Info Ban Mobil

Kenali Perbedaan Oversteer dan Understeer Agar Tidak Keliru

Berkendara dengan kecepatan tinggi bisa membuat ban mobil slip baik itu depan maupun belakang. Slip yang terjadi pada ban depan disebut dengan understeer sedangkan slip yang terjadi pada ban belakang disebut dengan oversteer. Lantas apa itu oversteer? dan apa itu understeer? perbedaan oversteer dan understeer itu apa?

Oversteer merupakan keadaan dimana ban belakang kehilangan traksi saat berada di belokan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Sehingga ban mobil belakang seperti ingin mengejar ban mobil depan. Hal ini mengakibatkan posisi kendaraan menjadi miring. Sedangkan understeer merupakan keadaan dimana ban depan tetap lurus meskipun sudah dibelokan. Akibatnya mobil akan terus bergerak lurus dan bisa menabrak apa saja yang berada di depannya. Sehingga hal ini bisa membahayakan keselamatanmu.

Lantas apa penyebab oversteer dan understeer pada mobil? Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya, untuk mengetahui informasi lebih detail!

Baca Juga: Apakah Ganti Ban Mobil Harus Sepasang Atau Bisa Satuan?

Penyebab Terjadi Oversteer dan Understeer Pada Mobil

Oversteer dan understeer terjadi karena kondisi ban mobil sudah aus atau botak. Ban mobil yang sudah botak membuat ban mobil kehilangan traksi terutama saat berada dijalanan yang licin dan basah. Hal inilah yang membuat ban mobil mengalami oversteer dan understeer.

Untuk understeer bisa disebabkan ketika kamu melakukan hard braking dan ban depan terkunci. Sehingga ban depan sulit untuk dikontrol meski telah diputar dengan setir dan mobil akan tetap bergerak lurus ke depan.

Sedangkan untuk oversteer juga bisa disebabkan karena tenaga yang disalurkan ke ban belakang terlalu besar. Artinya ketika mobil akan menikung dalam kecepatan tinggi dan langsung mengganti gigi ke posisi rendah. Akibatnya ban akan berputar lebih cepat karena putaran mesin yang terlalu tinggi. Oleh karenanya, saat ban mobil kehilangan traksi, hal inilah yang bisa menyebabkan mobil ngepot karena berat belakang mobil terlempar ke bagian depan. Bagaimana cara mengatasinya jika telah terjadi overstreer dan understeer?

Cara Mengatasi Understeer dan Overstreer

Cara mengatasi terjadinya understreer bisa dengan mengurangi kecepatan mobil sehingga ban depan yang terkunci tadi bisa diminimalisir dan kendali setir mobil bisa dimaksimalkan kembali. Selain itu, apabila kamu melewati tikungan yang terlalu patah, usahakan untuk mengurangi kecepatan mobil secara perlahan-lahan agar ban mobil bisa selalu memperoleh traksi.

Sedangkan cara mengatasi terjadinya oversteer bisa dengan mengurangi kecepatan mobil saat hendak melewati tikungan dan jangan injak pedal gas ketika keluar tikungan. Jangan lupa, kamu juga harus selalu mengecek kondisi ban mobil. Karena ban mobil yang sudah aus dan botak merupakan salah satu penyebab terjadinya understeer dan oversteer.

Nah itu dia, perbedaan oversteer dan understeer dan bagaimana cara mengatasi jika terjadi oversteer dan understeer.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022