Mengenal Mobil JDM Hingga Tips Modifikasi Velg JDM

Mobil JDM

Para pecinta otomotif mungkin sudah sering mendengar tentang istilah mobil JDM, namun untuk pemula mungkin akan sedikit bingung mengenal istilah tersebut. Lalu, sebenarnya apa itu JDM?. Secara umum sendiri istilah JDM merupakan singkatan dari kata Japanese Domestic Market. Ini artinya adalah mobil yang dikhususkan dijual hanya untuk pasar domestik Jepang dan tidak bisa ditemukan di negara lainnya.

Selain itu ada juga sebagian orang yang menganggap JDM merupakan model atau jenis modifikasi yang hanya ada di Negeri Sakura sana. Untuk kamu yang masih bingung mengenai istilah JDM ini, berikut kita akan membahasnya secara tuntas di bawah ini. Simak yah!

Apa Itu JDM?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, istilah JDM adalah singkatan dari Japanese Domestic Market. JDM sendiri adalah mobil buatan pabrikan resmi di Jepang yang dibuat khusus dan dipasarkan hanya di Jepang saja. Biasanya, jenis mobil Japanese Domestic Market bisa dilihat dari segi performa dan kecepatannya yang super tinggi sehingga belum tentu legal untuk dikendarai di jalan umum apabila dipasarkan ke negara lain.

Untuk itulah negara seperti Indonesia memang tidak bisa dengan mudah untuk mendapatkan mobil JDM. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh negara lain yang tidak bisa mendapatkan mobil Japanese Domestic Market adalah dengan melakukan moifikasi mobil yang dimiliki dengan spare part JDM. Suku cadang dari mobil Japanese Domestic Market memang bisa digunakan di mobil selain JDM tersebut, maka dengan adanya tren modifikasi ini akhirnya banyak orang yang menamainya sebagai mobil  Japanese Domestic Market-look.

Baca Juga: Mengenal Mobil Offroad Hingga Tuntas

Salah Kaprah Tentang JDM

Apakah sampai saat ini kamu sudah mulai memahami mengenai apa itu JDM? Sebenarnya masih ada beberapa pecinta otomotif yang salah kaprah terhadap mobil Japanese Domestic Market ini. Ada yang menyebut bahwa mobil buatan jepang sudah pasti JDM, padahal faktanya tidak demikian. Sebagai informasi bersama, berikut beberapa informasi yang perlu dipahami agar tidak salah kaprah lagi untuk kedepannya.

  • JDM adalah Mobil Merek Jepang : Mungkin sebagian orang ada yang menganggap bahwa mobil Japanese Domestic Market adalah mobil yang diproduksi langsung oleh pabrikan Jepang walau pun dipasarkan ke berbagai negara di dunia. Faktanya, ini merupakan pengertian yang salah.
  • JDM adalah Mobil Jepang CBU : Ada juga yang menggap bahwa mobil Japanese Domestic Market merupakan mobil yang diimpor secara utuh dan disebut dengan made in Japan. Perlu diketahui, mobil Japanese Domestic Market sendiri tidak bisa diimpor secara resmi ke mana pun kecuali melalui jalur dealer atau importir umum yang ada.
  • Menggunakan part JDM = Mobil JDM : Mobil yang menggunakan alias modifikasi dengan komponen JDM tidak bisa disebut sebagai mobil Japanese Domestic Market. Mobil yang dilakukan modifikasi ini hanya “bergaya” JDM saja sehingga sebutannya adalah JDM-look.
  • Menggunakan part tuner Jepang = JDM : Banyak yang mengangap bahwa mobil yang menggunakan part buatan tuner Jepang seperti HKS, Tanabe, Enkei, dan yang lainnya disebut sebagai mobil JDM. Padahal tidak sepenuhnya benar dan tidak bisa disebut sebagai JDM juga walaupun komponen yang tersemat buatan Jepang.
  • Pure JDM & OEM JDM : Walaupun disebut sebagai mobil pure JDM alias murni, namun jenis ini sebenarnya bukan JDM asli. Pure JDM hanyalah sebuah aliran modifikasi kendaraan yang penggunaan partnya menggunakan komponen JDM.

Mobil JDM Tidak Ada di Negara Lain

Sejatinya mobil Japanese Domestic Market  memang hanya dikhususnya diproduksi dan dipasarkan untuk market Jepang saja. Maka dari itu mobil Japanese Domestic Market ini tidak akan bisa ditemui di negara lain selain Jepang. Namun ketika menginginkan mobil Japanese Domestic Market, apakah kita yang di Indonesia bisa membelinya? Jawabannya tentu bisa. Biasanya dari pihak manufaktur tidak mendatangkan mobil Japanese Domestic Market ini secara langsung. Melainkan ada pihak importir umum (IU) yang bisa mendatangkan berbagai mobil masuk ke Indonesia.

Bahkan untuk saat ini sudah ada banyak sekali jasa importir umum yang menyediakan layanan untuk mendatangkan berbagai macam mobil ke Indonesia. Bahkan melalui jasa importir umum ini kamu juga bisa membeli mobil khusus lainnya seperti EuDM (European Domestic Market) atau USDM (United States Domestic Market).

Mobil JDM yang Asli

Kembali, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua mobil yang dibuat di Jepang adalah mobil JDM. Masih ada banyak sekali yang salah kaprah dan menjadi sebuah pengertian yang populer. Sebut saja salah satunya mobil Toyota Supra Mk4 yang dijual di Amerika Serikat dengan konfigurasi setir kiri. Banyak orang yang mengira mobil tersebut adalah mobil Japanese Domestic Market asli, padahal mobil ini bukanlah JDM melainkan mobil yang sudah mengalami modifikasi untuk mengikuti regulasi di sana.

Beda ceritanya apabila mobil Toyota Supra Mk4 tersebut memiliki posisi setir kanan, maka mobil tersebut bisa dipastikan JDM. Namun perlu diketahui, Kei car alias K-Car adalah mobil yang bisa dibilang JDM asli. Kei car sendiri adalah mobil yang memiliki ukuran bodi yang kecil dan hanya memiliki kapasitas mesin tak lebih dari 1.000 cc atau di bawah 700 cc.

Mobil asli JDM ini juga biasa dikenal sebagai Grey Import Vehicles yang merupakan mobil-mobil Japanese Domestic Market bekas yang dijual oleh diler lokal dan dikirim ke luar jepang.

Impor Mobil Bekas

Mungkin ada yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara inmpor mobil bekas? Perlu diketahui bersama, sejak 1999 silam kendaraan Completely Built Up (CBU) sudah bisa diimpor ke Indonesia oleh IU yang memiliki status berbadan hukum. Tentu saja IU ini diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Usaha (SIUP) dan Angka Pengenal Impor (API).

Ketentuan untuk impor mobil bekas ini sudah tertuang dalam peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 Tahun 2016 tentang Kriteria Teknis Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru. Dalam ketentuan tersebut tertulis beberapa jenis barang yang bisa diimpor, diantaranya ada transportasi darat, industri maritim, industri elektronika & telematika, hingga industri permesinan. Namun aturan tersebut melarang impor mobil bekas secara utuh. Pemerintah bisa melonggarkan aturan ini namun dengan syarat yang tentunya sangat ketat bukan untuk probadi.

Modifikasi Ala Mobil JDM

Untuk kamu yang ingin memiliki mobil Japanese Domestic Market  namun terkendala karena sulitnya impor mobil bekas ke Indonesia, maka kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan modifikasi JDM-look. Ya walaupun bukan JDM asli, tapi setidaknya tampilan mobil mirip-mirip dengan aslinya.

Di Indonesia sendiri sangat lumrah apabila seseorang melakukan modifikasi namun berkiblat dari mobil JDM. Tak sedikit yang merubah mobil standar mereka menjadi sebuah mirip seperti mobil JDM. Beberapa modifikasi yang dilakukan biasanya merubah velg mobil, interior, bumper, gril, mesin, dan juga beberapa komponen lainnya. Dan untuk mengeluarkan aura JDM banget pada mobil, ada baiknya gunakan komponen yang memang didatangkan langsung dari Jepang agar JDM-look pada mobil semakin kental.

Daftar Mobil JDM Paling Populer

Berikut di bawah ini ada beberapa daftar mobil Japanese Domestic Market yang biasanya menjadi incaran para kolektor pengagum mobil Jepang ini. Simak daftar lengkapnya berikut ini.

  • Nissan Laurel
  • Toyota Supra
  • Nissan Skyline GT-R
  • Daihatsu Move
  • Toyota Altezza
  • Mazda Demio

Di atas adalah daftar mobil Japanese Domestic Market yang populer di antara pecinta otomotif Indonesia. Jika berbicara harga, tentu mobil di atas adalah mobil yang bisa dibilang sangat berharga sekali. Kelangkaan jumlah unitnya ini membuat harga mobil Japanese Domestic Market  mahal dan tentunya banyak diburu oleh para kolektor.

Harga Mobil JDM

Di pasaran sendiri harga mobil Japanese Domestic Market berada di kisaran Rp150 jutaan hingga miliaran rupiah tergantung dari tipe mobil itu sendiri. Semakin tinggi performa dari mesin mobil, serta surat-surat mobil yang lengkap tentu saja akan semakin mahal harga mobilnya.

Untuk mobil Japanese Domestic Market yang ada di Indonesia sendiri kebanyakan memang tidak dilengkapi surat-surat alias bodong. Namun tidak sedikit juga mobil-mobil Japanese Domestic Market yang ada dilengkapi dengan surat yang lengkap. Faktor adanya surat legalitas ini juga sangat memengaruhi kegunaannya secara legal di jalan raya Indonesia. Ketika mobil tidak memiliki surat legalitas, maka siap-siap menjadi buruan pihak Kepolisian Republik Indonesia.

Suku Cadang Mobil Japanese Domestic Market  di Indonesia

Karena mobil dari jenis ini sangat jarang dijumpai, biasanya mobil  Japanese Domestic Market ini memiliki stok suku cadang yang sangat sulit dicari. Namun bisa diakali dengan menggunakan komponen fast moving dari produk mobil jepang lainnya yang cocok.

Jika pun ingin membeli suku cadang yang asli, maka pemilik mobil perlu membelinya langsung dari negeri asalnya yaitu Jepang dengan menggunakan bantuan internet.

Rekomendasi Velg Mobil Japanese Domestic Market

Untuk kamu yang ingin memiliki mobil Japanese Domestic Market namun kesulitan mendapatkannya, maka kamu bisa melakukan modifikasi simpel pada mobil kesayangan agar tampilannya berubah menjadi JDM-look. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa dengan merubah beberapa komponen saja maka mobil pribadi pun bisa menjadi JDM-look. Salah satu komponen mobil yang bisa merubah tamplan mobil hanya dengan satu kali modifikasi adalah Velg.

Velg atau pelek mobil merupakan salah satu komponen mobil yang cukup penting. Kehadirannya menunjang faktor keamanan dan kenyamanan untuk pengemudi saat berkendara di jalanan. Selain itu, velg mobil juga mampu menunjang tampilan mobil dari sisi luar, dengan menggunakan velg yang tepat maka tampilan mobil pun akan semakin apik.

Velg mobil JDM sendiri bisa kamu dapatkan dengan membeli velg aftermarket dari beberapa brand yang ada di Indonesia. Namun karena velg adalah komponen yang cukup krusial, untuk pemilihannya pun perlu memerhatikan beberapa faktor. Mulai dari kualitas, model, ketersediaan aftersales, hingga reputasi dari brand velg mobil itu sendiri.

HSR Wheel merupakan brand velg mobil asli Indonesia yang kualitas dan reputasinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan dealer resmi lebih dari 80 yang tersebar di seluruh Indonesia, HSR Wheel memastikan diri sebagai brand velg mobil yang memiliki layanan aftersales terbanyak di Indonesia. Selain itu seluruh velg HSR juga sudah lolos uji sertifikasi berstandar nasional hingga internasional seperti SNI, VIA, JWL.

Untuk kamu yang ingin mencari velg mobil JDM berkualitas dan juga cocok untuk mobil kesayangan agar tampil lebih apik, berikut di bawah ini kami rekomendasikan 3 velg mobil HSR JDM-look yang bisa kamu dapatkan di seluruh dealer resmi HSR Wheel.

1. HSR Tokyo Ring 15

Velg JDM HSR Tokyo
Velg JDM HSR Tokyo

Spesifikasi Velg

Type: HSR Tokyo
Ring : R15X7
Hole : 8×100-114,3
ET: 35.

2. HSR NSX Ring 16

Velg JDM HSR NSX
Velg JDM HSR NSX

Spesifikasi Velg

Type: HSR NSX
Ring : R16X7
Hole : 8×100-114,3
ET: 35.

3. HSR Nikko Ring 16

Velg JDM HSR Nikko
Velg JDM HSR Nikko

Spesifikasi Velg

Type: HSR Nikko
Ring : R16X8
Hole : 8×100-114,3
ET: 35.

Demikian rekomendasi velg JDM dari HSR Wheel yang bisa kamu pilih dan pasangkan ke mobil kesayangan agar tampil lebih apik saat digunakan. Untuk yang ingin melakukan penggantian velg HSR atau butuh model yang lain, silakan langsung datang saja ke dealer resmi HSR Wheel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui alamat lengkap dari toko velg mobil terdekat HSR di kota mu, silakan langsung berkunjung ke laman HSR Wheel Store. Atau bisa menanyakan langsung ke customer sercive pusat kami dengan menekan tombol WhatsApp di bawah ini. Semoga bermanfaat.

CS HSR Wheel
CS HSR Wheel

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan