Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV – Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil MPV murah dengan SUV murah. Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang selama beberapa tahun ini merajai dunia otomotif dalam negeri, kini perlu berhadapan dengan  pendatang baru dan menjadi idola baru yaitu jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Jika dihadapkan dengan dua pilihan tersebut, kamu lebih memilih yang mana? Apakah kamu sudah mengetahui perbedaan mobil SUV dan MPV?

Mungkin untuk seseorang yang sudah hafal akan seluk beluk mobil dihadapkan pilihan tersebut akan mudah untuk memutuskan pilihan. Namun, apabila kamu masih awam akan dunia mobil dan ingin membeli mobil diantara dua jenis tersebut mungkin akan dilanda kebingungan.

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Maka dari itu, ada baiknya sebelum melakukan pembelian, kamu perlu terlebih dahulu perbedaan diantara mobil tersebut. Untuk ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Pengertian SUV (Sport Utility Vehicle)

Mobil SUV adalah sebuah mobil yang memiliki konsep gabungan antara jip, pikap, dan juga sedan. Mobil ini diproduksi sebagai kendaraan yang mampu melewati berbagai jenis medan off-road dan juga on-road. Karakter jip yang kuat dan juga gagah ketika melalui medan tanah, batu, bukit, hingga pegunungan disematkan pada mobil SUV sehingga desain bodi SUV juga sangat kokoh dan garang.

Selain dibuat agar tangguh ketika melewati berbagai medan jalanan, SUV juga memiliki karakteristik mobil sedan untuk mengangkut penumpang. Kapasitas duduk yang hanya 4 orang dengan kenyamanan berkendara membuat mirip dengan sedan yang menjadi ciri khas mobil jenis SUV di tanah ait. Bahkan belakangan ini produsen mobil mulai membuat SUV dengan 7-seater dengan tujuan mobil mampu memuat lebih banyak penumpang seperti MPV dan membuat konsumen MPV beralih ke SUV.

Pengertian MPV (Multi Purpose Vehicle)

Mobil MPV adalah mobil yang didesain untuk memiliki kemampuan mengangkut banyak penumpang. Biasanya, kabin mobil dari MPV memiliki kapasitas angkut sebanyak 7 orang, bahkan ada yang 8 dan juga 9 orang. Di dalam negeri sendiri, mobil ini dikenal dengan mobil keluarga karena mampu menampung banyak penumpang. Maka tak heran, peminat dari mobil ini adalah dari kalangan keluarga Indonesia.

Secara fisik, mobil MPV memiliki dimensi yang lebar dan juga panjang. Dengan kapasitas 7 tempat duduk, biasanya mobil ini hadir dengan konfigurasi 2-2-3. Sesuai dengan arti mobil tersebut dalam Bahasa Indonesia, mobil ini adalah kendaraan serbaguna untuk bergam tujuan. MPV juga masih memiliki tempat untuk menyimpan barang-barang kecil di sela-sela jok ataupun dibagian belakang.

Dan itu dia perbedaan antara mobil mpv dan suv. Walau sebenarnya perbedaan keduanya cukup jelas, namun masih banyak masyarakat yang kadang terkecoh dan juga salah mengenali keduanya. Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena memang beberapa spesifikasi dan juga elemen mobil dari kedua mobil tersebut hampir memiliki kesamaan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan