Berita Otomotif

Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Perhatikan 6 Komponen Berikut

Merawat Mobil Saat Musim Hujan – Musim hujan kembali datang di beberapa daerah di Indonesia. Dengan curah hujan yang tinggi, maka kamu sebagai pemilik mobil perlu melakukan pengecekan untuk beberapa komponen mobil. Hal ini dperlukan karena saat musim hujan kondisi jalan akan berubah 180 derajat dari kering menjadi licin sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Belum lagi ditambah dengan visibilitas atau jarak pandang pengemudi dan juga performa mobil menjadi menurun. DIlansir melalui laman resmi Auto2000, terdapat beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa ketika musim hujan datang. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, silakan simak berikut ini.

1. Ban Mobil

Saat musim hujan, kontak antara ban mobil dan jalan sangat terbatas dan harus berputar setiap saat. Dan diwaktu bersamaan, kinerjanya menurun ketika jalan licin. Ada baiknya lakukan pengecekan secara rutin dengan memprioritaskan pada ban mobil terutama tekanannya. Tekanan ban mobil yang pas dapat memastikan tapak ban mendapat daya cengkeram secara maksimal terhadap permukaan jalan.

Periksa juga ketebalan tapak ban dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur tapak ban mobil. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan tapak ban dari kerikil agar tidak mengganggu kinerja ban. Setelah itu lakukan pemeriksaan dinding ban dari potensi sobek atau benjol.

2. Kaki-kaki Mobil

Ketika sistem suspensi rusak, seperti karet bushing shock absorber yang pecah atau bahkan peredam yang rusak akan membuat mobil akan susah untuk dikendalikan dan mengurangi kenyamanan penumpang saat berkendara.

Dan ketika sistem kemudi ada yang bermasalah sehingga membuat kamu mengalami kesulitan untuk mengendalikan arah mobil, maka ada indikasi masalah pada komponen kaki-kaki. Ada baiknya segera lakukan spooring dan balancing di bengkel mobil terdekat agar kondisi ban dan juga velg mobil selalu terjaga.

3. Wiper Mobil

Saat musim kemarau, wiper mobil ini nyaris tidak pernah difungsikan semestinya. Ditambah karetnya yang selalu mendapat panas sinar matahari serta debu sehingga membuatnya getas. Selain tidak berfungsi secara optimal, karet wiper yang getas juga memiliki potensi menimbulkan baret yang sangat mengganggu pada kaca mobil. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan pada wiper belakang serta mengisi ulang tabung air pembersih kaca agar tidak terjadi masalah ketika dibutuhkan.

4. Sistem Pengereman

Saat musim hujan, sistem pengereman akan bekerja sangat ekstra karena faktor jalan yang licin. Maka dari itu, pastikan kampas rem dan juga piringan cakram atau teromol dalam kondisi yang sangat baik dan tidak ada kebocoran pada sistem pengereman. Jangan lupa untuk mengisi lang tabung mintak rem dan lakkan pengurasan apabila waktu penggantian sudah tercapai untuk menjaga kinerjanya tetap maksimal.

5. Kelistrikan Mobil + Lampu Mobil

Fungsi sistem kelistrikan akan semakin berat ketika musim hujan turun. Hal ini dikarenakan penggunaan AC, Wiper, Audio, dan juga lampu akan menyala secara bersamaan. Maka dari itu, periksa juga komponen kelistrikan seperti AKI, alternator, kabel-kabel, sekering, dan juga konektor untuk memastikan kondisinya baik.

Ketika hujan datang tiba, lampu mobil memiliki peran besar untuk membantu pengemudi melihat kondisi jalan di depan serta memastikan pengguna jalan lain bisa melihat mobil kamu dengan baik. Ketika lampu tidak berfungsi, maka itu sangat berbahaya sekali.

6. AC Mobil dan Karet Pintu Mobil

Pada saat hujan turun, tentu saja kaca mobil yang tadinya dibuka akan ditutup bukan? Tujuannya tentu saja untuk menghindari air hujan agar tidak masuk ke dalam kabin mobil. Dan untuk menjaga kabin mobil tetap nyaman saat hujan turun, sistem pendingin alias AC adalah komponen yang sangat dibutuhkan.

AC mobil dinyalakan saat hujan turun bisa berfungsi sebagai penjaga suhu agar kaca mobil tidak berembun dan tidak menghalangi visibilitas pengemudi. Maka dari itu, ada baiknya selalu melakukan perawatan secara rutin pada AC mobil agar saat dibutuhkan bisa berfungsi secara maksimal.

Selain itu, karet pintu mobil juga wajib kamu perhatikan. Komponen yang terbuat dari karet ini tetu saja memiliki usia pakainya tersendiri. Karet pintu dan jendela yang getas akan membuat air hujan bisa masuk ke dalam kabin mobil.

Dan itu dia ulasan lengkap mengenai cara merawat mobil saat musim hujan tiba. Jangan lupakan semua poin di atas agar tidak terjadi kondisi yang tidak diinginkan saat berkendara di musim hujan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Mobil Termurah di Indonesia Cuma 100 Juta

Daihatsu Ayla 1.0 D MT merupakan mobil termurah di Indonesia pada masa kini. Daihatsu Alya… Selengkapnya

28 Mei 2022

Rekomendasi Velg All New Avanza Agar Tambah Gahar

Avanza merupakan salah satu mobil idaman bagi masyarakat Indoesia. Selain karena fitur-fiturnya yang lengkap,  Harga… Selengkapnya

28 Mei 2022

Sunroof Bocor? Apa Sebabnya?

Sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak di atap mobil. Fungsinya untuk melihat pemandangan dari… Selengkapnya

27 Mei 2022

Kenapa Sunroof HR-V Terbaru Hanya Bisa Dibuka Secara Manual?

Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak pada bagian atas mobil. Fitur ini berfungsi… Selengkapnya

26 Mei 2022

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Taruna!

Mobil Taruna merupakan salah satu jenis mobil SUV yang diproduksi oleh perusahaan Daihatsu dan diperkenalkan… Selengkapnya

26 Mei 2022

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022