Diesel Runaway, Penyakit Mobil Diesel yang Merepotkan

Mobil diesel adalah mobil yang dikenal dengan torsi mesin yang unggul. Selain itu, mobil diesel juga dinilai oleh banyak orang dengan irit bahan bakarnya. Namun, ada salah satu penyakit yang cukup fatal yang dapat terjadi pada mobil diesel. Penyakit apa itu? Jawabannya adalah runaway diesel.

Apa Itu Diesel Runaway?

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, mengatakan, diesel runaway adalah kondisi di mana mesin tidak ingin dimatikan walaupun kunci kontak sudah dicabut. Umumnya apabila mobil terkena penyakit mobil diesel ini maka akan keluar asap putih tebal yang tidak kunjung hilang.

Penyebab dari adanya penyakit mobil diesel ini dikarenakan pompa solar atau ECU mengalami kerusakan. hal ini bisa disebabkan juga oleh hal lain yang mengakibatkan mesin menarik solar secara besar-besaran. Hal ini tentu mengakibatkan putaran mesin menjadi tinggi dengan sendirinya.

Apabila mobil mengalami diesel runaway, maka ada baiknya pengemudi segera memarkirkan kendaraan pada tempat yang aman lalu jangan lupa untuk mengaktifkan rem tangan. Dan apabila terdapat penumpang di dalamnya, maka suruh segera keluar dari mobil untuk mempercepat diesel runaway berhenti. Cabut juga selang penghubung antara tangka bahan bakar dengan mesin, hal ini agar mesin tidak mendapat pasokan bahan bakar.

Kemudian cabut juga saluran udara dan tutup untuk menghentikan pasokan udara ke mesin. Namun, cara yang paling aman adalah dengan menunggu mesin berhenti sendiri karena kehabisan solar. Walaupun memang terlihat seperti mubazir, namun cara ini adalah cara yang paling aman yang bisa dilakukan.

Pencegahan Agar Tidak Terjadi

Pada dasarnya, proses pembakaran yang terjadi pada mesin diesel ini bergantung pada dua hal, yaitu solah sebagai bahan bakar dan juga udara. Agar diesel runaway tidak terjadi pada mobil diesel kesayangan kamu, maka rawatlah mesin mobil secara rutin. Walau banyak yang bilang bahwa mesin diesel adalah mesin yang tangguh, namun bukan berarti mobil diesel tidak memerlukan perawatan.

Cek secara rutin kondisi saringan solar dan udara, serta kualitas solar. Bersihkan sistem pembakaran dan perangkat injektor secara rutin. Namun untuk saat ini kejadian diesel runaway sudah sangat jarang terjadi. Hal ini dikarenakan mesin diesel keluaran terbaru sudah disematkan teknologi commonrail. Dengan teknologi ini membuat proses penyuntikan solar menjadi lebih optimal dikarenakan adanya kontrol dari sistem elektronik.

Dipublikasikan oleh
HSR Wheel

Pos Terbaru

HSR Wheel Sambut Mobil Bebas PPnBM dengan Pelek Kokoh & Kuat

HSR Wheel Sambut Mobil Bebas PPnBM - Penghilangan Pajak Penjualan atas Barang Mewah  (PPnBM) untuk… Read More

10 April 2021

5 Mobil Keluarga Mewah Tahun 2021

Saat ini mobil keluarga mewah memang sedang banyak dicari oleh para keluarga di Indonesia. Beberapa… Read More

10 April 2021

Cara Parkir Mobil dengan Benar

Cara Parkir Mobil - Saat ini memang sudah banyak pengemudi yang sudah lihai dan ahli… Read More

9 April 2021

Cara Belajar Mobil Dengan Aman dan Benar

Cara Belajar Mobil - Mengendarai mobil untuk seorang pemula memang membuat rasa khawatir timbul beserta… Read More

9 April 2021

Cegah Knalpot Mobil Berkarat, Lakukan 4 Tips Ini

Knalpot Mobil Berkarat - Posisi knalpot yang ada di bagian bawah atau kolong mobil membuat… Read More

8 April 2021

Sebelum Beli Ban Mobil, Perhatikan 5 Hal Ini

Beli Ban Mobil - Ban mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah… Read More

7 April 2021