Perbedaan Ganti Oli dan Kuras Oli Pada Mobil Matik

Perbedaan Ganti Oli dan Kuras Oli

Perbedaan Ganti Oli dan Kuras Oli – Mobil dengan sistem matik atau transmisi otomatis memerlukan perhatian yang lebih karena memiliki komponen yang kompleks dan terkomputerisasi. Terutama perihal oli pada mobil matik, hal tersebut perlu perawatan rutin yang harus dan wajib dilakukan penggantian. Untuk penggantian oli untuk mobil transmisi otomatis model konvensional ataupun CVT biasanya menggunakan oli 3 liter hingga 4 liter.

Sedangkan untuk kuras oli pada mobil matik bisa menghabiskan 12 liter oli. Prosesnya sendiri pun berbeda, kuras oli lebih memakan waktu yang lama dibandingkan dengan ganti oli biasa. Lalu, apa bedanya antara ganti oli dan juga kuras oli?

Perbedaan Ganti Oli dan Kuras Oli Pada Mobil Matik

Ganti oli adalah proses mengganti oli matik yang ada di ruangan karter atau bak penampung oli. Sedangkan proses menguras oli merupakan mengganti atau mengeluarkan semua oli yang terdapat di seluruh bagian sistem transmisi. Maka dari itulah proses kuras oli ini membutuhkan lebih banyak oli.

Orang banyak mengatakan bahwa proses penggantian oli bisa dilakukan berkala oleh setiap mobil ketika sudah menempuh jarak 15.000 kilometer. Sementara untuk menguras oli dilakukan setiap 50.000 kilometer. Padahal, pemahaman tersebut kuranglah tepat. Pasalnya, jika rajin melakukan penggantian oli matik sesuai standar waktunya. Maka untuk kuras oli pun tidak perlu dilakukan.

Hal tersebut karena oli yang berada di dalam transmisi selalu diperbarui dan masih memiliki performa pelumasan yang baik. Kuras oli sendiri dilakukan ketika kondisi oli transmisi sudah tidak lagi melumasi bagian lain dengan baik. Biasanya hal tersebut ditandai dengan gejala penurunan performa pada sistem transmisi. Misalnya ketika proses shifting atau pergantian gigi maka ada keterlambatan, bisa juga muncul suara dengung pada mobil.

Dan juga disarankan untuk penggantian oli tidak lagi bergantung pada jarak tempuh lagi. Karena melihat kondisi kemacetan lalu lintas saat ini cukup parah, maka menentukan dengan patokan jarak tempuh sudah tidak relevan lagi.

Jika dihitung, kita ambil contoh jarak tempuh yang akan kita tuju adalah 10km. Biasanya, dengan jarak tersebut bisa di tempuh dalam waktu 20-30 menit. Namun karena kondisi jalan yang macet, untuk menempuh jarak 10km membutuhkan lebih dari 1 jam. Jika dalam keadaan normal, dalam waktu 1 jam itu mobil bisa menempuh lebih dari 10km.

Jadi, sebaiknya untuk melakukan penggantian oli matik dipercepat dari anjuran pabrikan. Yang dimana anjuran itu 10.000 kilometer untuk mengganti oli, maka dipercepat menjadi 7.000 atau 8.000 km.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan