Mika Lampu Mobil Sudah Buram? Lakukan 4 Cara Ini!

Membersihkan-Mika-Lampu-Mobil-yang-Buram-Lakukan-4-Cara-Ini

Membersihkan mika lampu mobil sangat dianjurkan jika terlihat sudah buram. Apalagi lampu mobil memang bisa berubah warna seiring usia mobil menjadi kuning ataupun terlihat kusam. Sebab, jika hal ini terjadi akan berpengaruh pada pancaran cahaya. Ada banyak hal yang menyebabkan mika lampu mobil menjadi buram, seperti penggunaan tegangan listrik yang terlalu besar, sering terpapar di bawah terik matahari, hingga jarang melakukan perawatan pada mika lampu.

Bagaimana Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Buram?

Jika dirasa lampu mobil kamu, terutama bagian depannya sudah terlihat kusam. Kamu bisa mencoba membersihkannya sendiri di rumah. Hal ini bisa dilakukan untuk menghemat dan menghabiskan waktu luang saat di rumah. Selain itu, tentu saja lampu mobil kamu bisa terpancar secara bersinar. Berikut hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membersihkan mika lampu mobil yang telah buram.

Siapkan Peralatan

Alat-alat yang harus dipersiapkan meliputi lap bersih dengan permukaan yang halus, air dan sabun, kompon, cairan pembersih, sikat, dan juga amplas 1500. Alat tersebut mempermudah kamu untuk membersihkan lampu mobil yang buram. Untuk cairian pembersih, kamu bisa menggunakan car wax ataupun produk cairan pembersih lainnya yang sudah beredar di pasaran.

Proses Pencucian

Setelah peralatan sudah siap, kamu bisa memulai menggosokan lampu dengan kain lap terlebih dahulu agar kotoran dan jamur yang menempel hilang. Setelah itu kamu bisa memulai mencuci mika menggunakan air sabun, setelah selesai lap permukaannya hingga kering. Setelah itu, oleskan kompon atau cairan pembersih pada permukaan mika dan gosok menggunakan kain lap bersih dengan gerakan memutar. Tunggu hingga mengering, setelah itu gosok kembali agar lebih halus dan terlihat bening.

Mengatasi Baret

Jika terdapat goresan-goresan yang halus, kamu bisa menggunakan ampelas. Gosokan ampelas di bagian yang tergores menggunakan air serta cairan alkohol hingga goresannya tidak terlihat kembali. Jika kamu khawatir cat mobil ikut tergores amplas, tutupi oleh lakban yang tidak merusak lapisan cat atau kain disekitaran lampu.

Mengatasi Mika Lampu Mobil Menguning dan Buram

Jika mika menguning, kamu bisa menggunakan kompon untuk membersihkannya. Akan tetapi jika dirasa belum cukup, kamu bisa membersihkannya dengan tambahan pasta gigi. Kamu bisa mengoleskan secara merata di bagian mika yang menguning dan buram. Setelah itu, lap dengan kanebo atau microfiber dan bilas menggunakan air bersih. Terakhir, keringkan.

Periksa Hasil Pembersihan Mika Lampu Mobil

Setelah semua tahapan telah dilakukan, saatnya kamu memeriksa kondisi kaca lampu depan mobil dan memperhatikan hasilnya. Pastikan semua goresan, noda kuning, dan baret sudah bersih dari sebelumnya. Jika merasa kurang optimal, kamu bisa mengeceknya lagi dengan menyalakan lampu depan mobil dan mengatur sorotan cahayanya ke dinding atau permukaan datar lainnya. Jika hasilnya belum sesuai yang diharapkan, kamu bisa membersihkannya berulang hingga hasilnya optimal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan