Penyebab Klakson Mobil Tiba-tiba Mati & Cara Mengatasinya!

Klakson mobil merupakan salah satu fitur mobil yang berperan untuk memberikan isyarat kepada orang lain seperti penyeberang jalan, pejalan kaki, maupun pengendara lain. Sehingga kehadirannya sangat diperlukan untuk memberikan isyarat kepada pengendara maupun pejalan kaki yang berada di depan maupun di samping agar tidak terjadi kecelakaan.

Namun, masih banyak pengemudi yang tidak menggunakan fitur ini dengan baik. Hal ini dikarenakan banyak hal, salah satunya klakson mobil yang tiba-tiba mati sendiri. Sehingga pengemudi akan kesulitan untuk memberikan isyarat kepada pengendara yang lain.

Lantas apa saja penyebab klakson mobil yang tiba-tiba mati sendiri dan bagaimana cara mengatasinya. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Cara Pasang Relay Klakson Mobil Dengan Aman

Cara Kerja Klakson Mobil

cara kerja klakson mobil
sumber: bacabrosur

Sebelum mengetahui penyebab klakson mobil yang mati tiba-tiba, perlu sekali tahu cara kerja klason mobil terlebih dahulu. Klakson hanya akan bekerja saat kamu menekan saklar. Sehingga arus listrik dari aki akan mengalir ke relay klakson.

Berikut cara kerja dari rangkaian klakson mobil:

  • Sumber arus listrik dari aki akan mengalir ke relay klakson melalui dua jalur. Jalur pertama, yaitu listrik mengalir dari aki ke terminal 30 melewati sekring relay kemudian arus ini akan stand by di terminal tersebut
  • Jalur kedua, yaitu aliran arus listrik dari aki ke saklar klakson melewati sekring saklar klakson sampai terminal 85. Di waktu yang sama kumparan tidak menghasilkan magnet karena listrik standby dan tidak mengalir
  • Pada saat saklar klakson dalam kondisi ON, aliran listrik akan mengalir dari aki ke massa yang lewat di terminal 85 dan 86 relay
  • Jika aliran listrik ini mengalir maka kumparan yang ada di relay akan menghasilkan medan magnet kemudian akan menarik saklar relay klakson yang ada di terminal 30 dan 87
  • Terminal 30 dan 87 kemudian akan terhubung. Sehingga aliran listrik yang berasal dari aki secara langsung mengalir ke klakson (high dan low) melewati terminal 30 dan 87 sehingga klakson pun mengeluarkan bunyi atau suara
  • Jika saklar klakson dinonaktifkan maka klakson akan otomatis tidak berbunyi karena aliran listrik dari aki yang menuju ke klakson otomatis terhenti

Nah, setelah kamu mengetahui cara kerja klakson mobil. Kini giliran kamu tahu penyebab klakson mobil tiba-tiba mati. Simak ya di bawah ini!

Penyebab Klakson Mobil Tiba-tiba Mati Sendiri

Berikut ini beberapa penyebab kenapa klakson mobil tidak bisa berbunyi. Siak ulasan di bawah ini ya!

1. Kabel Penghubung Klakson Putus

Klakson mobil bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik melalui kabel. Kabel penghubung yang rusak atau terkelupas karena adanya jamur maupun kotoran menumpuk di bagian soket kabel. Akan membuat klakson mobil mati secara mendadak. Jika dibiarkan terus menerus tentu bisa membahayakan keselamatanmu.

Cara mengatasinya  bisa dengan melakukan servis rutin agar tidak terjadi penumpukan kotaran atau jamur di bagian soket kabel.

2. Sekring Klakson Rusak

Klakson mobil yang rusak juga bisa disebabkan karena sekring klakson rusak. Sebab, di saat ada indikasi kelebihan muatan listrik, maka sekring di dalam klakson mobil  memiliki peran sebagai pengaman untuk mengamankan rangkaian listrik agar terhindar dari kelebihan muatan listrik tersebut.

Sekring klakson mobil terletak di dalam ruang mesin mobil berbentuk mirip dengan garpu yang dilapisi plastik berwarna.

Karena memiliki peran yang penting. Sehingga apabila terjadi kerusakan dapat membuat seluruh komponen mobil yang membutuhkan sistem kelistrikkan mobil akan mengalami masalah seperti klakson mobil yang mati secara mendadak. Hal ini dapat disebabkan karena banyaknya jamur atau karat pada instalasi sekring tersebut.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan