Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Menyala, Apa Penyebabnya?

mobil tidak menyalaa

Membahas masalah yang dialami mobil memang tidak akan pernah ada habisnya, salah satunya mengenai mobil yang bisa distarter tapi tidak menyala. Hal ini tentu sangat merepotkan pemilik mobil, apalagi jika sedang terburu-buru.

Mobil memang membutuhkan membutuhkan perawatan yang rutin. Jika tidak dilakukan dengan benar, siap-siap mobil akan mengalami masalah dan gangguan pada beberapa komponennya. Selain itu, perawatan mobil yang kurng optimal juga bisa menjadi salah satu penyebab utama mobil bisa distarter tapi tidak menyala.

Apa Penyebab Mobil Mobil Bisa Distrater Tapi Tidak Menyala?

Ada beberapa penyebab mobil bisa distarter tapi tidak menyala, yaitu:

Aki Bermasalah

Aki mobil merupakan salah satu sumber tenaga yang utama dan vital pada sebuah kendaraan. Jika aki mengalami masalah, otomatis  mobil akan sulit untuk dihidupkan walaupun starter masih bisa berfungsi dengan baik. Sebab itu, sebaiknya kamu periksa aki mobil. Biasanya terjadi kabel yang rusak ataupun aki dalam keadaan kotor.

Baterai Mati Total

Jika mobil bisa di starter tapi tidak menyala, bisa terjadi akibat baterai baterai mati total. Sebab jika baterai mobil lemah atau mengalami voltase yang sudah menurun mobil biasanya tidak akan menimbulkan suara saat di starter bahkan tidak bisa menyala. Sebab itu, saat memeriksa kondisi aki, periksa juga bagian baterai mobil untuk memastikan jika masih ada tegangan listrik.

Busi Mobil Aus

Mobil yang memiliki busi aus dan bermasalah dapat menyebabkan mobil tidak menyala. Usahakan untuk mengganti busi secara rutin, apalagi jika kamu sering melakukan perjalanan jauh. Hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya masalah mobil yang tidak bisa menyala.

Injector Bahan Bakar

Bahan bakar yang kosong bisa menjadi salah satu penyebab mobil tidak mau menyala saat distarter. Namun, jika kamu sudah mengecek bahan bakar dan tidak masalah, artinya terjadi kerusakan di injector bahan bakar. Injector bahan bakar yang terputus, lepas, atau memiliki masalah lainnya bisa menyebabkan mobil tidak bisa menyala sekalipun bisa distarter. Sebab, injector ini sangat berpengaruh pada kelancaran supply bahan bakar untuk membuat mobil menyala.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan