Kategori: Tips Otomotif

Penabrak Wajib Tolong Korban Kecelakaan, Ini Dia Aturannya!

Ketika terjadi kecelakaan lalu lintas, penabrak wajib tolong korban kecelakaan. Namun tak jarang, dari beberapa pengendara ada yang langsung melarikan diri. Bahkan, membiarkan korban tergeletak begitu saja di jalan. Padahal, terdapat aturan jelas mengenai hal tersebut. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mengapa Penabrak Wajib Tolong Korban Kecelakaan?

Pada dasarnya, memang terdapat aturan yang menjelaskan bila penabrak wajib tolong korban bila terjadi kecelakaan lalu lintas. Namun tidak sedikit pula yang tidak peduli berkaitan dengan hal tersebut atau bahkan melarikan diri.

Hal ini sebenarnya sudah tercantum pada peraturan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009. Nah berdasarkan peraturan tersebut dijelaskan secara detail bahwa penabrak wajib untuk menolong korban bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Bahkan, pada pasal 310 ayat 4 dalam undang-undang ini dijelaskan bila terjadi kecelakaan dan mengakibatkan orang lain meninggal dunia, maka kamu bisa dipidana penjara paling lama 6 (enam) tahun lho. Selain itu, juga bisa dikenakan denda paling banyak Rp12.000.000 (dua belas juta rupiah).

Aturan Mengenai Penabrak Wajib Tolong Korban Kecelakaan

Nah dalam pasal tersebut dijelaskan pula, bila pengemudi yang terlibat kecelakaan lalu lintas juga memiliki beberapa kewajiban. Simak berikut ini penjelasannya.

Menghentikan Kendaraan

Saat terjadi kecelakaan lalu lintas, maka pengemudi wajib untuk menghentikan kendaraannya. Artinya, sesuai dengan peraturan tersebut bahwa pengemudi yang terlibat kecelakaan dilarang untuk melarikan diri dan tidak bertanggung jawab atas perbuatannya. Sebab, kamu dapat dikenakan sanksi berupa kurungan penjara paling lama 3 tahun atau denda paling banyak Rp75 juta jika melarikan diri.

Berikan Pertolongan

Selain itu, pengemudi juga wajib untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan. Bahkan, kamu bisa membawa korban tersebut ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan. Termasuk, menghubungi keluarga korban untuk memberikan informasi mengenai hal ini.

Wajib Menghubungi Polisi Terdekat

Dalam hal ini, pengemudi yang terlibat kecelakaan juga wajib melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian terdekat. Termasuk juga, bersedia untuk memberikan keterangan secara detail dan jujur terkait dengan kronologis dari kecelakaan tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi polisi ketika akan memproses kasus tersebut.

Pos Terbaru

Mengenal Mobil Nissan GTR R35

Mobil Nissan GTR R35 merupakan salah satu kendaraan keluaran Nissan yang dikenal dengan sebutan Godzilla.… Read More

23 jam ago

Donasi Lawan Corona, Ada Undian dan Lelang Juga!

Kali ini, HSR Wheel bekerja sama dengan kitabisa.com mengajak customer-nya untuk membantu Indonesia dalam memerangi… Read More

2 hari ago

Isi Air Radiator, Lebih Baik dengan Apa?

Ketika mengisi air radiator mobil, maka tak jarang banyak orang yang menggunakan cairan khusus atau… Read More

4 hari ago

Mau Tampil Sporty? Inilah Tips Modifikasi Honda City!

Sebelum melakukan modifikasi Honda City, biasanya kamu akan mencari berbagai referensi berkaitan dengan hal itu.… Read More

5 hari ago

Tarif Pajak Plat Nomor Cantik Terbaru

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat atau menginginkan plat nomor cantik dengan angka… Read More

7 hari ago

Ayla Modifikasi, Berani Tampil Beda di Kelas LCGC!

Pada dasarnya, Ayla modifikasi sering kali menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tampilan mobil LCGC… Read More

7 hari ago