Mobil Turun Mesin, Inilah Penyebabnya!

Kamu mungkin sering sekali mendengar dan familiar dengan istilah ‘mobil turun mesin’. Tapi, apa sih arti dari turun mesin itu? Sebenarnya, turun mesin atau overhaul bukan menggambarkan sebuah situasi atau sebuah kondisi yang dialami mobil kamu, melainkan ini merupakan sebuah proses. Proses ini mengeluarkan atau menurunkan mesin mobil dari bodynya.

Umumnya, mobil yang mengalami turun mesin harus segera ditangani segera, sebab mesin mobilnya sudah tidak dalam kondisi prima dan perlu penanganan khusus dari ahli. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab mobil bisa mengalami turun mesin. Simak penyebabnya di bawah ini.

Penyebab Mobil Turun Mesin

Mobil yang mengalami turun mesin biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari asap knalpot yang berwarna putih hingga suara mobil yang berisik. Hal ini tentu saja harus dilakukan cara khusus untuk menanganinya. Disamping itu, ternyata ada penyebab lainnya.

Mesin terendam air 

Mungkin kamu pernah mendengar kalimat yang sering dilontarkan jika ingin membeli mobil bekas atau second “hati-hati jangan sampai membeli mobil bekas terendam air atau banjir”. Wajar, kalimat ini sebenarnya menjadi salah satu alasan untuk mendapatkan mesin mobil yang prima.

Pasalnya, mesin yang terendam air merupakan penyebab paling krusial penyebab mobil mengalami turun mesin. Jika hal itu terjadi, artinya mesin telah mengalami berbagai macam reparasi besar-besaran mulai dari connection rod, piston, dan lain-lain.

Pelumas mesin buruk

Mesin mobil yang tidak diberikan pelumas dengan baik menjadi pemicu paling umum terjadinya overhaul. Sebab, pelumas mesin yang buruk dapat menyebabkan gesekan-gesekan antar komponen pemicu mobil turun mesin. Oleh karena itu, melakukan perawatan dan pengecekan oli mobil secara rutin sangat baik dilakukan untuk menghindari hal ini.

Overheating

Overheating atau mesin mobil kepanasan dapat menyebabkan mobil mengalami penurunan mesin. Overheating ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya diakibatkan oleh pendingin mobil atau AC yang bermasalah. Penyebab overheating ini akibat dari kompresor AC naik yang disertai dengan kenaikan tekanan freon.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan