Pengertian Marka Jalan Beserta Maknanya

Pada dasarnya, pengertian marka jalan bukan hanya sekedar pembatas jalan. Melainkan, juga berfungsi untuk mengamankan pengendara saat melintas.

Pengertian Marka Jalan

Dalam hal ini, tidak sedikit pengendara yang tidak tahu mengenai pengertian dari marka jalan. Nah, buat kamu yang belum mengetahui apa itu marka jalan. Jadi marka jalan adalah suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan. Tujuannya adalah untuk memberi petunjuk kepada para pengguna jalan.

Marka Jalan Berwarna Putih

Pengertian marka jalan berwarna putih, pada umumnya menunjukkan agar pengguna jalan wajib mengikuti perintah atau larangan sesuai dengan bentuknya. Dengan adanya marka ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Berikut ini penjelasannya.

Garis Putih Putus-Putus

Garis Putih Putus-Putus

Garis ini menunjukkan bila pengendara boleh mendahului kendaraan lain. Akan tetapi sebelum mendahului kendaraan lain, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu situasi lalu lintas sekitar. Khususnya, yang arahnya berlawanan dengan mobil kamu. Jangan sampai, membahayakan dirimu dan juga pengendara lain.

Garis Putih Tanpa Putus

Garis Putih Tanpa Putus

Kalau garis putih tanpa putus ini, berkebalikan dengan garis sebelumnya. Garis ini berfungsi untuk menunjukkan kepada pengendara agar tidak mendahului kendaraan lain. Dengan adanya garis ini, diharapkan pengendara tetap berada di jalurnya masing-masing.

Marka Jalan Berwarna Kuning

Selain berwarna putih, marka jalan juga ada yang berwarna kuning. Tentu, dari sisi fungsinya pun sudah jelas berbeda dengan garis berwarna putih tersebut. Nah untuk marka jalan berwarna kuning ini, biasanya menandakan larangan berhenti pada suatu area tertentu. Simak berikut ini penjelasannya.

Garis Kuning di Pinggir Jalan

Garis Kuning di Pinggir Jalan

Jika kamu melihat garis kuning penuh di pinggir jalan, artinya mobil kamu tidak boleh berhenti dan parkir pada area tersebut. Biasanya, marka ini juga berbentuk seperti zig-zag. Selain itu, juga ada yang berwarna kuning-hitam seperti yang ada di sisi trotoar.

Yellow Box Junction (YBJ)

Yellow Box Junction

Pada dasarnya, garis ini memiliki tujuan agar jalur persimpangan tidak terkunci saat kondisi jalanan sedang padat. Dengan adanya YBJ ini, walaupun traffic light sudah berwarna hijau maka pengguna jalan yang belum masuk di dalam YBJ harus berhenti. Pengendara baru bisa maju, apabila kendaraan yang ada di dalam YBJ tersebut sudah keluar. Garis ini pun bertujuan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di persimpangan jalan.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022