Kenali Perbedaan Oversteer dan Understeer Agar Tidak Keliru

perbedaan oversteer dan understeer

Berkendara dengan kecepatan tinggi bisa membuat ban mobil slip baik itu depan maupun belakang. Slip yang terjadi pada ban depan disebut dengan understeer sedangkan slip yang terjadi pada ban belakang disebut dengan oversteer. Lantas apa itu oversteer? dan apa itu understeer? perbedaan oversteer dan understeer itu apa?

Oversteer merupakan keadaan dimana ban belakang kehilangan traksi saat berada di belokan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Sehingga ban mobil belakang seperti ingin mengejar ban mobil depan. Hal ini mengakibatkan posisi kendaraan menjadi miring. Sedangkan understeer merupakan keadaan dimana ban depan tetap lurus meskipun sudah dibelokan. Akibatnya mobil akan terus bergerak lurus dan bisa menabrak apa saja yang berada di depannya. Sehingga hal ini bisa membahayakan keselamatanmu.

Lantas apa penyebab oversteer dan understeer pada mobil? Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya, untuk mengetahui informasi lebih detail!

Baca Juga: Apakah Ganti Ban Mobil Harus Sepasang Atau Bisa Satuan?

Penyebab Terjadi Oversteer dan Understeer Pada Mobil

oversteer dan understeer

Oversteer dan understeer terjadi karena kondisi ban mobil sudah aus atau botak. Ban mobil yang sudah botak membuat ban mobil kehilangan traksi terutama saat berada dijalanan yang licin dan basah. Hal inilah yang membuat ban mobil mengalami oversteer dan understeer.

Untuk understeer bisa disebabkan ketika kamu melakukan hard braking dan ban depan terkunci. Sehingga ban depan sulit untuk dikontrol meski telah diputar dengan setir dan mobil akan tetap bergerak lurus ke depan.

Sedangkan untuk oversteer juga bisa disebabkan karena tenaga yang disalurkan ke ban belakang terlalu besar. Artinya ketika mobil akan menikung dalam kecepatan tinggi dan langsung mengganti gigi ke posisi rendah. Akibatnya ban akan berputar lebih cepat karena putaran mesin yang terlalu tinggi. Oleh karenanya, saat ban mobil kehilangan traksi, hal inilah yang bisa menyebabkan mobil ngepot karena berat belakang mobil terlempar ke bagian depan. Bagaimana cara mengatasinya jika telah terjadi overstreer dan understeer?

Cara Mengatasi Understeer dan Overstreer

Cara mengatasi terjadinya understreer bisa dengan mengurangi kecepatan mobil sehingga ban depan yang terkunci tadi bisa diminimalisir dan kendali setir mobil bisa dimaksimalkan kembali. Selain itu, apabila kamu melewati tikungan yang terlalu patah, usahakan untuk mengurangi kecepatan mobil secara perlahan-lahan agar ban mobil bisa selalu memperoleh traksi.

Sedangkan cara mengatasi terjadinya oversteer bisa dengan mengurangi kecepatan mobil saat hendak melewati tikungan dan jangan injak pedal gas ketika keluar tikungan. Jangan lupa, kamu juga harus selalu mengecek kondisi ban mobil. Karena ban mobil yang sudah aus dan botak merupakan salah satu penyebab terjadinya understeer dan oversteer.

Nah itu dia, perbedaan oversteer dan understeer dan bagaimana cara mengatasi jika terjadi oversteer dan understeer.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan