Mengenal Jenis Aki Mobil dan Perbedaannya

Jenis Aki Mobil – Mobil yang kamu miliki saat ini adalah sebuah teknologi yang terdiri dari berbagai macam komponen di dalamnya, masing-masing komponen tersebut tentu memiliki fungsinya masing-masing. Ketika salah satu komponen mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan mobil akan bekerja secara tidak maksimal.

Salah satu komponen penting yang ada pada mobil adalah aki mobi, fungsi aki mobil sendiri adalah memberikan daya listrik ke seluruh komponen listrik yang ada pada mobil. Untuk menyalakan mesin, mobil perlu daya yang sangat besar. Aki ini adalah satu-satunya sumber tenaga listrik yang mampu memberikan daya listrik begitu besar.

Kehadirannya perlu diperhatikan secara serius, karena ketika rusak, mobil menjadi susah untuk dihidupkan. Lalu lampu mobil pun akan menjadi redup hiingga mati, dan tentunya sistem kelistrikan akan terganggu.

Jenis Aki Mobil

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada dua jenis aki mobil yang biasa dijual di pasaran, yaitu aki mobil kering dan juga basah. Namun ternyata tidak hanya dua, melainkan ada beberapa jenis aki mobil lainnya. Simak selengkapnya di bawah ini :

1. Aki Mobil Basah

Jenis aki yang satu ini mungkin biasa kamu dengar di pasaran. Sesuai dengan namanya, aki basah ini terdapat cairan elektrolit (air aki) yang membantu aki untuk bekerja. Cairan ini memiliki kandungan timah antimony yang mudah untuk menguap sehingga kamu perlu melakukan pengecekan secara rutin.

2. Aki Mobil Kering

Jenis aki mobil selanjutnya ada aki kering atau biasa disebut dengan aki maintenance free. Sesuai namanya, aki ini tidak harus diperlakukan layaknya aki basah. Walaupun sama-sama memiliki kandungan elektrolit, namun aki kering memiliki kandungan timah kalsium yang lebih lambat dalam penguapannya.

Karena hal tersebut, aki mobil kering tidak membutuhkan pengisian ulang cairan elektrolit layaknya pada aki basah.

3. Aki Mobil Kalsium

Selanjutnya ada aki mobil kalsium. Mungkin kamu jarang mendengar jenis aki yang satu ini. Karena memang aki jenis ini jarang dijual di pasar otomotif Indonesia. Yang membedakan kedua aki sebelumnya dengan aki kalsium ada pada kutub aki yang terbuat dari material kalsium.

Kelebihan aki kalsium adalah memiliki tingkat penguapan yang lebih kecil dibandingkan dengan aki lainnya.

4. Aki Mobil Hybrid

Aki mobil hybrid adalah gabungan antara aki biasa dengan aki kalsium. Aki jenis ini memilik tingkat penguapan yang sangat kecil dan tak perlu lagi mendapat sebuah perawatan rutin. Namun, aki ini memiliki kekurangan karena cairan elektrolit di dalamnya sangat berbahaya untuk kulit manusia dan juga sulit ditemukan di Indonesia.

5. Aki Mobil Gel

Jenis aki mobil terakhir adalah aki mobil gel. Sesuai dengan namanya, aki jenis ini tidak menggunakan cairan elektrolit. Namun menggunakan gel untuk pengganti cairan aki. Tentu dengan perbedaan cairan, aki ini diklaim bisa bertahan walaupun minim akan perawatan.

Selain itu, sifat gel yang ramah terhadap kulit manusia juga menjadi kelebihan dan meningkatkat keamanan dibandingkan jenis aki lainnya. Maka dari itu, aki jenis ini memiliki harga yang cukup tinggi di Indonesia.

Demikian jenis aki mobil yang mungkin perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Pos Terbaru

Manfaat Tune Up Untuk Mobil Kesayangan

Manfaat Tune Up - Merawat mobil memang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik kendaraan, hal… Read More

24 Juni 2021

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil - Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali… Read More

24 Juni 2021

Apa Itu Gemuk dan Fungsinya pada kendaraan?

Apa Itu Gemuk - Untuk yang sudah paham otomotif atau dunia perbengkelan mungkin sudah tidak… Read More

23 Juni 2021

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang… Read More

23 Juni 2021

Kenali Isyarat Lampu Kendaraan pada Truk & Bus

Isyarat Lampu Kendaraan - Keselamatan berkendara adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh para pengguna… Read More

22 Juni 2021

Banyak Dicari, Berikut Harga Mobil Avanza 2019

Harga Mobil Avanza 2019 - Mobil bekas tahun muda memang selalu menjadi pilihan yang cukup… Read More

21 Juni 2021