Penyebab Mabuk Perjalanan dan Cara Mencegahnya

Ketika sedang melakukan perjalanan menggunakan mobil, pesawat, ataupun kapal laut sebagian orang pasti pernah mengalami kondisi seperti pusing hingga muntah. Kondisi ini biasanya disebut dengan mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan ini sering dialami oleh anak-anak berusia 5-12 tahun, ibu hamil, dan juga orang lanjut usia. Namun, ada juga beberapa remaja atau orang dewasa yang mengalaminya ketika kondisinya sedang tidak prima.

Sebenarnya, mabuk saat berkendara ini adalah hal biasa terjadi. Namun hal ini bisa menyebabkan orang lain di sekitar kita terganggu karenanya. Ketika seseorang mengalami mabuk perjalanan, kondisinya akan lemas, pusing, pucat, air liur meningkat, hingga kehilangan keseimbangan.

Ada beberapa penyebab terjadinya kondisi mabuk perjalanan ini, untuk mengetahui lebih lengkapnya silakan simak di bawah ini :

Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan ini bisa terjadi karena otak tidak dapat menerima dengan baik sinyal yang berasal dari beberapa anggota tubuh pada saat perjalanan. Ditambah, telinga yang berisikan cairan untuk menjaga keseimbangan tubuh menjadi terhambat karena guncangan ketika kendaraan sedang dipacu.

Dalam kondisi ini, otak tidak mampu lagi bekerja dengan baik untuk memproses sinyal dan membuat kinerja menjadi kacau sehingga timbul kondisi pusing dan mabuk. Biasanya, kondisi ini disebatkan karena orang tersebut tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Lalu terjadi perubahan hormonal karena kondisi tertentu seperti pada wanita yang sedang menstruasi, hamil, atau penggunaan pil KB.

Penyebab lainnya dan yang paling umum terjadi adalah karena bermain ponsel pintar atau membaca buku di dalam kendaraan yang sedang melaju.

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya kondisi mabuk di jalan. Yang pertama adalah ada baiknya hindari makanan berat sebelum melakukan perjalanan dan utamakan cemilan saja agar perut tidak mudah mual saat terkena guncangan.

Kamu juga perlu memilih posisi duduk yang nyaman dan yang minim guncangan. Posisi duduk yang bisa kamu pilih adalah posisi di samping sopir dan usahakan tidak menghadap ke arah samping ataupun belakang.

Kamu juga perlu istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan untuk menyegarkan tubuh. Hindari minuman beralkohol dan konsumsi air putih yang cukup. Jangan membaca buku atau pun bermain ponsel pintar ketika sedang perjalanan, hal tersebut akan menyulitkan otak untuk mencerna informasi pada saat bergerak.

Dan cara terakhir adalah dengan meminum obat anti mabuk yang biasa dijual di minimarket terdekat.

Pos Terbaru

Manfaat Tune Up Untuk Mobil Kesayangan

Manfaat Tune Up - Merawat mobil memang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik kendaraan, hal… Read More

24 Juni 2021

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil - Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali… Read More

24 Juni 2021

Apa Itu Gemuk dan Fungsinya pada kendaraan?

Apa Itu Gemuk - Untuk yang sudah paham otomotif atau dunia perbengkelan mungkin sudah tidak… Read More

23 Juni 2021

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang… Read More

23 Juni 2021

Kenali Isyarat Lampu Kendaraan pada Truk & Bus

Isyarat Lampu Kendaraan - Keselamatan berkendara adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh para pengguna… Read More

22 Juni 2021

Banyak Dicari, Berikut Harga Mobil Avanza 2019

Harga Mobil Avanza 2019 - Mobil bekas tahun muda memang selalu menjadi pilihan yang cukup… Read More

21 Juni 2021