Mengenal Istilah Mobil JDM dalam Dunia Otomotif

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah “mobil JDM” dalam dunia otomotif. Kerap kali mobil ini sering dikait-kaitkan atau identik dengan kata Jepang. Terkadang beberapa orang juga mengartikannya secara keliru. Lantas apasih sebenernya mobil JDM itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Mobil JDM?

Mobil JDM adalah mobil yang dimodifikasi menggunakan salah satu jenis aliran modifikasi yang berkiblat pada negara Jepang. JDM sendiri merupakan singkatan dari “Japanes Domestic Market”. Artinya model ini hanya dijual di pasar domestik Jepang dan tidak ada di negara lain. Maka, karena alasan itulah banyak orang Indonesia menciptakan modifikasi mobil semirip mungkin dengan mobil tampilan Jepang. Modifikasi jenis ini juga biasa disebut dengan istilah ‘JDM look’ yang artinya penampilannya mirip dengan mobil JDM.

Apakah mobil Jepang yang saat ini dijual dipasaran termasuk JDM? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, JDM merupakan salah satu jenis aliran modifikasi saja.  

Ada banyak sparepart JDM yang dijual dipasaran saat ini untuk dipasang di banyak jenis mobil. Bahkan, ada juga yang membuka jasa auto tuner yang bisa mengubah mobil apapun menjadi tampilan JDM. Hal ini terjadi karena gaya JDM banyak diminati dengan berbagai macam variasi yang dimilikinya.  

Ciri-Ciri Mobil JDM dalam Dunia Otomotif

Sebenarnya aliran JDM digolongkan lagi menjadi dua bagian, yaitu Pure JDM dan JDM style. Pure JDM ini menggunakan semua komponen yang didatangkan langsung dari negara Jepang. Sedangkan JDM style masih ada komponen yang tidak berasal dari Jepang.

Ciri dari aliran JDM biasnaya memiliki warna dasar mobil yang tidak terlalu ramai dengan warna hitam yang dipasang pada kap mesin. Selain itu, mobil JDM juga punya stikernya masing-masing lho!

Jika kamu pengemudi pemula, kamu harus menggunakan stiker warna kuning hijau berbentuk panah yang disebut dengan “Wakaba” dan harus digunakan mereka selama satu tahun setelah mendapatkan SIM.

Stiker Wakaba

Sedangkan untuk pegemudi expert kamu harus menggunakan stiker warna kuning oranye yang bentuknya seperti daun atau sebuah air mata yang disebut “Koreisha”. Stiker ini juga menandakan bahwa kamu pengemudi yang sudah berumur atau tua.  

Stiker Koreisha

Nah, sudah tahu kan sekarang istilah dari mobil JDM? Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk modifikasi aliran JDM juga?

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

2 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu