4 Penyebab Setir Mobil Lari ke Kiri dan Solusinya!

Penyebab Setir Mobil Lari ke Kiri

Setir mobil memiliki peran dalam mengontrol arah laju kendaraan agar tetap stabil saat berkendara. Namun, kamu pasti sering menjumpai setir mobilnya tiba-tiba belok ke kiri. Hal ini tentu sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sebab pengemudi tidak dapat mengontrol arah laju kendaraan.

Oleh karenanya, untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan tersebut. Pada artikel ini, HSR Wheel akan membahas mengenai penyebab setir mobil lari ke kiri dan solusi mengatasi setir mobil lari ke kiri. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

4 Penyebab Setir Mobil Lari ke Kiri

Berikut ini 4 penyebab setir mobil berat ke kiri. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

1. Kerusakan di bagian Understeel Mobil

Understeel terdiri dari beberapa komponen, seperti tie rod, ball joint, upper mount stabilizer, bushing stabilizer, link stabilizer, dan lain sebagainya. Apabila understeel mengalami kerusakan bisa membuat setir mobil berat sebelah.

Kerusakaan understeel bisa disebabkan karena tie rod yang karatan atau rusak. Sehingga kamu harus lebih peka apabila understeel (kaki-kaki mobil) mengalami rusak.

2. Understeel yang Tidak Stabil

Understeel yang tidak stabil bisa membuat setir mobil berat sebelah. Hal ini disebabkan karena kendaraan kamu sering menarabas jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi yang membuat kaki-kaki mobil atau understeel menjadi tidak stabil.

Understeel yang tidak stabil tersebut menjadi penyebab mobil kamu tidak lurus, dengan kondisi yang paling fatal bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

3. Tie rod sudah aus

Penyebab selajutnya bisa disebabkan karenaa tier rood sudah mengalami keruakaan pada bagian  understeel yang tidak stabil tersebut menjadi penyebab mobil kamu tidak lurus, dengan kondisi yang paling fatal bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

4. Sudut Toe Sudah Lebar

Setir mobil berat sebelah kiri juga bisa disebabkan sudut toe sudah lebar ke kiri atau ke kanan. Sudut toe merupakan posisi terbaik untuk menentukan kelurusan roda dibandingkan garis horizontal yang terlihat dari atas mobil. Biasanya pabrik telah mengatur posisi ini.

oleh karenanya, seringnya pengunaan mobil membuat sudut toe mengalami pergeseran sehingga terlalu menghadap ke dalam atau ke luar. Kondisi seperti ini yang membuat setir mobil tidak lurus atu cenderung narik ke kiri ke kanan.

Sudut toe sendiri terdiri dari dua macam, yaitu sudut toe-in serta sudut toe-out. Sudut toe-in merupakan keadaan dimana roda depan mobil menguncup ke bagian dalam.

Sementara itu, untuk sudut toe-out yaitu kondisi dimana roda depan membuka ke luar.

Apabila salah satu sudut toe ini terbuka dengan lebar, bisa membuat putaran roda yang malah menyeret ke sisi sebaliknya serta putaran kemudi jadi semakin sensitif.

Begitu juga dengan sudut toe-out yang terlalu lebarnya sudut yang terbuka bisa disebabkan karena ketidaksempurnaan ketika memasang komponen understeel yang baru, ataupun mur pengunci tie rod yang bergeser.

Nah, itu dia penyebab setir mobil tidak bisa lurus atau belok ke sebelah kiri atau kanan. Setelah kamu mengetahui penyebabnya, kamu juga perlu mengetahui solusi untuk mengatasi setir mobil yang berat sebelah. Simak ulasan di bawah ini sampai habis!

Solusi Mengatasi Setir Mobil Belok Kiri

Setir mobil merupakan salah satu komponen terpenting dalam mengarahkan laju kendaraan. Setir mobil yang rusak bisa berakibat fatal dan menyebabkan terjadinya kecelakaan. Sehingga hal ini tentu sangat membahayakan keselamatan kamu. Berikut ini solusi untuk mengatasi masalah setir mobil yang susah untuk diarahkan.

1. Lakukan Spooring dan Balancing Secara Rutin

Spooring merupakan teknik yang dipakai untuk mengatur ulang roda depan dan roda belakang mobil agar simetris. Sementara balancing merupakan metode yang dipakai untuk mengetahui apakah ban mobil berada di titik sumbu yang tepat atau sebaliknya.

Dengan mengatur ulang-ulang kaki-kaki mobil secara tertur akan membuat setir mobil menjadi mudah untuk digunakan kembali.

2. Ganti Bagian Understeel Roda Ban Mobil

Setir mobil yang susah untuk digerakkan biasanya disebabkan karena rusaknya bagian understeer. Sehingga kamu perlu untuk segera mengganti ke bengkel terdekat dan usahakan untuk membeli yang original. Karena akan mempengaruhi kualitas saat berkendara terutama pada bagian kemudi,

3. Perbaiki Sudut Toe-Out pada Roda Mobil

Nah, apabila sudut toe pada mobil kamu sudah terlalu lebar, segera ganti sudut toe out pada bengkel terdekat. Apabila tidak segera diperbaiki akan membuat setir mobil lebih sulit untuk dikontrol. Sehingga jika kamu merasa setir mobil sudah susah untuk dikotrol, segera bawa ke bengkel yang profesional di kotamu.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan