Berita Otomotif

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya karena ada penumpukan kabel listrik pada salah satu kutub aki. Selain itu, ada juga kabel yang terkelupas atau menempel pada komponen mesin dan bisa mengakibatkan overheat sehingga membuat kabel meleleh. Meski demikian, listrik bukan faktor tunggal yang bisa membuat mobil terbakar. Berikut ini 5 faktor penyebab mobil terbakar saat parkir. Simak artikel di bawah ini sampai habis
HSR Wheel!

Baca Juga: Sekring Mobil Putus, Inilah Penyebabnya!

5 Penyebab Mobil Terbakar

1. Mesin Mobil Mengalami Overheat

Pemakaian mobil dalam jangka waktu lama membuat mesin mengalami overheat. Mesin yang terlalu panas dapat membuat kendaraan menjadi mudah terbakar. Hal ini dikarenakan kondisi mesin yang mengalami overheat bisa meningkatkan suhu pada oli. Akibatnya timbul kebocoran dan menjadi sumber pemicu munculnya api.

Mesin mengalami overheat dapat disebabkan karena adanya kerusakan pada water pump radiator dan katup mesin. Oleh karenanya, apabila kamu menemui masalah seperti itu, segeralah menepi dan membuka kap mobil. Tujuannya agar mesin menjadi dingin. Apabila kamu terus melanjutkan perjalananmu maka bisa berpotensi terjadinya kebakaran.

2. Bahan Bakar Mobil Mengalami Kebocoran

Kebocoran bahan bakar mobil bisa menimbulkan terjadinya kebakaran. Hal ini dikarenakan bensin merupakan cairan yang mudah terbakar, apabila mengenai mesin mobil maka akan memicu terjadinya kebakaran. Selain itu, tutup oli yang kendor juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Apabila tutup oli kendor maka oli bisa keluar dengan sendirinya dan mengenai mesin. Sehingga timbulah getaran mobil saat mobil sedang dioperasikan.

Oleh karena itu, selalu cek tutup oli. Apabila terasa kendor maka segera bawa kendaraanmu ke bengkel profesional terdekat dan cek juga tempat penyimpanan bahan bakar mobil.

3. Masalah Pada Kelistrikan

Mobil yang mengalami korsleting bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran mobil. Faktor penyebab terjadinya korsleting karena soket sambungan yang sudah kendor. Sehingga arus listrik mengalir pada ujung kabel yang putus, maka akan menimbulkan percikan api yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

Solusinya adalah dengan memasang sekring, agar dapat memutuskan arus listrik saat terjadi hubungan arus pendek, sehingga tidak terjadi kebakaran. Selain itu, kamu juga harus rutin mengeceknya agar tidak menimbulkan potensi kebakaran.

4. Meletakan Benda Yang Mudah Terbakar Sembarangan

Meletakan benda di dalam mobil secara sembarangan bisa berpotensi menimbulkan percikan api. Contohnya saat kamu membersihkan mesin menggunakan kain perca dan apabila tertinggal pada ruang mesin maka hal ini tentu sangat berbahaya.

Karena panas dari mesin bahkan saluran knalpot dapat membuat kain terbakar. Oleh karenanya, selalu teliti sebelum meninggalkan mobil sehingga barang tersebut tidak memicu kebakaran.

5. Modifikasi Yang Berlebihan

Modifikasi yang berlebihan, seperti mengganti bagian bohlam headlamp dan foglamp yang diganti dengan watt lebih besar. Hal ini tentu akan menimbulkan potensi lebih besar terjadinya kebakaran. Pergantian fitur mobil yang tidak sesuai dengan bawaan pabrik bisa menimbulkan terjadinya kebakaran. Karena watt yang terlalu besar akan membuat aki terkuras dan memicu munculnya panas berlebih.

Oleh karena itu, modifikasi secukupnya saja, seperti mengganti velg mobil. Kamu bisa membeli velg mobil pada seluruh diler resmi HSR Wheel yang telah tersebar di Indonesia. Nah itu dia 5 penyebab mobil terbakar yang perlu kamu ketahui.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022