Overhaul Mesin: Pengertian, Waktu Melakukannya dan Ciri-ciri

Overhaul Mesin

Pada umumnya, hampir setiap mobil akan mengalami penurunan kinerjanya setelah lama digunakan. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan pengecekan mesin secara rutin. Tujuannya agar kamu lebih nyaman dalam berkendara. Apabila kamu menemukan tanda-tanda, seperti knalpot berwarna merah, overheat, sering terdengar suara bergemuruh pada mesin, bahkan mesin sering mati mendadak.

Bisa jadi mobil kamu mengalami overhaul mesin. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya karena timing belt putus. Sehingga apabila timing belt putus akan membuat katup dan piston saling beradu akibatnya mesin mengalami kerusakan. Lantas bagaimana solusinya? Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara mengatasi overhaul mesin.

Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai pengertian overhaul, ciri-cici mobil yang mengalami overhaul, dan kapan waktu terbaik melakukan overhaul. Simak artikel di bawah ini untuk mengatahui informasi selengkapnya!

Baca Juga: Apakah Boleh Mencuci Ruang Mesin Mobil? Simak!

Overhaul Mesin Adalah?

Overhaul mesin itu apa sih?  Mengapa penting sekali untuk meningkatkan performa mesin kamu? Overhaul mesin adalah service berat yang dilakukan pada mesin mobil apabila mengalami kerusakan karena dipakai dalam jangka waktu cukup lama.

Overhaul berbeda dengan tune up. Overhaul berarti membongkar mesin kendaraan secara keseluruhan untuk memperbaiki komponen-komponen yang mengalami kerusakan. Sedangkan tune up adalah memperbaiki komponen mesin yang rusak tanpa membongkar secara keseluruhan.

Overhaul mesin dilakukan dengan membongkar dan memperbaiki komponen mesin yang rusak serta memasang kembali komponen secara tepat. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya overhaul. Sehingga dalam melakukan overhaul tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Berikut ini ciri-ciri mobil yang harus melakukan overhaul atau turun mesin.

Ciri-ciri Overhaul Mesin

Apabila mobil kamu mengalami tanda-tanda sebagai berikut, maka segera datang ke bengkel terdekat kamu dan minta ke mekanik untuk segera mengecek dan memperbaiki kerusakan pada komponen mesinnya. Agar performa mesin mobil kamu mengalami peningkatan kembali. Berikut ini ciri-ciri overhaul mesin:

  • Suhu mesin mobil terus meningkat bisa membuat mesin mengalami overheat, hal ini bisa membuat mesin mobil mati mendadak.
  • Knalpot mobil terus mengeluarkan asap putih hal ini disebabkan karena mesin mobil sudah berumur.
  • Air radiator terus berkurang.
  • Air radiator yang berminyak biasanya disebabkan oleh oli yang masuk pada saluran air radiator.
  • Kepala busi yang basah karena oli. Busi yang basah menjadi pertanda bahwa oli bisa menjadikan ruang kompresi mudah terbakar karena sudah masuk ke dalamnya.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Overhaul?

Waktu yang tepat untuk melakukan overhaul tergantung pada perawatan kendaraan tersebut. Semakin rajin merawat mobil maka waktu untuk turun mesin akan semakin lama Berbeda dengan mobil yang jarang dirawat maka waktu untuk overhaul lebih cepat. Oleh karenanya, penting sekali untuk merawat mesin secara rutin.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan