Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin – Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe. Ada yang menggunakan bahan bakar bensin dan juga ada mobil yang menggunakan mesin dengan tipe diesel. Keduanya adalah jenis yang berbeda. Walaupun untuk saat ini mobil tipe bensin masih lebih banyak diminati dibandingkan dengan mobil diesel.

Namun, kamu tetap perlu mengetahui perbedaan kedua mesin tersebut. Untuk mengetahui ulasan lengkapnya, bisa kamu simak di bawah ini :

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Jenis Bahan Bakar

Perbedaan yang pertama antara kedua mesin tersebut ada pada jenis bahan bakar yang digunakannya. Untuk mesin diesel sendiri bahan bakar yang digunakan adalah solar, sedangkan untuk mesin bensin menggunakan gasoline (bensin).

Harga

Jika dibandingkan soal harga, tentu saja harga mobil dengan mesin diesel lebih tinggi dibandingkan dengan mobil bensin. Hal tersebut dikarenakan material mesin diesel dibuat dengan sangat kuat, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk proses produksinya pun lebih besar. Terutama pada bagian komponen kepala dan juga blok silinder yang tak boleh menggunakan produk sembarangan.

Performa Mesin

Dari segi performa, mesin diesel kembali lebih unggul dibandingkan dengan mesin bensin. Apabila kamu memperhatikan truk dan juga bus di jalan, keduanya mampu berjalan dengan beban berat yang dibawanya. Selain itu, truk dan juga bus mampu menempuh perjalanan jauh dengan medan yang tak biasa.

Walaupun begitu, bukan berarti mobil dengan mesin bensin tidak memiliki keunggulan. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mesin bensin sendiri memiliki keunggulan dalam hal akselerasi dan juga responsifitas.

Perawatan Mesin

Untuk mesin diesel sendiri perawatannya tak bisa sembarangan begitu saja. Proses perawatannya perlu lebih ekstra dibandingkan mobil dengan mesin bensin. Cara kerja mesin diesel dan sistem pembakaran yang dimiliki lebih kompleks membuatnya menjadi lebih mudah kotor. Maka kamu perlu rutin untuk mengecek dan memberi perhatian khusus pada mobil diesel.

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin : Penggunaan Bahan Bakar

Dilihat dari sisi keiritan bahan bakar yang digunakan, mesin diesel terkenal akan penggunaan bahan bakar yang lebih irit. Bahan bakarnya yang minim ternyata dapat diolah menjadi tenaga yang maksimal. Tak hanya itu saja, harga bahan bakar solar lebih murah daripada bensin. Jika kamu mencari mobil yang irit bahan bakar, maka mobil dengan mesin diesel bisa dijadikan pilihan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan