Diesel Runaway, Penyakit Mobil Diesel yang Merepotkan

Diesel Runaway

Mobil diesel adalah mobil yang dikenal dengan torsi mesin yang unggul. Selain itu, mobil diesel juga dinilai oleh banyak orang dengan irit bahan bakarnya. Namun, ada salah satu penyakit yang cukup fatal yang dapat terjadi pada mobil diesel. Penyakit apa itu? Jawabannya adalah runaway diesel.

Apa Itu Diesel Runaway?

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, mengatakan, diesel runaway adalah kondisi di mana mesin tidak ingin dimatikan walaupun kunci kontak sudah dicabut. Umumnya apabila mobil terkena penyakit mobil diesel ini maka akan keluar asap putih tebal yang tidak kunjung hilang.

Penyebab dari adanya penyakit mobil diesel ini dikarenakan pompa solar atau ECU mengalami kerusakan. hal ini bisa disebabkan juga oleh hal lain yang mengakibatkan mesin menarik solar secara besar-besaran. Hal ini tentu mengakibatkan putaran mesin menjadi tinggi dengan sendirinya.

Apabila mobil mengalami diesel runaway, maka ada baiknya pengemudi segera memarkirkan kendaraan pada tempat yang aman lalu jangan lupa untuk mengaktifkan rem tangan. Dan apabila terdapat penumpang di dalamnya, maka suruh segera keluar dari mobil untuk mempercepat diesel runaway berhenti. Cabut juga selang penghubung antara tangka bahan bakar dengan mesin, hal ini agar mesin tidak mendapat pasokan bahan bakar.

Kemudian cabut juga saluran udara dan tutup untuk menghentikan pasokan udara ke mesin. Namun, cara yang paling aman adalah dengan menunggu mesin berhenti sendiri karena kehabisan solar. Walaupun memang terlihat seperti mubazir, namun cara ini adalah cara yang paling aman yang bisa dilakukan.

Pencegahan Agar Tidak Terjadi

Pada dasarnya, proses pembakaran yang terjadi pada mesin diesel ini bergantung pada dua hal, yaitu solah sebagai bahan bakar dan juga udara. Agar diesel runaway tidak terjadi pada mobil diesel kesayangan kamu, maka rawatlah mesin mobil secara rutin. Walau banyak yang bilang bahwa mesin diesel adalah mesin yang tangguh, namun bukan berarti mobil diesel tidak memerlukan perawatan.

Cek secara rutin kondisi saringan solar dan udara, serta kualitas solar. Bersihkan sistem pembakaran dan perangkat injektor secara rutin. Namun untuk saat ini kejadian diesel runaway sudah sangat jarang terjadi. Hal ini dikarenakan mesin diesel keluaran terbaru sudah disematkan teknologi commonrail. Dengan teknologi ini membuat proses penyuntikan solar menjadi lebih optimal dikarenakan adanya kontrol dari sistem elektronik.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan