Penting Diketahui, Inilah 5 Cara Merawat Radiator Mobil!

Pada dasarnya, merawat radiator mobil merupakan hal penting yang harus kamu lakukan untuk menjaga agar kondisi radiator mobil kamu selalu dalam keadaan bersih. Sebab, komponen ini merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pendingin. Dengan demikian, kondisinya perlu diperhatikan dengan baik.

Cara Merawat Radiator Mobil

Cara Merawat Radiator Mobil

Nah ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat radiator mobil. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Rutin Membersihkan Tangki Radiator

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan, yakni dengan cara rutin membersihkan atau menguras tangki radiator mobil kamu. Nah dengan mengurasnya, maka tangki akan terhindar dari korosi. Selain itu, juga bisa menjaga temperatur mobil agar tetap baik dan terhindar dari overheat. Kamu bisa melakukan hal ini rutin setiap 2 minggu sekali.

Hindari Pemakaian Air Keran

Pada dasarnya, air keran mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan terjadinya korosi pada tangki radiator. Nah air radiator sendiri sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai pendingin mesin saja. Namun, juga berfungsi untuk mencegah terjadinya karat pada saluran air radiator.

Perhatikan Volume Air Pada Radiator

Sebenarnya, masalah yang sering terjadi pada mobil adalah temperatur mobil yang meningkat dratis atau yang sering disebut dengan istilah overheat. Hal ini disebabkan karena kurangnya volume air pada radiator mobil. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperhatikan volume air pada radiator mobil kamu tersebut ya!

Gunakan Radiator Coolant

Dalam hal ini, radiator coolant berfungsi untuk mengangkat kotoran dan karat yang menumpuk pada tangki radiator. Selain itu, juga berfungsi untuk menjaga temperatur mesin mobil. Nah kamu bisa menggunakan radiator coolant untuk menghindari pemakaian air keran seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kamu bisa memilih radiator coolant yang cocok dan juga tepat untuk mobil kesayangan kamu.

Jangan Lupa Tutup Radiator dengan Rapat

Terakhir, kamu harus memastikan bila tutup radiator mobil kamu telah tertutup dengan rapat. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran cairan radiator coolant saat menahan temperatur mesin yang cukup panas. Selain itu, kamu juga harus rutin untuk membersihkan dan mengecek beberapa komponen yang terdapat pada radiator mobil. Mulai dari penutup radiator, kisi-kisi udara, pompa oli, selang dan klem selang serta kipas pendingin.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan