Mobil MPV: Karakteristik, Jenis MPV, & Kelebihan

Mobil MPV Karakteristik, Jenis MPV, & Kelebihan

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) sering disebut sebagai mobil keluarga karena memiliki kabin yang luas dan dapat menampung 5-7 orang penumpang. Sehingga cocok untuk berpergian bersama keluarga. Mobil ini cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, contoh saja Toyota Calya, Honda Mobilio, dan Toyota Kijang Innova.

Selain itu, mobil tipe ini dibekali dengan bagasi yang luas sehingga bisa memuat banyak barang bawaan. Lantas apa saja karakteristik dari mobil Multi Purpose Vehicle yang membuat tipe mobil ini sangat diminati di pasar Indonesia. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya Haiser!

Baca Juga: 8 Mobil MPV Terlaris di Indonesia Mei 2022

Karakteristik Mobil MPV

Karakteristik Mobil MPV
Karakteristik Mobil MPV

Banyak orang yang beranggapan bahwa tipe mobil MPV dan SUV sama. Namun keduanya memiliki beberapa perbedaan karakteristik yang menonjol. Dari bodi mobil, tipe Multi Purpose Vehicle memiliki bodi yang besar, lebih tinggi dan lebar dari tipe mobil yang lain. Sehingga kabin mobilnya luas dan bisa menampung banyak barang.

Karakteristik yang selanjutnya adalah mempunyai ground clearance yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk melalui berbagai kondisi, salah satunya kondisi jalan yang berkelok-kelok. Hampir semua mobil tipe Multi Purpose Vehicle memiliki kapasitas mesin dibawah 1500 cc.

Sebab mobil ini berfungsi sebagai mobil keluarga. Berbeeda dengan tipe mobil SUV yang memiliki kapasitas mesin 1500 cc ke atas.

Baca Juga: Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Jenis Mobil MPV

Jenis Mobil MPV
Jenis Mobil MPV

Mobil tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) memiliki beberapa jenis, mulai dari low, medium, hingga premium. Lantas apa saja perbedaan dari ketiga jenis mobil tersebut?.

Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) memiliki ciri-ciri fitur yang masih sederhana dan bodi mobil tidak terlalu besar. Namun, untuk kualitas mesinnya tidak ada perbedaan yang mendasar dengan medium dan premium, sama-sama irit BBM.

Medium Multi Purpose Vehicle cirinya memiliki bodi yang lebih besar dan fiturnya lebih lengkap dari LMPV. Harganya lebih mahal dari LMPV. Sedangkan tipe Premium cirinya bodi mobilnya lebih besar daripada low atau medium dan interiornya juga lebih lengkap. Bisa di bilang mobil ini sekelas mobil VIP.

Kelebihan Mobil MPV

1. Memuat Banyak Penumpang

Mobil Multi Purpose Vehicle memiliki kabin yang luas dan 3 baris kursi penumpang yang terletak di depan, tengah, dan belakang. Sehingga mobil ini dapat menampung 5-7 orang.  Selain itu, kursi bagian belakang bisa digunakan untuk menaruh barang apabila tidak ada penumpang.

2. Irit BBM

Jenis MPV terkenal dengan mobil yang irit konsumsi BBM. Alasannya karena porsi torsi yang melimpah membuat pengendara tidak perlu menginjak gas dalam-dalam saat akan melaju dan ada fitur echo mode yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit.

3. Fitur Keamanan Lengkap

Mobil ini memiliki beberapa fitur keamaanan yang membuat penumpang maupun pengendara merasa nyaman saat diperjalanan. Contohnya electronic stability control (ECS), tire pressure monitoring system (TPMS), emergency stop signal (ESS), dan dual SRS airbag. Dengan adanya fitur tersebut bisa meminimalisir resiko kecelakaan.

4. Harga Relatif Terjangkau

Kelebihan lainnya adalah harga tipe mobil MPV relatif lebih murah daripada jenis yang lain. Selain itu, biaya perawatan dan operasional juga lebih terjangkau, seperti biaya bahan bakar, biaya perawatan bulanan, biaya service, dan pembelian suku cadang. Harga jual tipe mobil ini juga tidak akan turun dratis dari harga belinya, dengan catatan kondisi yang masih prima dan layak.

Nah itu dia karakteristik, jenis, dan kelebihan dari MPV yang perlu kamu tahu. Contoh mobil MPV yang populer di kalangan masyarakat Indonesia diantaranya ada Toyota Kijang Innova, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Wuling Confero, Hyundai Stargazer, dan Mitsubishi Xpander.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan