Apa itu Mobil JDM ? Mari Kita Cari Tahu !

apa itu mobil JDM

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah “mobil JDM” dalam dunia otomotif. Kerap kali mobil ini sering dikait-kaitkan atau identik dengan kata Jepang. Terkadang beberapa orang juga mengartikannya secara keliru. Lantas apa itu mobil JDM ? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Mobil JDM ?

Mobil JDM adalah mobil yang dimodifikasi menggunakan salah satu jenis aliran modifikasi yang berkiblat pada negara Jepang. JDM sendiri merupakan singkatan dari “Japanese Domestic Market”. Artinya model ini hanya dijual di pasar domestik Jepang dan tidak ada di negara lain. Maka, karena alasan itulah banyak orang Indonesia menciptakan modifikasi mobil semirip mungkin dengan mobil tampilan Jepang. Modifikasi jenis ini juga biasa disebut dengan istilah ‘JDM look’ yang artinya penampilannya mirip dengan mobil JDM.

Apakah mobil Jepang yang saat ini dijual dipasaran termasuk JDM? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, JDM merupakan salah satu jenis aliran modifikasi saja.  

Ada banyak sparepart JDM yang dijual dipasaran saat ini untuk dipasang di banyak jenis mobil. Bahkan, ada juga yang membuka jasa auto tuner yang bisa mengubah mobil apapun menjadi tampilan JDM. Hal ini terjadi karena gaya JDM banyak diminati dengan berbagai macam variasi yang dimilikinya.  

Sejarah Aliran Mobil JDM

JDM itu sendiri merupakan istilah yang diciptakan oleh penikmat dunia otomotif Amerika. Dikabarkan, alasannya adalah terdapat perbedaan spesifikasi mobil JDM ( Japanese Domestic Market ) dengan USDM ( United States Domestic Market ). Perbedaan mencolok ini semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Menjadikan mobil JDM semakin berbeda dibandingkan aliran yang lain. 

Aliran-aliran modifikasi JDM juga semakin berkembang lagi menjadi beberapa cabang dengan ciri khasnya masing-masing. Kyusha, yang berarti mobil klasik atau tua, direpresentasikan ke dalam gaya modifikasi retro atau vintage. Zokusha, berarti klub mobil, dimana beberapa orang yang menyukai ketertarikan sama dalam dunia otomotif Jepang mendirikan sebuah komunitas. Ada juga, Hashiriya yang berisikan orang-orang pencinta balapan jalanan ilegal di Jepang. Bahkan sampai klub yang berisikan pencinta anime, memodifikasi mobilnya berdasarkan tema anime favorit si pengendara, disebut Itasha. Itu hanya sedikit dari aliran JDM yang diketahui. Masih ada banyak lagi aliran JDM yang mengisi dunia otomotif Jepang maupun dunia

Ciri-Ciri Mobil JDM dalam Dunia Otomotif

Sebenarnya aliran JDM digolongkan lagi menjadi dua bagian, yaitu Pure JDM dan JDM style. Pure JDM ini menggunakan semua komponen yang didatangkan langsung dari negara Jepang. Sedangkan JDM style masih ada komponen yang tidak berasal dari Jepang.

Ciri dari aliran modifikasi JDM biasanya memiliki warna dasar mobil yang tidak terlalu ramai dengan warna hitam yang dipasang pada kap mesin. Selain itu, mobil JDM juga punya stikernya masing-masing lho !

Jika kamu pengemudi pemula, kamu harus menggunakan stiker warna kuning hijau berbentuk panah yang disebut dengan “Wakaba” dan harus digunakan mereka selama satu tahun setelah mendapatkan SIM.

mobil JDM dalam dunia otomotif

Sedangkan untuk pegemudi expert kamu harus menggunakan stiker warna kuning oranye yang bentuknya seperti daun atau sebuah air mata yang disebut “Koreisha”. Stiker ini juga menandakan bahwa kamu pengemudi yang sudah berumur atau tua.  

mobil JDM dalam dunia otomotif

Nah, sudah tahu kan sekarang istilah dari aliran modifikasi mobil JDM ? Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk modifikasi aliran JDM juga ?

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan