Kategori: Tips Otomotif

Mobil Mati Mendadak Saat Melintasi Rel Kereta Api, Ini Penjelasannya!

Kejadian mobil mati mendadak saat melintasi rel kereta api memang seringkali terjadi. Bahkan, Haiser sendiri mungkin saja pernah menyaksikan langsung kejadian ini. Pasalnya, mesin mobil yang mati tepat di perlintasan rel kereta api tak dapat dinyalakan kembali. Akibatnya, butuh bantuan orang lain untuk membantu mendorong mobil ke tempat yang lebih aman.

Mengapa Mobil Mati Mendadak Saat Melintasi Rel Kereta Api?

Mobil yang mati mendadak saat melintasi rel kereta api sebenarnya terjadi bukan tanpa alasan. Walaupun banyak orang yang mengaitkannya dengan hal-hal mistis seputar lokasi kejadian, ternyata ada penjelasan ilmiah yang dapat menjelaskan kejadian tersebut. Simak penjelasannya di bawah ini.

Lokomotif Dinamo

Teknisnya, mobil mati mendadak terjadi akibat lokomotif (bagian rangkaian kerta api yang menyimpan mesin penggerak kereta api) terdapat boogie atau roda kereta yang memiliki komponen utama dari dinamo. Dinamo ini memiliki unsur magnet yang tergolong besar dengan jumlah yang terbilang banyak.

Artinya, bisa kamu bayangkan jika lokomotif seri CC mempunyai 3 rangkaian boogie, maka terdapat 6 buah dinamo besar yang dapat berdampak pada rel yang terbuat dari baja dan menghantarkan medan magnet sejauh satu kilometer dari lokomotif.

Oleh sebab itu, mobil mati mendadak tersebut disebabkan oleh gelombang elektromagnetk yang tinggi dari rel kereta api. Gelombang tersebut berasal dari lokomotif yang mendekat dan merambat mempengaruhi sistem kelistrikan pada kendaraan yang melewati perlintasan rel kereta api.

Itulah alasannya, mengapa dilarang menerobos palang pintu kereta api walaupun kereta belum terlalu dekat. Hal tersebut bisa membahayakan karena gelombangnya dapat merambat sejauh satu kilometer.

Efek Impedansi

Disisi lain, ada pernyataan yang menjelaskan bahwa mesin kendaraan yang mati di rel kereta api terjadi akibat adanya pengaruh gesekan yang menimbulkan efek impedansi. Efek impedansi ini terjadi akibat adanya beda potensial elektrik pada ujung-ujung suatu komponen dan arus yang melalui komponen, sehingga dapat mempengaruhi dinamo starter pada mesin mobil yang terbuat dari magnet sehingga sulit dihidupkan.

Cara Menghadapi Mobil Tiba-Tiba Mati di Perlintasan Rel Kereta Api

Saat sedang berada dalam kondisi ini, sebaiknya bunyikan klakson secara terus menerus sambil starter mobil. Sebab, menurut pengalaman para ahli, cara ini dinyatakan dapat memutus rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.

Namun, jika pengemudi panik dan ketakutan. Sebaiknya, tinggalkan mobil sesegara mungkin jika dalam kondisi darurat dan jauhi perlintasan kereta untuk menyelamatkan diri sebelum kereta semakin dekat melintas.

Selain itu, hindari menerobos palang pintu yang akan tertutup untuk menghindari bahaya gelombang elektromagnetik yang berada pada rel kereta api.

Pos Terbaru

Mengenal Mobil Nissan GTR R35

Mobil Nissan GTR R35 merupakan salah satu kendaraan keluaran Nissan yang dikenal dengan sebutan Godzilla.… Read More

22 jam ago

Donasi Lawan Corona, Ada Undian dan Lelang Juga!

Kali ini, HSR Wheel bekerja sama dengan kitabisa.com mengajak customer-nya untuk membantu Indonesia dalam memerangi… Read More

2 hari ago

Isi Air Radiator, Lebih Baik dengan Apa?

Ketika mengisi air radiator mobil, maka tak jarang banyak orang yang menggunakan cairan khusus atau… Read More

4 hari ago

Mau Tampil Sporty? Inilah Tips Modifikasi Honda City!

Sebelum melakukan modifikasi Honda City, biasanya kamu akan mencari berbagai referensi berkaitan dengan hal itu.… Read More

5 hari ago

Tarif Pajak Plat Nomor Cantik Terbaru

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat atau menginginkan plat nomor cantik dengan angka… Read More

7 hari ago

Ayla Modifikasi, Berani Tampil Beda di Kelas LCGC!

Pada dasarnya, Ayla modifikasi sering kali menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tampilan mobil LCGC… Read More

7 hari ago