MPV vs SUV, Mana yang Akan Kamu Pilih?

MPV vs SUV, Mana yang Akan Kamu Pilih

Banyak orang yang bertanya-tanya sebenarnya apa saja sih kelebihan mobil MPV vs SUV. Apalagi, pasar otomotif Indonesia belakangan terakhir ini memang diramaikan dengan kehadiran mobil tersebut. Nah dengan mengetahui lebih dalam, maka kamu bisa memilih tipe mobil apa yang sebenarnya tepat dan kamu butuhkan. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Perbedaan MPV vs SUV

MPV

Jika kita bandingkan antara MPV vs SUV, tentu keduanya memiliki perbedaan masing-masing. MPV sendiri atau yang sering disebut dengan Multi Purpose Vehicle ini sengaja didesain dengan tampilannya yang cukup elegan. Sebab, tipe mobil tersebut biasanya identik dijadikan sebagai mobil pilihan keluarga Indonesia. Adapun untuk kapasitas mesinnya, yakni 1.000-1500 cc.

Nah lain halnya dengan mobil tipe SUV atau Sport Utility Vehicle ini. Tampilan mobilnya didesain sangat sporty dengan body yang cukup besar dan tangguh akan tetapi juga terlihat mewah. Hal tersebut dikarenakan tipe SUV merupakan gabungan antara mobil tipe sedan dan juga jeep. Bahkan, tipe mobil ini biasa digunakan untuk menerjang segala macam medan. Hal ini didukung dengan kapasitas mesinnya, yakni di atas 1500 cc. Selain itu, juga memiliki ground clearance yang lumayan tinggi dan ditopang oleh suspensi yang kuat serta ban dengan dimensi yang lebih besar.

MPV vs SUV, Mana yang Kamu Pilih?

Setelah mengetahui secara ringkas perbedaan MPV vs SUV, ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Nah berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kondisi Jalan yang Akan Dilalui

Sebelum membelinya, ada baiknya perhatikan kondisi jalan seperti apa yang akan sering kamu lalui. Jika di perkotaan dengan kondisi jalan yang terbilang rata, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli tipe mobil MPV. Akan tetapi, jika kamu sering melewati berbagai medan jalan, maka SUV bisa kamu jadikan pilihan yang tepat.

Kestabilan di Jalan

Pada dasarnya, SUV memang dirancang untuk melintasi berbagai medan. Oleh karena itu, suspensinya cenderung dirancang agak keras. Hal ini membuat kendaraan menjadi lebih stabil bila berkendara dengan kecepatan yang tinggi. Lain halnya dengan MPV yang menggunakan suspensi yang lebih lembut. Nah bila kendaraan tersebut dibawa dengan kecepatan yang tinggi, maka membuat mobil menjadi kurang stabil.

Konsumsi Bahan Bakar

Dalam hal ini, mobil SUV memang dilengkapi dengan mesin-mesin berkapasitas besar. Hal tersebut membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros. Nah sebagai mobil yang ditujukan sebagai mobil keluarga, maka MPV diklaim lebih irit dari segi penggunaan BBM-nya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan