Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Pernah kah kamu mengalami mesin mobil cepat panas padahal baru dikendarai beberapa saat? Sebenarnya ada beberapa penyebab mesin mobil cepat panas atau overheat yang perlu kamu ketahui. Overheat sendiri merupakan istilah di mana kondisi mesin mobil memiliki suhu panas yang tinggi akibat kehabisan cairan pendingin atau terjadi suatu masalah pada komponen di sistem pendingin.

Apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka tentunya akan berimbas kerusakan pada komponen. Untuk mencegahnya, kamu sebagai pemilik mobil perlu memahami terlebih dahulu beberapa penyebab mesin mobil cepat panas.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Kamu harus lebih peka terhadap masalah serius yang satu ini. Untuk mengetahui beberapa penyebab mesin mobil overhat, silakan simak ulasannya di bawah ini :

1. Radiator Mobil Rusak

Salah satu penyebab mesin mobil panas secara cepat yang biasa terjadi adalah karena radiator mobil mengalami kerusakan. Seperti yang kamu ketahui, fungsi radiator merupakan untuk menjaga suhu mobil tetap stabil. Ketika radiator mengalami masalah, maka mesin mobil juga akan terkena dampaknya.

Kerusakan yang terjadi pada radiator biasanya terjadi karena bocornya selang air radiator mobil, penggunaan cairan radiator yang tidak sesuai, dan juga sirkulasi air radiator yang terhambat. Apabila selang radiator mengalami kebocoran, maka kamu harus segera membawanya ke bengkel mobil terpercaya untuk memperbaikinya.

Dan untuk mencegah terjadinya mesin cepat panas atau overheat, ada baiknya gunakan cairan khusus radiator seperti cooler dan jangan lupa untuk menggantinya pada saat mobil sudah dikendarai dengan jarak 20.000 km.

2. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Penyebab mesin mobil cepat panas selanjutnya adalah datang dari penggunaan oli mesin yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Oli mesin yang memiliki kualitas buruk cenderung tidak tahan terhadap panas, sehingga akan cepat menguap.

Ini tentunya akan menyebabkan mesin mobil mengalami gesekan yang kuat dan berimbas ke kondisi mesin mobil yang kepanasan. Apabila hal ini dibiarkan, maka kerusakan yang lebih parah pun akan mengintai ke depannya. Maka dari itu, gunakanlah oli yang sesuai dengan anjuran pabrikan mobil dan jangan tertarik dengan oli mesin yang harganya murah.

3. Thermostat Tidak Berfungsi

Fungsi thermostat yang terpasang adalah untuk bekerja sama dengan radiator untuk mengukur suhu mobil. Ketika suhu mesin rendah, thermostat akan mengatur air untuk tidak meninggalkan radiator. Sedangkan ketika suhu mesin tinggi, thermostat akan membiarkan air untuk masuk ke dalam mesin. Ketika komponen ini mengalami masalah, maka tidak ada lagi yang mengatur keluar-masuknya air dari radiator ke mesin. Dan tentu dampaknya adalah mesin mobil akan menjadi lebih cepat panas.

4. Kipas Pendingin Bermasalah

Ketika mesin mobil kamu cepat panas, maka kamu bisa mencoba untuk memeriksa kipas pendingin yang terpasang. Hal ini dikarenakan kipas pendingin memiliki fungsi untuk menyedot udara dingin dari luar. Dan ketika kipas pendingin rusak, maka udara luar yang dingin tidak bisa memasuki mesin mobil sehingga mesin akan menjadi lebih mudah panas.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kipas pendingin menjadi tidak berfungsi. Yang pertama adalah dinamo yang menggerakkan kipas tidak berfungsi, dan pemasangan kipas yang terbalik sehingga tidak menyedot udara panas.

Nah, itu dia beberapa penyebab mesin mobil cepat panas yang perlu kamu ketahui. Ada baiknya lakukan pemeriksaan secara berkala untuk menghindari kerusakan yang tidak diketahui. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan