Penyebab Gerak Wiper Mobil Lambat Ketika Hujan

Penyebab Gerak Wiper Mobil Lambat

Penyebab Gerak Wiper Mobil Lambat – Saat musim hujan turun, maka salah satu komponen yang sangat dibutuhkan pada mobil adalah Wiper. Wiper adalah salah satu komponen yang sangat penting yang ada pada sebuah mobil ketika sedang hujan. Fungsinya adalah sebagai penyapu air pada kaca depan agar visibilitas ketika berkendara menjadi tak terganggu.

Karena perannya yang penting tersebut membuat kondisi wiper perlu dijaga agar selalu prima ketika sangat dibutuhkan. Tak hanya dari karet wipernya saja yang perlu diperhatikan, melainkan gerakkan dari wiper itu sendiri perlu diperhatikan. Hal tersebut karena apabila gerak wiper terlalu lambat, maka fungsi kerjanya pun tak menjadi maksimal.seperti biasanya dan mengganggu penglihatan ketika mengemudi.

Penyebab Gerak Wiper Mobil Lambat

Bahkan apabila hal ini didiamkan terus menerus terlalu lama, bisa saja wiper akan menjadi rusak dan tak berfungsi sama sekali. Dikutip melalui kumparan.com, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan kondisi tersebut bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Wiper menjadi lemah gerakannya karena 3 faktor, yaitu motor wipernya, link-nya, atau poros dari link ke bilah wiper.

Untuk mengetahui letak kerusakan yang terjadi, Didi mengatakan pemilik mobil perlu memeriksa satu persatu. Sebagai saran, kamu bisa mulai memeriksa terlebih dahulu pada bagian yang mudah, yaitu bagian link dan juga porosnya.  Periksa bagian sambunga-sambungannya apakah seret, berat, atau malah oblak.

Jika terjadi seret, maka solusi murahnya adalah dengan melumasi terlebih dahulu dengan cairan grease. Namun apabila kondisinya sudah terlalu rusak dan tidak bereaksi ketika diberi grease, maka mau tidak mau 2 komponen tersebut harus segera di ganti secepatnya dengan yang baru.

Lalu apabila permasalahan ada pada faktor berikutnya yaitu motor wiper, maka untuk memperbaikinya perlu pembongkaran komponen terlebih dahulu. Hal tersebut untuk mengetahui kondisi komponen yang ada pada bagian dalam dari motor wiper tersebut. Setelah sudah dibongkar, cek apakah karbon brush atau arang-nya susah mulai menipis atau masih dalam kondisi baik. Jika kondisinya masih bagus, maka kamu hanya perlu melumasi dengan grease saja, namun apabila sudah parah maka dianjurkan untuk melakukan penggantian.

Dengan mengetahui 3 faktor penyebab dan cara mengatasi gerak wiper yang lambat tersebut, diharapkan pemilik mobil untuk sering melakukan pengecekan terhadap kondisi wiper mobil. Hal tersebut untuk mengantisipasi bilamana ada indikasi kerusakan yang terjadi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan