Penting, Inilah 3 Cara Mengatasi Mobil Mogok Tiba-Tiba!

Pada dasarnya, perlu untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi mobil mogok secara tepat. Hal tersebut tentunya sangat berguna jika seandainya mobil kamu mogok secara tiba-tiba di jalan. Meskipun kondisi ini merupakan gangguan yang paling umum dialami oleh para pengendara, akan tetapi tidak jarang dari mereka yang masih bingung atau bahkan tidak tau harus melakukan hal apa untuk mengatasinya. Nah simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Mengatasi Mobil Mogok

Cara-Mengatasi-Mobil-Mogok

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mobil mogok. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Dorong Mobil ke Pinggir atau Bahu Jalan

Nah hal pertama yang perlu kamu lakukan saat mobil mogok di jalan, yakni dengan segera mendorong mobil kamu ke pinggir atau bahu jalan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar tidak menggangu pengendara lain. Selain itu, nyalakan lampu hazard atau penerangan lainnya untuk memberikan sinyal bila mobil kamu tersebut sedang mengalami masalah. Hal ini agar pengendara  lain bisa lebih berhati-hati saat melintas.

Periksa Lampu Indikator

Dalam hal ini, kamu bisa melakukan pengecekan pada lampu indikator mobil kamu. Bila lampu indikator tersebut menunjukkan warna hijau maka komponen tersebut berfungsi dengan baik. Namun hati-hati bila menunjukkan warna kuning atau bahkan merah. Sebab, bila kuning artinya merupakan suatu warning kepada pengemudi namun jika sudah merah maka harus segera diperbaiki komponen tersebut karena telah terjadi kerusakan.

Memeriksa Starter dan Baterai

Nah ketika menstarter mobil, maka kamu bisa memperhatikan bagaimana suara mesin mobil kamu. Jika suara mesin sama sekali tidak terdengar, maka kemungkinan besar disebabkan karena baterai yang mati. Nah kamu bisa mengatasinya dengan cara memeriksa sambungan baterai tersebut.

Kamu bisa membuka kap mobil kamu untuk memeriksa kondisi sambungan ini. Adapun, agar bisa menghantarkan listrik dengan baik, maka sambungan tersebut harus bersih dari debu maupun karat. Kamu dapat membersihkan logam tersebut dengan menggunakan sikat gigi jika keadaannya kurang bersih.

Periksa Kondisi Busi Mobil

Nah untuk mengetahui penyebabnya, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan terhadap kondisi busi mobil kamu. Jika berwarna abu, maka tidak ada masalah dengan busi mobil. Namun bila hitam, maka artinya bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak.

Jika busi terbakar atau bahkan meleleh, maka akan menyebabkan terjadinya overheat. Kamu bisa mengganti busi yang terbakar atau meleleh tersebut dengan yang baru. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa kabel busi apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan