Penyebab Mesin Mobil Tidak Bertenaga, Cek 4 Komponen Ini!

Penyebab Mesin Mobil Tidak Bertenaga

Ketika kamu memiliki sebuah mobil, ada saatnya mobil yang kamu miliki secara tiba-tiba tidak bertenaga atau konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros daripada biasanya. Mungkin kamu akan bingung tentang penyebab mesin mobil tidak bertenaga. Hal ini bisa terjadi salah satunya karena efek kerak karbon sisa pembakaran yang menumpuk di sisi ruang pembakaran. Hal ini bisa terjadi karena pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Penyebabnya ialah penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dan memiliki kualitas yang buruk.

Penyebab Mesin Mobil Tidak Bertenaga

Selain itu, ada beberapa komponen yang perlu kamu cek juga ketika mengalami gejala performa mobil turun secara tiba-tiba. Untuk mengetahui komponen apa saja itu yang dapat memengaruhi performa mobil, cek selengkapnya berikut ini.

1. Kompresi Mobil Mungkin Bocor

Mesin yang kurang bertenaga sendiri dapat muncul dikarenakan tekanan kompresi mobil yang kian menurun. Hal ini sangatlah berpengaruh kepada performa sebuah mobil, karena memang tekanan udara di dalam ruang pembakaran akan membuat bensin semakin mudah untuk dibakar. Apabila terjadi sebuah masalah pada kompresi, maka bensin akan menjadi sulit untuk terbakar dan menyebabkan turunnya performa mobil.

2. Blok Silinder Bermasalah

Komponen blok silinder yang aus dapat menyebabkan mobil menjadi kurang bertenaga. Blok silinder sendiri merupakan jalur pergerakan ring piston di mana akan menjadi aus apabila pelumasan di komponen tersebut kurang. Penyebab dari blok silinder aus sendiri adalah karena kurangnya pelumas pada komponen ini sehingga menyebabkan mesin mobil tidak bertenaga.

3. Klep atau Katup Bocor

Penyebab mesin mobil tidak bertenaga selanjutnya adalah adanya kebocoran pada klep atau katup. Komponen ini berfungsi sebagai pintu masuk material berupa bensin dan udara dari intake, dan sebagai pintu keluar gas buang melalui knalpot.

Saat ini, mesin mobil banyak yang menyematkan mesin double katup (DOHC) yang artinya setiap satu silinder memiliki dua bauh katup intake dan dua buah katup exhaust. Sistem DOHC ini akan memperlancar masuk dan keluar material terhadap mesin. Namun apabila ada penyetelan celah katup yang kurang tepat maka tekanan kompresi mesin akan menurun dan membuat mesin menjadi kurang bertenaga.

4. Cek Seal Busi

Penyebab lainnya ketika performa mesin mobil turun adalah seal busi mengalami keretakan. Seal busi sendiri biasanya diganti bersamaan dengan penggantian busi, karena seal sendiri sudah sepaket dengan busi. Namun, jika kamu melakukan penggantian busi yang tidak sesuai standar atau rekomendasi ukuran, maka kinerja busi menjadi tidak maksimal sehingga performa mobil menjadi tidak bertenaga.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan