Kategori: Tips Otomotif

Mobil Hilang, Lakukan 3 Hal Penting Ini Secepatnya!

Tindakan kriminalitas sudah menyebar dimana-mana. Hal ini tentu tidak bisa dipungkiri lagi, apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan mempengaruhi juga modus tindak kejahatan, salah satunya modus pencurian mobil. Mobil hilang tentu saja sangat membuat panik, walaupun sebelumnya telah dipasang GPS atau telah memparkirkan di area yang aman dan diawasi CCTV sekalipun. Tapi, tidak ada yang menjamin bahwa kita benar-benar aman. Jika hal ini terjadi, maka lakukan beberapa cara di bawah ini.

Lakukan Hal Ini Secepatnya Saat Mobil Hilang

Jika mobil sudah diyakini hilang, sebaiknya tenangkan diri dan jernikahkan pikiran terlebih dahulu agar tidak panik. Setelah itu segera melakukan beberapa hal di bawah ini.

Lapor ke Pihak Berwajib

Sebelum terlambat dan mobil kamu dibawa jauh oleh pencuri. Segera laporkan kehilangan mobil ke kantor polisi untuk mendapatkan bantuan. Berikan informasi-informasi penting dan detail mobil mengenai ciri fisik mobil meliputi warna, tahun pembuatan, nomor plat, dan hal-hal yang menjadi ciri khas tersendiri seperti bekas goresan, modifikasi tertentu, dan yang lainnya.

Jelaskan juga kronologis kehilangan mobilnya meliputi lokasi kejadian, waktu, dan saksi jika ada yang melihat kejadian tersebut. Setelah semuanya telah dilakukan, maka kamu akan mendapatkan Surat Keterangan Mobil Hilang.

Blokir Surat-Surat Kendaraan

Setelah mendapatkan Surat Keterangan Mobil hilang, maka pihak berwajib akan melacak keberadaan mobil kamu. Namun, sebelum itu kamu harus mengurus surat pemblokiram surat-surat mobil. Berkas yang diminta biasanya meliputi KTP pemilik, BPKB asli, STNK asli, faktur, laporan TKP dari polsek, polis asuransi, dan laporan kemajuan dari Polres atau Polsek setempat. Setelah semua berkas sudah lengkap, maka pihak berwajib akan memproses sekitar 3-4 hari kerja. Sebab itu, kamu harus segera mempersiapkan hal-hal tersebut secepatnya agar tidak terlalu lama menunggu hasil pencarian.

Hubungi Pihak Asuransi

Jika kamu mempunya asuransi. Sebaiknya setelah melaporkan pada pihak berwajib dan mendapatkan surat kehilangan kamu segera menghubungi pihak asuransi atau leasing maksimal 3×24 jam setelah kejadian. Sebab, ada banyak persyaratan dan berkas-berkas yang harus kamu lengkapi. Jangan sampai kamu menunda-nunda agar kasus tersebut cepat selesai dan mendapatkan solusi sejumlah ganti rugi atas pencurian mobil.

Pos Terbaru

Biaya Resmi Bayar Pajak Plat Nomor Cantik

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat mobil dengan plat nomor cantik dengan angka… Read More

9 jam lalu

5 Jenis Mobil Derek yang Harus Kamu Ketahui

Mobil derek termasuk dalam kategori jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk menderek kendaraaan yang mengalami… Read More

2 hari lalu

Memilih Carbon Cleaner yang Tepat untuk Mesin Mobil

Bagaimana caranya memilih carbon cleaner yang tepat? Banyak orang belum mengetahui tentang cairan pembersih mesin… Read More

6 hari lalu

Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting yang dapat menunjang keselamatan. Sebab, hal ini sangat… Read More

6 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper, Ketahui Sebelum Modifikasi!

Bagi kamu yang berniat melakukan modifikasi mobil ceper, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan… Read More

1 minggu lalu

Sering Pegal Saat Berkendara? Lakukan 3 Tips ini!

Pegal-pegal saat berkendara memang merupakan hal lazim dialami bagi para pengemudi, apalagi jika harus menempuh… Read More

1 minggu lalu