Berita Otomotif

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas memiliki kandungan yang berbeda. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenali perbedaan oli motor dan mobil. Berikut ini 6 perbedaan oli mobil dan motor yang wajib kamu ketahui. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya, sobat HSR Wheel!

Baca Juga: Kapan Harus Ganti Oli Mobil?

5 Perbedaan Oli Motor & Mobil

1. Komposisi Bahannya

Komposisi oli mobil dan motor tentu berbeda. Untuk komposisi oli mobil lebih banyak mengandung zat adiktif yang berperan sebagai pelumas dan TBN (Total Base Number) tinggi. Sebab komponen mesin mobil sangat memerlukan pelumas untuk meredam gesekan antar komponen di dalam mesin.

Sedangkan TBN yang tinggi akan memiliki dampak yang negatif apabila digunakan pada mesin motor khususnya motor yang menggunakan sistem kopling basah. Sebab sistem transmisi motor dengan mesin berada dalam satu ruangan. Sehingga jika TBN terlalu tinggi mengakibatkan kopling menjadi mudah selip. Oleh karena itu, penting sekali untuk melihat secara cermat sebelum membeli oli.

2. Gambar Kemasan

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat pada gambar kemasan. Tujuannya untuk memudahkan konsumen dalam membelinya. Untuk gambar kemasan oli motor terdapat gambar motor. Begitu juga untuk gambar kemasan oli mobil terdapat gambar mobil. Oleh karenanya, sebelum membelinya, lihat dulu gambar kemasannya sesuai dengan kendaraanmu.

3. Label

Perbedaan selanjutnya terletak pada label standarisasi yang terletak pada kemasan. Biasanya produsen telah mencantumkan label dengan spesifikasi tertentu pada kemasan. Dengan tujuan untuk memudahkan konsumen dalam membelinya.

Untuk oli motor, biasanya terdapat label Japan Automotive Standard Organization atau JASO pada kemasannya. Sedangkan untuk oli mobil terdapat label Association of Consulting Engineers Australia atau ACEA. Apabila kamu tidak menemukannya, kamu bisa meminta arahan dari mekanik profesional di diler untuk memberikan oli sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Keterangan Tambahan

Untuk melihat perbedaan diantara keduanya, kamu juga bisa melihat keterangan tambahan yang tercantung pada kemasan. Pada kemasan oli motor biasanya terdapat tulisan keterangan anti-slip ataupun excelent wet clucth.

Keterangan tersebut menunjukkan peran dari oli motor. Anti-slip berperan untuk mengurangi gesekan antar komponen tanpa adanya selip. Sementara excellent wet clutch untuk jenis kopling motor basah. Sedangkan untuk oli mobil terdapat keterangan API service 10W-40.

5. Hasil Kegunaan

Perbedaan oli motor dan mobil dapat dilihat dari hasil penggunaannya. Biasanya kendaraan motor mempunyai mesin pendingin yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil Apabila mesin motor mempunyai suhu yang tinggi saat dikendarai. Bisa jadi kamu salah menggunakannya. Oleh karena itu, penting sekali untuk meneleti terlebih dahulu sebelum membelinya.

Nah itu ida, 5 perbedaan oli motor dan mobil yang wajib kamu tahu.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022