Pentingnya Gunakan AC Mobil Ketika Hujan, Kenapa?

Pentingnya Gunakan AC Mobil Ketika Hujan

Pentingnya Gunakan AC Mobil Ketika Hujan – Libur panjang pada akhir pekan kali ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang terutama yang memiliki keluarga untuk berlibur. Mobil pribadi menjadi pilihan untuk menemani perjalanan berlibur kali ini. Namun liburan dengan mobil pribadi dimusim hujan seperti saat ini perlu memperhatikan banyak hal. Salah satunya adalah kondisi dari Air Conditioner (AC) yang ada pada mobil.

Pentingnya Gunakan AC Mobil Ketika Hujan

Kehadiran AC mobil sendiri tak hanya menjadi penunjang kenyamanan ketika berkendara saja, Lebih dari itu, AC juga dapat menunjang keselamatan berkendara, terutama saat musim hujan seperti saat ini. Jika kondisi AC rusak, maka akan membuat kabin menjadi lebih panas hingga menyebabkan kaca mobil mengembun ketika hujan. Embun yang menutup kaca mobil tersebut terbentuk karena adanya perbedaan suhu antara udara di dalam kabin mobil dan juga suhu di luar. Suhu di luar kabin ketika hujan biasanya akan lebih dingin daripada suhu di dalam kabin. Hal inilah yang menyebabkan embun muncul pada permukaan kaca.

Dan untuk menghilangkan embun tersebut, kamu hanya perlu menyalakan AC mobil yang merupakan sistem pendingin udara di dalam mobil. Tujuan menyalakan AC ini aalah untuk menghilangkan embun dan tidak menyebabkan terganggunya jarak pandang pengemudi. Berbicara soal jarak pandang pengemudi atau visibilitas, kamu juga perlu memperhatikan kondisi wiper dan juga washer nya. Pastikan komponen wiper tersebut mampu berfungsi menyapu kaca depan dengan baik.

Biasanya, karet wiper yang sudah lama digunakan akan berkurang elastisitasnya. Dampaknya wiper tidak bisa menyeka, bahkan ketika wiper digunakan saat hujan akan menjadi tambah gelap. Hal tersebut karena proses penyekaan wiper yang tidak sempurna dan berdampak pada visibilitas pengendara.

Selain itu, kondisi dari washer atau biasa disebut dengan air wiper juga perlu diperhatikan secara teratur. Dalam merawatnya, kamu juga bisa menambahkan cairan khusus pada washer tersebut agar ketika membersihkan kaca dari kotoran yang menempel bisa lebih maksimal. Namun, hindari penggunaan sabun deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian untuk digunakan pada washer ini.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan