Odometer Mobil: Pengertian, Fungsi, Jenis, Serta Cara Kerjanya

odometer mobil

Odometer mobil merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menghitung jarak tempuh dari mobil tersebut. Komponen ini memang kurang populer di telinga pengemudi daripada istilah speedometer yang lebih familiar. Pada umumnya komponen odometer akan diletakkan pada panel instrument cluster dalam sebuah mobil.

Panel instrument cluster merupakan salah satu komponen pada mobil yang memiliki peran penting dan signifikan. Dalam suatu panel instrumen biasanya akan ada sebuah indikator yang memiliki peran untuk memberi tahu mengenai kondisi mobil. Komponen ini biasanya terletak pada balik kemudi atau setir. Namun, ada beberapa mobil keluaran terbaru yang meletakkannya pada bagian dashboard. Pada bagian dalam panel inilah pengemudi perlu menguasai agar dapat berkendara lebih aman dan nyaman.

Pada artikel kali ini HSR Wheel akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan odometer, bagaimana cara membaca odometer, fungsi odometer untuk apa, dan bagaimana cara kerjanya. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Ketahui Fungsi dan Tugas Odometer

Pengertian Odometer Mobil

Definisi Odometer Mobil
Definisi Odometer Mobil

Odometer merupakan suatu komponen yang berperan dalam menghitung jarak tempuh mobil. Komponen ini sering kali disamakan dengan speedometer. Namun, aslinya kedua komponen tersebut berbeda. Kalau odometer fungsinya untuk menghitung jarak tempuh suatu kendaraan. Sedangkan speedometer fungsinya untuk mengukur kecepatan mobil saat berkendara

Apabila mobil kamu tidak mempunyai odomoter maka pengemudi akan kesulitan untuk mendeteksi jarak tempuh kendaraannya. Odometer terletak pada bagian panel meter. Sehingga para pengemudi akan lebih mudah dalam mengeceknya. Pada umumnya, odometer terletak di dekat bundaran informasi berkaitan dengan takometer dan speedometer.

Fungsi Odometer

Fungsi Odometer Mobil
Fungsi Odometer Mobil

Odometer memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada pengendara mengenai seberapa sudah jauh jarak tempuh suatu kendaraan. Dengan adanya odometer akan memudahkan pengemudi untuk mengetahui intensitas dari kerja suatu mobil.

Hal ini penting dilakukan karena dapat menjadi acuan dalam membeli mobil bekas. Apabila jarak tempuh tersebut sudah cukup jauh maka kondisi mobil tersebut kurang begitu bagus dibandingkan dengan mobil yang jarak tempuhnya masih kecil.

Odometer juga dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan service atau mengganti oli mobil. Odometer menggunakan perhitungan kilometer atau KM. Sehingga berapa pun angka yang muncul di odometer dinyatakan dalam hitungan KM.

Baca Juga: Speedometer Rusak? Ternyata Ini Penyebabnya!

Cara Kerja Odometer

Jenis Odometer Mobil
Jenis Odometer Mobil

Odometer terdiri dari dua jenis, yaitu odometer mekanik atau analog dan odometer elektronik. Sebelum kamu membeli suatu mobil maka lebih baik kamu memahami konsep cara kerja dari dua jenis odometer. Berikut ini penjelasan lebih detailnya.

1. Odometer Mekanik atau Analog

Jenis odometer yang pertama ada odometer mekanik atau analog. Jenis odometer ini mempunyai tonjolan bundaran dan bisa bergerak secara mekanis. Cara kerjanya adalah dengan diputar menggunakan alat yang terbuat dari sebuah logam berukuran panjang dan telah terhubung dengan bagian lain.

Jenis odometer ini biasanya ditemukan pada mobil keluaran lama dan memiliki sifat yang rewindable. Artinya odometer akan bergerak secara otomatis ketika mobil melaju atau mundur. Oleh sebab itu, jenis odometer ini  melakukan perhitungan berdasarkan pengaruh gear dan gigi.

Mengecek kualitas dari odometer mekanik sangat mudah karena ada rekam jejak atau pertanda bahwa odometer tersebut sudah pernah dibuka secara manual dan dibuat muda kembali. Dengan pengecekan ini, maka kamu bisa memperoleh mobil yang berkualitas dan stabil.

2. Odometer Elektronik

Jenis odometer kedua adalah odometer elektronik. Jenis odometer ini mempunyai panel dan dari panel tersebut akan ditampilkan deretan angka. Odometer jenis ini biasanya ditemui pada mobil keluaran terbaru dan untuk sistem kerjanya telah menggunakan komputerisasi.

Komputer akan secara otomatis menghitung tegangan yang telah terjadi dan membantu dalam menghitung jarak tempuh dari sebuah kendaraan. Hasil perhitungan itulah yang akan dijadikan pedoman dalam menghitung jarak tempuh suatu kendaraan.

Jenis odometer ini mempunyai magnet yang akan ditempelkan pada salah satu roda kendaraan. Sehingga akurasi elektronik akan lebih akurat. Dengan adanya magnet yang diletakkan pada roda bertujuan untuk memberikan sinyal, agar bisa menghitung jarak tempuh dari sebuah mobil.

Untuk mengecek jarak tempuh pada odometer ini memang akan lebih sulit dari odometer mekanik. Oleh sebab itu, membutuhkan orang yang ahli di bidang tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa odometer merupakan alat yang digunakan untuk menghitung jarak tempuh suatu kendaraan. Dengan adanya komponen ini, maka kamu bisa mengetahui bahwa kondisi mobil tersebut masih bagus atau tidak.

Semakin kecil angka odometer maka semakin bagus kondisi mobil tersebut. Odometer terdiri dari dua jenis, yaitu odometer elektronik dan mekanik. Keduanya memliki cara kerja yang berbeda. Cara kerja odometer mekanik masih menggunakan suatu alat sedangkan cara kerja odometer elektronik sudah terkomputerisasi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan