Penyebab Umum Ban Mobil Cepat Aus

Ban Mobil Cepat Aus

Apa penyebab ban mobil cepat aus? Ban mobil perlu diakui memang memiliki masa pakai yang artinya tidak bisa dipakai selamanya dan perlu diganti berkala. Namun, dengan perawatan yang tepat maka sebuah ban mobil bisa memiliki masa pakai lebih lama. Jadi, sudahkah Anda memberikan perawatan yang mendukung performa ban mobil?

Penyebab Ban Mobil Cepat Aus

Ban Mobil Cepat Aus

Ban mobil yang aus tentu sudah tidak nyaman dan tidak aman untuk dipakai sehingga musti segera diganti. Meski begitu, ketika mengenal apa saja yang menyebabkan ban mobil cepat aus dan kemudian memilih menghindarinya. Otomatis ban mobil memiliki umur lebih panjang. Membantu memperpanjang masa pakai ban di mobil kesayangan,kenali penyebab uasnya berikut ini:

  • Tidak Disiplin Dalam Merotasi Ban

Ausnya ban tidak bisa dicegah 100% namun bisa diperlambat sehingga tidak perlu buru-buru ganti ban baru. Salah satu penyebab ban mobil mudah aus adalah pemilik yang tidak pernah melakukan rotasi ban. Padahal ban perlu dirotasi berkala untuk menjaga performanya tetap maksimal.

  • Jarang Atau Malah Tidak Pernah Spooring dan Balancing

Penyebab kedua adalah pemilik mobil tidak pernah atau sangat jarang melakukan spooring dan balancing. Padahal keduanya memastikan ban memiliki daya cengkeram baik di jalanan sehingga lebih awet dan kuat.

  • Tekanan Angin Kurang

Sering mendapati ban mobil kekurangan angin? Jika bocor segera saja ditambal atau diganti. Sebab membiarkan ban terlalu sering kekurangan tekanan angin justru membuatnya cepat aus.

  • Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca dari panas ke dingin atau sebaliknya juga ikut mempengaruhi masa pakai ban mobil. Inilah alasan mengapa ban mudah sekali aus ketika masa pergantian musim. Jadi, pastikan cek ban mobil berkala ketika perubahan cuaca terbilang ekstrim atau terlalu cepat.

Mengenal apa saja yang menjadi penyebab ban mobil cepat aus sangatlah penting, agar bisa menghindarinya dan memperpanjang umur ban mobil. Detail penyebabnya sudah dijelaskan di atas, selanjutnya adalah memastikan semua penyebab tersebut dihindari. Jika dilakukan dijamin ban mobil lebih lama masa pakainya, sehingga nyaman dan hemat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan