5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

perbedaan oli motor dan mobil

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas memiliki kandungan yang berbeda. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenali perbedaan oli motor dan mobil. Berikut ini 6 perbedaan oli mobil dan motor yang wajib kamu ketahui. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya, sobat HSR Wheel!

Baca Juga: Kapan Harus Ganti Oli Mobil?

5 Perbedaan Oli Motor & Mobil

1. Komposisi Bahannya

Komposisi oli mobil dan motor tentu berbeda. Untuk komposisi oli mobil lebih banyak mengandung zat adiktif yang berperan sebagai pelumas dan TBN (Total Base Number) tinggi. Sebab komponen mesin mobil sangat memerlukan pelumas untuk meredam gesekan antar komponen di dalam mesin.

Sedangkan TBN yang tinggi akan memiliki dampak yang negatif apabila digunakan pada mesin motor khususnya motor yang menggunakan sistem kopling basah. Sebab sistem transmisi motor dengan mesin berada dalam satu ruangan. Sehingga jika TBN terlalu tinggi mengakibatkan kopling menjadi mudah selip. Oleh karena itu, penting sekali untuk melihat secara cermat sebelum membeli oli.

2. Gambar Kemasan

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat pada gambar kemasan. Tujuannya untuk memudahkan konsumen dalam membelinya. Untuk gambar kemasan oli motor terdapat gambar motor. Begitu juga untuk gambar kemasan oli mobil terdapat gambar mobil. Oleh karenanya, sebelum membelinya, lihat dulu gambar kemasannya sesuai dengan kendaraanmu.

3. Label

Perbedaan selanjutnya terletak pada label standarisasi yang terletak pada kemasan. Biasanya produsen telah mencantumkan label dengan spesifikasi tertentu pada kemasan. Dengan tujuan untuk memudahkan konsumen dalam membelinya.

Untuk oli motor, biasanya terdapat label Japan Automotive Standard Organization atau JASO pada kemasannya. Sedangkan untuk oli mobil terdapat label Association of Consulting Engineers Australia atau ACEA. Apabila kamu tidak menemukannya, kamu bisa meminta arahan dari mekanik profesional di diler untuk memberikan oli sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Keterangan Tambahan

Untuk melihat perbedaan diantara keduanya, kamu juga bisa melihat keterangan tambahan yang tercantung pada kemasan. Pada kemasan oli motor biasanya terdapat tulisan keterangan anti-slip ataupun excelent wet clucth.

Keterangan tersebut menunjukkan peran dari oli motor. Anti-slip berperan untuk mengurangi gesekan antar komponen tanpa adanya selip. Sementara excellent wet clutch untuk jenis kopling motor basah. Sedangkan untuk oli mobil terdapat keterangan API service 10W-40.

5. Hasil Kegunaan

Perbedaan oli motor dan mobil dapat dilihat dari hasil penggunaannya. Biasanya kendaraan motor mempunyai mesin pendingin yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil Apabila mesin motor mempunyai suhu yang tinggi saat dikendarai. Bisa jadi kamu salah menggunakannya. Oleh karena itu, penting sekali untuk meneleti terlebih dahulu sebelum membelinya.

Nah itu ida, 5 perbedaan oli motor dan mobil yang wajib kamu tahu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan