Mesin Mobil Berat Ketika AC Hidup, Kenapa?

Mesin Mobil Berat Ketika AC Hidup

Mesin Mobil Berat Ketika AC Hidup – Pernahkah kamu merasakan tarikan mesin pada mobil terasa berat? Pada saat itu terjadi, apakah AC mobil kamu dalam keadaan aktif menyala? Jika mesin mobil terasa berat ketika AC sedang menyala maka biasanya ada beberapa kesalahan atau kerusakan pada bagian komponen mobil. Hal ini bisa terjadi karena memang kurangnya perhatian pemilik mobil kepada mobil dalam hal perawatan mobil secara rutin.

Mesin Mobil Berat Ketika AC Hidup

Untuk mengetahui lebih jelas penyebab hal tersebut bisa terjadi, kamu bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Penyetelan RPM Salah

Ketika RPM (Revolutions per Minute) disetel dengan tidak tepat, maka akan mempengaruhi kinerja mesin mobil itu sendiri baik dalam kondisi hidup ataupun mati. Untuk mobil yang menggunakan sistem injeksi atau karburator sama-sama memiliki risiko penurunan power mesin apabila terjadi kesalahan penyetelan RPM.

Untuk mobil dengan sistem injeksi, RPM biasanya akan disetel otomatis oleh ECU (Electronic Control Unit). Dan untuk mobil dengan sistem karburator, biasanya penyetelan RPM dilakukan secara manual. Pada umumnya, RPM mobil ketika dalam kondisi diam dan AC mati adalah 800 rpm. Sedangkan jika AC dihidupkan, maka rpm akan naik menjadi 900-1000 rpm. Maka dari itu ada baiknya ketika ingin melakukan penyetelan RPM, kamu bisa datang langsung saja kepada teknisi ahli pada bengkel kepercayaan. Hal tersebut agar hasil penyetelan bisa lebih akurat.

Kompresor Melampaui Standar

Penyebab mesin mobil berat ketika AC hidup selanjutnya ada hubungannya dengan kompresor. Kompresor yang terlalu besar bisa mengakibatkan kinerja mesin mobil menjadi menurun, terlebih ketika AC dihidupkan.

Sirkulasi AC Terhambat

Sirkulasi udara pada AC yang kotor juga dapat menyebabkan mesin mobil menjadi berat. Sirkulasi udara pada AC sendiri mencakup beberapa bagian, yaitu saluran ACM kondensor, dan juga evaporator. Ketika sirkulasi udara tersebut terhambat oleh debu ataupun kotoran, maka kinerja AC pun akan ikut terpengaruh.

Hasilnya, tarikan mesin mobil pun akan terasa berat karena AC akan bekerja dua kali lipat agar tetap menghasilkan udara dingin. Ketika hal ini terjadi, maka segera bersihkan sirkulasi udara pada ac mobil kamu.

Filter Udara Kotor

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ketika AC perlu bekerja lebih keras dari biasanya, maka tarikan mesin mobil pun akan terasa berat. Dan salah satu penyebab AC bisa bekerja lebih extra adalah karena filter udara yang kotor. Filter udara pada mobil yang kotor akan membuat aliran udara yang menuju ruang pembakaran akan terhambat. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya tidak sulit, cukup dengan bersihkan filter udara yang terkena debu dan kotoran agar aliran udara bisa melewatinya kembali dengan lancar.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan