Mobil SUV dan CUV, Ketahui Perbedaannya!

suv dan cuv

Ada banyak jenis mobil yang beredar di pasaran, diantaranya yaitu mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dan Crossover Utility Vehicle (CUV). Keduanya merupakan kendaraan yang memiliki kemampuan off road yang mumpuni. Walaupun terlihat hampir mirip, ternyata kemampuannya cukup berbeda.

Apa Perbedaan SUV dan CUV?

Umumnya, mobil SUV dirancang dengan wujud menyerupai truk, tapi digunakan untuk mobil penumpang. Sedangkan mobil CUV merupakan mobil penumpang yang dirancang dengan fisik berwujud truk. Keduanya sama-sama unggul dalam kemampuan off-road. Untuk mengetahui lebih detail perbedaan keduanya, simak di bawah ini.

Mobil SUV

suv dan cuv

Mobil SUV merupakan kendaraan dengan wujud yang dibangun menggunakan rangka body seperti truk agar terlihat lebih tangguh dan kuat, tapi termasuk dalam kategori mobil penumpang. Biasanya, desain yang dimiliki mobil SUV memiliki sudut berbentuk kotak.

Biasanya, mobil SUV menggunakan penggerak roda belakang dengan tambahan 4WD sebagai pendukung dari traksi roda depan. Penggerak 4WD ini sangat berguna digunakan pada jalanan yang basah hingga bersalju sekalipun. Sebab, mengandalkan penggerak roda belakang saja tidak cukup untuk melintasi medan yang licin.

Mobil SUV 4WD juga kebanyakan menggunakan gear yang lebih rendah dari gigi satu yang berguna digunakan pada medan off road yang sulit. Tak heran jika mobil SUV biasanya dibekali dengan mesin besar agar memiliki tenaga yang mampu menggerakan mobil ini di medan yang terjal. Hanya saja, kekurangannya mobil SUV cenderung boros bahan bakar.

Mobil CUV

suv dan cuv

Mobil CUV ini merupakan kendaraan penumpang dengan body yang bongsor dan tinggi tapi terlihat sangat kompak. Mobil ini juga cenderung memiliki ground clearance yang lebih rendah daripada mobil SUV, sehingga dapat memudakan penumpang untuk  keluar masuk dalam kabin.

Mobil yang dirancang untuk penumpang ini juga memiliki kabin yang sangat nyaman untuk penumpang. Sebab, beberapa mobil crossover memang sengaja dirancang untuk mengangkut tiga baris penumpang.

Mobil CUV ini menggunakan penggrak RWD atau FWD untuk digunakan saat melintasi jalanan licin. Selain itu, sistem AWD rodanya terbagi rata antara roda depan dan roda belakang. Mobil CUV sangat sulit melintasi jalanan terjal yang ekstrim karena mobil ini hanya direkomendasikan untuk medan off road yang ringan.

Bagaimana, sudah tahu kan perbedaan dari mobil SUV dan CUV? Perbedaannya terletak pada ukuran body, roda penggerak, dan kemampuan off road yang cukup berbeda.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan