsi. Pengubahan ini pun tentunya akan disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh kendaraan.

Gigi Penyesuaian (Synchcroniser)

Peran dari komponen ini terlihat pada saat pengendara tetap bisa memindahkan gigi dengan aman dan juga nyaman meskipun mobil kamu sedang dalam keadaan berjalan.

Garpu Pemindah (Shift Fork)

Pada dasarnya, garpu pemindah berfungsi untuk memindahkan gigi pada porosnya sehingga gigi akan lebih mudah untuk dipasang atau bahkan dipindahkan.

Tuas Penghubung (Shift Lingkage)

Adapun fungsi dari tuas penghubung, yakni sebagai penghubung antara tuas persneling dengan shift fork atau yang sering disebut dengan garpu pemindah.

Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever)

Nah tuas ini berfungsi sebagai pengendali pengemudi agar bisa memindahkan gigi transmisi sesuai dengan kondisi mengemudi yang mereka inginkan. Komponen ini biasanya terletak berdekatan dengan sang pengemudi.

Bak Transmisi (Transmission Case)

Bak Transmisi digunakan sebagai dudukan bearing transmisi beserta dengan poros-porosnya. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai wadah untuk menyimpan oli transmisi. Dengan demikian, pergerakan atau pergeseran setiap komponen di dalam sistem transmisi bisa tetap lancar dan juga halus.

Output Shaft

Output shaft merupakan sebuah poros yang memiliki fungsi untuk mentransfer torsi yang berasal dari sistem transmisi ke gigi terakhir. Selain itu, komponen tersebut juga bisa digunakan sebagai dudukan persneling pada sebuah mobil.

Bantalan atau Laker (Main Bearing)

Sebenarnya, komponen ini berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara permukaan komponen yang berputar di dalam sistem transmisi.

Counter Gear

Nah counter gear digunakan untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

Reverse Gear

Dalam hal ini, komponen yang satu ini berguna untuk mengubah arah putaran output shaft. Hal inilah yang membuat mobil kita bisa berjalan mundur ketika kamu menggerakkan tuas persneling ke arah reverse gear.

Hub Slave

Hub slave berfungsi sebagai pengunci penyesuaian gigi percepatan. Nah, dengan adanya komponen ini maka dapat membuat output shaft menjadi bisa berputar dan juga berhenti.

Speedometer Gear

Nah dengan adanya speedometer gear ini membuat kecepatan dari mobil yang kamu kendarai tersebut dapat terukur.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan