Velg Mobil Kamu Sering Panas? Ini Dia Penyebabnya!

Penyebab Velg Mobil Panas

Velg mobil merupakan salah satu komponen mobil yang terletak pada bagian kaki-kaki. Komponen ini sangat berkaitan dengan kestabilan mobil. Velg mobil yang peyang, panas, atau rusak dapat membuat mobil menjadi tidak stabil.

Velg mobil yang sering panas dapat disebabkan karena ada masalah pada sistem pengereman. Hal ini bisa terjadi saat kondisi dari piston rem terlambat kembali atau bisa juga tidak kembali setelah menekan kampas rem. Sehingga gesekan akan lebih sering terjadi, akibatnya velg mobil menjadi panas.

Selain itu, velg mobil panas juga dapat disebabkan karena beberapa faktor. Pasalnya, mobil merupakan suatu kendaraan yang disusun dari berbagai komponen yang saling terkait. Jadi, sangat wajar apabila terjadi kerusakan salah satunya bisa membuat masalah lain.

Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai faktor penyebab velg mobil panas. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel untuk penjelasan detailnya!

Baca Juga: Velg Mobil Panas Sebelah? Gini Solusinya!

Faktor Penyebab Velg Mobil Panas

Velg mobil panas memang hal wajar yang sering terjadi setelah kamu selesai berkendara. Namun, velg mobil yang terlalu panas bukan lagi menjadi hal yang wajar. Bisa jadi karena adanya kerusakan pada sistem pengereman mobil, sehingga pemilik kendaraan perlu mengecek sendiri atau pun membawanya ke diler terdekat.

Sistem pengereman bekerja dengan cara piston rem akan melakukan penekanan pada kampas rem saat pengemudi menekan pedal rem. Kemudian kampas rem menjepit piringan atau disc brake. Akibatnya laju mobil menjadi lebih lambat dan putaran roda berkurang. Setelah pedal rem dilepas maka kampas rem tidak akan mengapit piringan dan bahkan tidak akan ada kontak lagi sebelum pedal ditekan kembali.

Apabila salah satu piston macet akan membuat kanvas menekan piringan atau tromol secara terus-menerus. Gesekan ini akan terus terjadi secara berulang-ulang dan dapat menimbulkan panas yang akan merambat ke bagian velg. Untuk mengecek penyebab lain kenapa velg mobil panas, dapat dengan mendinginkan suhu velg mobil terlebih dahulu.

Apabila sudah dingin, dongkrak mobil sampai posisi ban menggantung. Setelah itu, putar roda tersebut secara manual. Jika roda mobil terasa sulit saat diputar atau bahkan tidak dapat berputar sama sekali. Maka ini menjadi indikasi rem macet. Bahkan ada pula yang tidak bisa diputar sama sekali, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pengereman di bagian tersebut telah macet atau mengalami gangguan.

Cara Mengatasi Velg Mobil Panas

Solusi untuk mengatasi velg yang terlalu panas bisa langsung dengan membawa ke bengkel terdekat dan berpengalaman. Namun, jika kamu masih dalam perjalanan dan belum menjumpai bengkel. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mengurangi kecepatan mobil secara teratur.

Selain itu, apabila kamu akan menggunakan rem mobil bisa dengan memakai rem tangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar mobil tidak bergerak. Solusi terbaik saat velg terlalu panas adalah dengan berhenti sejenak sampai benar-benar dingin. Kira-kira sekitar 1 jam-an.

Pertanyaan Seputar Velg Mobil Yang Panas

Pada umumnya apabila velg panas dan kamu membawanya ke bengkel yang terdekat maka mereka akan mengganti kampas rem. Namun, banyak para bengkel yang tidak membersihkannya terlebih dahulu. Hal ini tentu akan mengakibatkan rem baru menjadi lebih tebal sehingga posisi piston masuk ke kapiler. Dengan begitu, kampas rem menjadi macet.
Velg mobil merupakan lingkaran luar roda yang terbuat dari bahan logam. Velg tidak hanya bermanfaat mendongkrak tampilan luar mobil Namun juga menjadi komponen utama dalam menjaga kenyamanan serta keselamatan saat berkendara.
Velg mobil panas bisa disebabkan karena rem cakram bermasalah.
Apabila rem mobil panas, solusinya bisa dengan mendiamkan kendaraan sekitar 1 jam agar dingin dan mengurangi kecepatan mobil

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan