Berikut Panduan Untuk Panaskan Mesin Mobil Matik

Panaskan Mobil Matik

Panduan Untuk Panaskan Mobil Matik- Banyak orang-orang lebih memilih menggunakan mobil matik daripada mobil yang bertransmisi manual. Alasannya karena mereka menganggap menggunakan mobil matik lebih mudah ketimbang mobil yang bertransmisi manual.

Mobil matik memiliki sistem kerja mesin yang berbeda dengan mobil yang bertransmisi manual.  Sistem kerja mesin yang berbeda membuat anggapan bahwa untuk memanaskan mobil harus dengan posisi transmisi N. Banyaknya anggapan seperti ini karena mereka mengira bahwa apabila memanaskan pada posisi P maka pompa oli tidak bekerja dengan maksimal, sehingga membuat sirkulasi oli tidak bisa berputar.

Sedangkan jika memanaskan mobil matik pada posisi N maka isi dari transmisi dari transmisi mobil tersebut juga akan panas, sehingga pelumas mengisi komponen yang ada dalam transmisi mobil matik.

Baca Artikel Menarik Lainnya: Pentingnya Asuransi Mobil untuk Menghindari Kantong “Boncos”

Panduan Untuk Panaskan Mesin Mobil Matik

Menurut Head Product Improvement Technical Service Division Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi bahwa untuk memanaskan mesin mobil patik tidak harus pada posisi N dan menurut beliau bahwa anggapan seperti merupakan anggapan yang keliru di tengah masyarakat. Oleh karena itu, perlu sekali untuk diedukasi.

Menurut beliau bahwa untuk memanaskan mobil matik pada posisi N dan posisi P tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. Jadi, tidak ada pengaruhnya sama sekali untuk memanaskan mobil matik di posisi N atau P.

Hanya saja jika kamu memanaskan mobil matik pada posisi P maka mobil kamu tidak akan mudah bergerak karena adanya daya cengkraman mesin ke transmisi. Sedangkan, jika kamu panaskan mobil matik pada posisi N maka mobil akan bergerak jika kamu lupa menarik tuas rem tangan.

Menurut Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan bahwa untuk memanaskan mesin pada mobil matik maka sebaiknya tuas transmisi diatur pada posisi P karena tuas transmisi posisi P tidak akan menghalangi proses pelumasan pada mobil. Menurutnya bahwa tuas transmisi diatur pada posisi apapun tetap tidak akan merusak sistem transmisi. Yang penting, saat kamu memanaskan mobil matikmu sebaiknya idle dibiarkan saja karena untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Baca Juga Artikel: Lakukan 5 Hal Ini Agar Mobil Matik Lebih Awet

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan