Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Perbedaan Mobil SUV dan MPV – Saat ini di Indonesia banyak sekali jenis mobil yang bisa dipilih sebagai tunggangan harian, banyaknya jenis mobil tersebut tentunya memiliki perbedaan masing-masing. Setidaknya ada jenis mobil SUV, MPV, Hatchback, Sedan, dan jenis mobil lainnnya. Dari banyaknya jenis mobil tersebut, mendengar nama SUV dan MPV mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu.

Kedua jenis mobil tersebut adalah jenis yang memang sering dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hari. Lalu, apa saja perbedaan mobil SUV dan MPV? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mobil SUV

Mobil SUV adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle, mobil jenis ini memiliki desain yang mengadaptasi jenis offroad dengan penambahan aksen sporty di dalamnya. Penggunaan SUV ini bisa dikatakan dimana saja karena memang mobil ini memiliki fungsi utility yang artinya dapat melewati berbagai medan jalan di Indonesia.

Untuk mobil jenis SUV sendiri terbagi kembali menjadi tiga jenis, yaitu compact SUV, medium SUV, dan juga big SUV. Untuk mengetahui ulasan lengkapnya, silakan simak di bawah ini.

1. Compact SUV

Jenis SUV yang satu ini memiliki karakter crossover yang sangat kental dengan ukuran bodi mini dan kursi penumpang berjumlah 4. Mobil ini banyak dicari oleh konsumen yang hobi dengan crossover namun tinggal di daerah perkotaan padat. Maka dari itu, mobil jenis ini memiliki kemampuan manuver yang baik pada saat terjebak di kemacetan. Honda HR-V adalah salah satu contoh mobil jenis compact SUV.

2. Medium SUV

Jenis yang kedua ini memiliki bodi yang lebih besar dibandingkan dengan copact SUV dan terdapat 7 buah kursi. Mobil seperti Honda CR-V dan Nissan X-trail adalah contoh mobil dengan jenis medium SUV.

3. Big SUV

Jenis SUV yang terakhir ini memiliki bodi bongsor yang sering dijadikan sebagai mobil untuk menerjang di area pegunungan atau bisa juga digunakan di perkotaan. Beberapa contoh jenis mobil ini ada Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport.

Mobil MPV

Mobil MPV adalah singkatan dari Multi Purpose Vehicle. Artinya mobil ini bisa digunakan secara multifungsi. Mobil jenis ini biasanya dilengkapi dengan kursi yang bisa dilipat di bagian belakang untuk memperbesar ruang bagasi agar bisa membawa banyak barang. Dan sama halnya seperti mobil SUV, mobil MPV ini juga terdapat beberapa jenis. Diantaranya Low MPV, Medium MPV, hingga Premium MPV.

1. Low MPV

MPV jenis ini tersemat fitur yang sederhana, bodinya tidak terlalu besar dan dapat menunjang mobilitas sehari-hari serta irit bahan bakar. Beberapa contoh mobil LMPV adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Calya, dan lain sebagainya.

2. Medium MPV

Jenis ini satu tingkat di atas low MPV, dengan karakternya yang berbodi besar dan juga fiitur yang lengkap. Mobil Toyota Innova, Honda Mobilio, dan Honda BR-V adalah contoh mobil yang termasuk Medium MPV.

3. Premium MPV

Jenis ini adalah kelas teratas dari mobil MPV, bodi mobilnya besar dengan disematkan interior dan fitur yang premium. Toyota Alphard, Hyundai H-1, Hyundai Staria adalah contoh jenis mobil premium MPV.

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

1. Fungsi & Kegunaan

Perbedaan mobil SUV dan MPV yang pertama ada pada kegunaan dan juga fungsinya. Untuk SUV sendiri diproduksi dengan fungsi yang dapat melewati berbagai medan jalan yang susah hingga menantang. Sedangkan jenis MPV digunakan untuk mobil keluarga. Sehingga memang MPV lebih mengutamakan kenyanan dan keamanan saat berkendara. Untuk MPV juga dilengkapi dengan bagasi yang sangat luas dan mampu menampung 7 penumpang sekaligus di dalamnya.

2. Kapasitas Penumpang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, MPV adalah mobil khusus keluarga, maka tak heran kapasitas kabin mobilnya sangat luas hingga menampung 8 penumpang sekaligus. Untuk SUV sendiri sebenarnya bisa dijadikan mobil keluarga, namun kapasitas penumpangnya lebih sedikit dibandingkan dengan MPV.

3. Konsumsi Bahan Bakar

Mesin dengan kapasitas besar yang ada di mobil SUV membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi. Terlebih mobil jenis ini memang diperuntukkan untuk melewati medan jalan offroad. Rata-rata mobil SUV dibekali dengan kapasitas mesin di atas 1500c dan mobil MPV hanya dibekali mesin di bawah 1500 cc.

4. Material Bodi Mobil

Sesuai dengan fungsinya, mobil SUV memang digunakan untuk melewati medan jalan yang sulit untuk dilalui. Sehingga untuk struktur body on frame mobil ini diposisikan berada di atas sasis. Cara ini memang dilakukan agar mobil dapat mudah melewati medan jalan seperti off road sekalipun.

Posisi sasis ini memang membuat struktur mobil menjadi lebih kuat dan tidak mudah untuk berubah bentuk. Sedangkan mobil MPV didesain dengan lebih tinggi dan lebar sehingga kabin mobil menjadi lebih luas.

5. Harga Mobil

Untuk harga mobil MPV dan SUV sendiri bervariasi dan sesuai dengan kategori mobil tersebut. Namun kebanyakan yang dijual di pasaran harga mobil MPV cenderung lebih murah apabila dibandingkan dengan mobil SUV. Hal ini karena memang mobil SUV sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang premium.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan