Nama Mobil, Beginilah Sejarah Penamaannya!

4 Sejarah Nama Mobil Terkenal yang Jarang Diketahui (Honda, Toyota, Nissan, dan Sedan)

Nama mobil yang saat ini sudah beredar tentu bukan sekedar sebuah kata tanpa makna. Ada filosofi dibaliknya dan asal usul dari pemilihan nama tersebut. Seperti yang kita ketahui, sederhananya nama merupakan sebuah doa. Beberapa pabrikan seperti Honda, Toyota, dan Sedan tidak hanya hanya asal memberi nama. Simak sejarah penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Penamaan Toyota

Toyota merupakan hasil produksi dari perusahaan otomotif Toyota Motor Corporation yang didirikan tahun 1933 oleh orang Jepang yang bernama Kiichiro Toyoda. Nama mobil “Toyota” sendiri dipilih bukan tanpa sebab, melainkan berdasarkan perhitungan dan kepercayaan warga Jepang. Nama Toyota diambil dari nama Toyoda. Akan tetapi, kata “D” diganti menjadi “T”. Hal ini jelas bukan hanya sembarang menganti huruf. Menulis kata Toyoda memiliki 10 langkah dalam huruf kanji Jepang yang ditulis dengan tanda (+). Lambang tersebut memiliki aerti perempatanan jalan, ekstensi, serta kembimbangan.

Mengetahui nama tersebut memiliki arti kembimbangan, Toyoda tak ingin perusahaannya memiliki makna seperti itu. Akhirnya, penulisan yang tadinya memiliki 10 langkah diubah menjadi 8 langkah saja, sehingga huruf D menjadi T. Sebab, berdasarkan kebudayaan Jepang, angka 8 mengartikan sebuah keberuntungan. Namun, selain sejarah nama itu, merk mewah yang masih berada dibawah naungan Toyota, yaitu Lexus memiliki arti dari akronim, yaitu Luxury Export to the United States.

Bagaimana dengan Nissan?

Nissan juga merupakan kendaraan asal pabrikan Jepang. Nissan sendiri memiliki arti matahari, tapi secara keseluruhan arti Nissan merupakan produksi atau produksi sehari-hari. Arti Nissan sendiri juga memang bermakna positif jika disimpulkan. Sebab Nissan secara keseluruhan mengartikan produksi dan produktif. Itulah sebabnya dipilih oleh industri otomotif perusahaan Jepang tersebut.

Arti Nama Honda

Sama seperti Toyota, penamaan Honda dipilih seperti nama pendirinya, yaitu Soichiro Honda asal Jepang.  Namun, yang berbeda tentu Honda tidak mengalami pergantian huruf. Akan tetapi, untuk mengawali perusahaan Honda ini dilalui penuh perjalanan panjang oleh Soichiro, sehingga ia berhasil menciptakan kendaraan pertama yang dibuatnya, yaitu Honda Civic Hatchback yang saat itu bertepatan dengan krisis energi di Amerika Serikat. Sehingga, mobilnya yang terkenal sangat irit dan kadar racun gas buangnya yang sangat sedikit sangat laris di Amerika karena irit bahan bakar.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan