Penting Diketahui, Inilah Kelebihan Bohlam LED Mobil!

Selain meningkatkan visabilitas saat berkendara, ternyata ada beberapa kelebihan bohlam LED mobil dibandingkan dengan menggunakan lampu konvensional. Apalagi, penggunaan lampu LED sendiri memang dipercaya dapat membuat lampu utama mobil menjadi lebih terang.

Terutama, jika kamu sering berkendara pada malam hari. Namun ternyata, ada beberapa kekurangan yang bisa kamu jadikan pertimbangan lho sebelum melakukan hal tersebut.

Kelebihan Bohlam LED Mobil

Kelebihan Bohlam LED Mobil

Dibandingkan lampu konvensional, ternyata ada beberapa kelebihan bohlam LED mobil yang perlu kamu ketahui. Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Irit Daya Listrik

Pada dasarnya, lampu LED dikenal memiliki watt yang kecil. Dengan demikian, penggunaan lampu ini dapat membuat kelistrikan mobil tidak akan terkuras banyak bila kamu menyalakan lampu utamanya. Hal inilah yang membuat lampu ini dari segi konsumsi listriknya jauh lebih irit dibandingkan dengan lampu konvensional.

Harganya Lebih Terjangkau

Dalam hal ini, lampu standar yang dijual di pasaran umumnya memiliki harga yang relatif lebih mahal. Oleh karena itu, lampu LED bisa dikatakan cenderung lebih ramah di kantong penggunanya. Selain itu, dari segi perawatannya pun jauh lebih mudah dibandingkan dengan lampu konvensional.

Reflektor Lampu Lebih Aman

Nah masalah yang umumnya sering terjadi ketika menggunakan lampu konvensional, yakni panas yang cukup tinggi sehingga membuat reflektor lampu meleleh. Hal tersebut tidak akan terjadi bila kamu menggunakan lampu LED.

Sebab, panas lampunya hanya pada bagian bawah diode LED saja. Bahkan, umur reflektor pun diklaim bisa lebih lama dibandingkan jika kamu menggunakan lampu konvensional.

Apa Saja Kekurangan Bohlam LED Mobil?

Selain beberapa kelebihan bohlam LED mobil yang sudah dijelaskan sebelumnya, ternyata ada juga beberapa kekurangannya lho. Simak berikut ini pemaparan lengkapnya.

Tidak Dapat Terpasang Lagi Karet Penutupnya

Salah satu kekurangan dari penggantian lampu konvensional dengan lampu LED, yakni tidak dapat terpasang kembali karet penutup rumah pada lampu belakang mobil. Namun jika ingin tetap bisa terpasang, maka kamu harus memperbesar diameter lubang pada karet penutup tersebut.

Terdengarnya Suara Kipas Dari Luar Mobil

Pada dasarnya, lampu LED biasanya dilengkapi dengan kipas. Adapun, penggunaan kipas ini sebenarnya bertujuan untuk mendinginkan module. Nah jika lampu LED mobil kamu menyala, maka dari luar mobil akan terdengar suara kipas tersebut.

Pencahayaannya Bisa Mengganggu Pengemudi Lain

Kekurangan dari lampu LED, yakni cahayanya yang terlalu terang maka bisa menyilaukan pengemudi dari arah lainnya. Selain itu, karena cahaya yang dipancarkan berwarna putih maka membuat pancarannya saat hujan turun tidak akan sebagus bila dibandingkan dengan cahaya bohlam H4 standar.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan