Mobil Terlaris di Asia Tenggara 2021, Siapakah Juaranya?

mobil terlaris di Asia Tenggara

Toyota Avanza merupakan mobil terlaris di Indonesia 2021. Meski begitu, bukan berarti menjadi mobil terlaris di Asia Tenggara 2021. Lalu jenis mobil apakah yang paling banyak diminati oleh masyarakat Asia Tenggara 2021? Apakah tetap Toyota Avanza atau posisinya sudah digantikan oleh merek mobil lainnya?

Untuk mengetahui jawabannya. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya! Berikut Ini Daftar 5 Mobil Terlaris di Asia Tenggara 2022 berdasarkan data dari focus2move.com

Baca Juga: 5 Mobil Listrik Tercepat di Dunia 2022, Siapakah Juaranya?

5 Mobil Terlaris di Asia Tenggara 2022

1. Toyota Hilux

Mobil Terlaris di Asia Tenggara 2021
Sumber: Toyota Astra

Toyota Hilux merupakan salah satu produk global dari Toyota yang perkenalkan pertama kali pada tahun 1968. Total penjualan Toyota Hilux dari generasi pertama sampai ke generasi 8 mencapai 19 juta unit. Pada tahun 2021, Toyota Hilux berhasil menguasai pasar di Asia Tenggara dengan total penjualannya tercatat sebesar 176.062 unit.

Sedangkan di Indonesia Toyota Hilux tidak masuk ke dalam 10 daftar mobil paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Meskipun pada tahun 1977-1979, Toyota Hilux pernah menjadi salah satu mobil yang diminati oleh masyarakat Indonesia.

Toyota Hilux merupakan mobil pick up premium dengan panjang  5,325 meter, lebar 1,855 meter, dan tinggi 1,815 meter. Sedangkan untuk ukuran baknya sendiri, yaitu panjang 1,525 meter, lebar 1,54 meter, dan tinggi 0,48 meter. Harga dari mobil ini sebesar 254,75 – Rp 491,35 Juta di Indonesia.

2. Isuzu D-Max

Mobil terlaris Isuzi
Sumber: Isuzu D-Max. © Paultan.org

Isuzu D Max merupakan salah satu produk dari Isuzu Astra Motor Indonesia yang diproduksi pada tahun 2012. Isuzu D Max merupakan mobil truk pick up yang panjang 5.265 mm (+65 mm), lebar 1.870 mm (+10 mm), sementara tingginya 1.785 mm.

Tenaga dari Isuzu D Max sebesar 150 TK di 3.600 rpm dan torsi maksimum 350 Nm di 1.800 rpm – 2.600 rpm. Mobil ini merupakan mobil terlaris kedua di Asia Tenggara setelah Toyota Hilux dengan total penjualan mencapai 163.137 unit pada tahun 2021.

Tampilan luar Isuzu D Max terkesan sangat sporty yang terpancar dari headlamp dan kombinasi grill. Sementara pada bagian interior, mobil ini memiliki keluasan untuk membawa segala perlengkapan dan telah dilengkapi 2 Din Radio plus Bluetooth. Mobil ini juga memiliki beberapa fitur keselamatan, yaitu dual air bag, ABS, EBD, Brake Assist, dan Emergency Stop Signa. Harga OTR Isuzu D Max untuk daerah Jakarta sekitar Rp 366,5 – Rp 463,8 juta.

3. Honda City

Mobil Honda City
Sumber: Carro

Honda City merupakan produk keluaran dari PT. Honda Prospect Motor (HPM). Mobil sedan ini sudah diproduksi sejak tahun 1981 dan sudah ada enam generasi. Sejak pertama kali diproduksi sampai sekarang, mobil sedan ini mengalami beberapa kali perubahan, baik dari segi ekstorior, mesin, atau interior.

Tampilan luar mobil sedan yang satu ini terkesan sangat sporty, modern, dan elegan. Selain itu, Honda City telah dilengkapi oleh berbagai fitur yang menarik, seperti Antilock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HAS), Vehicle Stability Assist (VSA) dan kamera mundur.

Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan dan tampilan luar yang sangat modern membuat banyak orang menyukai produk keluaran Jepang ini. Sehingga pada tahun 2021, Honda City berhasil menguasai pasar Asia Tenggara dengan total penjualan mencapai 88.590 unit. Harga Honda City sekitar Rp 337,00 – 355,00 juta.

4. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander
Sumber: Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander merupakan salah satu produk global keluaran Jepang. Mitsubishi Xpander tergolong sebagai mobil MPV dengan kapasitas mesin sebesar 1499 cc. Meski begitu, mobil ini memiliki konsep yang cukup unik daripada jenis mobil lainnya karena berhasil memadukan antara esensi artistik MPV dan pesona maskulin Sport Utility Vehicle (SUV). Sehingga membuat tampilan depan terkesan lebih gagah.

Mitsubishi Xpander memiliki kabin yang luas, auranya mewah, dan kesan sportynya kental sekali.  Selain itu, pada bagian kabin terdapat speaker dan tweeter yang digunakan untuk menambah kualitas audio dalam kabin. Sehingga membuat penumpang dan pengemudi nyaman saat berada di dalam mobil. Maka tak heran jika Mitsubishi Xpander menjadi mobil yang paling banyak diminati di Asia Tenggara 2021 dengan total penjualan mencapai 85.296 unit.

5. Toyota Vios

 Vios
Sumber: Toyota Astra

Toyota Vios merupakan mobil sedan kecil yang dibuat oleh Toyota untuk masyarakat Asia Tenggara. Mobil sedan ini terkenal sangat irit konsumsi BBM. Untuk tampilan eksteriornya terkesan sangat sporty dengan adanya grille  berwarna hitam yang menjulang sampai ke bawah ditambah dengan adanya fog lamp.

Sedangkan untuk bagian interiornya, mobil ini memiliki tampilan yang sangat elegan dengan perpaduan warna hitam dan beige pada bagian dashboard. Sementara kabin mobil berwarna beige yang membuat mobil sedan ini menawan seperti model Toyota yang lainnya.

Pada bagian dashbord mobil sedan ini juga telah dilengkapi head unit HP Display 7 inci beserta fitur Weblink, Multitasking Window, dan Remote Apps yang bisa diakses melalui layar ponselmu. Sehngga membuat pengemudi nyaman saat menggunakan mobil sedan yang satu ini. Ditambah dengan handling yang mampu memberikan rasa menyenangkan saat berkendara. Hal ini lah yang membuat Toyota Vios banyak diminati oleh masyarakat Asia Tenggara. Penjualan pada tahun 2021 menembus 85.047 unit membuat Toyota Vios masuk ke dalam 5 besar mobil terlaris di Asia Tenggara.

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan