Pengguna Mobil Matik, Jangan Malas Pindah Gigi Transmisi

Pada dasarnya, memindahkan gigi transmisi pada mobil matik jauh lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual. Namun, masih banyak yang malas untuk memindahkan tuas transmisinya. Padahal, hal tersebut dapat memicu terjadinya masalah pada mobil kamu.

Akibat Malas Pindah Gigi Transmisi 

Akibat Malas Pindah Gigi Transmisi

Nah, jika kamu malas untuk memindahkan gigi transmisi tentunya dapat membuat transmisi rusak sehingga mengharuskan kamu untuk menggantinya. Biasanya, banyak pengemudi yang menggunakan transmisi D (Drive) secara terus-menerus. Untuk menghindari hal tersebut, jangan sampai kamu malas untuk memindahkan tuas ke posisi lain. Apalagi, jika kamu sedang berkendara di jalanan yang macet.

Jika kamu sedang berada di situasi tersebut, sebaiknya kamu memindahkan tuas ke posisi N (Netral). Bila tidak, maka sama saja kamu membiarkan kampas rem mobil kamu menahan putaran mesin. Hal tersebut dapat membuat kopling menjadi cepat aus. Sebab, kopling tetap bekerja saat direm. Lain halnya jika mobil kamu berada di posisi netral, maka kopling akan berhenti bekerja untuk sementara.

Tanda Transmisi Mobil Bermasalah

Transmisi mobil bisa saja bermasalah akibat kamu malas untuk memindahkan gigi transmisinya. Ada beberapa tanda yang bisa kamu amati apabila transmisi mobil bermasalah. Nah, berikut ini penjelasannya.

Mobil Bergetar

Jika kamu melakukan perpindahan gigi dan mobil kamu terasa seperti bergetar, maka hal itu bisa menjadi pertanda jika terjadi kerusakan pada transmisi mobil kamu. Hal tersebut biasanya disebabkan karena kampas kopling hangus atau pun aus sehingga menjadi kasar dan membuat gesekan pada kampas kopling. Biasanya, hal ini lah yang menjadi penyebab kenapa mobil bergetar saat berkendara.

Terjadi Hentakan Saat Memindahkan Gigi

Pada dasarnya, mobil matik mempunyai sistem perpindahan gigi yang halus. Namun jika saat memindahkan gigi dan kamu merasa seperti ada hentakan, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu gejala transmisi matik mobil bermasalah. Hal ini bisa disebabkan karena kerusakan pada solenoid pressure, sensor speed TCM atau pengerasan pada piston.

Sulit Pindah Gigi

Tanda terakhir yang bisa kamu amati adalah jika gigi tetap tidak berpindah walaupun tuas sudah di oper. Nah hal tersebut biasanya terjadi karena kabel di gearbox terkelupas atau bahkan putus.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan