Kategori: Tips Otomotif

Rem Cakram dan Rem Tromol, Apa Perbedaannya?

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar nama rem cakram dan rem tromol. Bahkan, kedua hal ini ramai diperbincangkan. Pasalnya rem mobil merupakan komponen yang paling penting atau vital dalam keselamatan berkendara. Maka, pastikan kamu sudah memilih rem yang tepat untuk mobil kesayangan kamu.

Untuk membantu kamu menentukan rem mana dan ideal untuk mobil kesayangan kamu. Simak informasi beberapa perbedaan dari keduanya terlebih dahulu di bawah ini. Hal ini akan memberikan pemahaman kamu terkait kedua jenis rem mobi tersebut.

Jenis Mobil

Untuk mengetahui perbedaan yang utama, biasanya berdasarkan jenis mobil. Rem tromol umumnya digunakan untuk kendaraan-kendaraan jaman dulu atau mobil tahun lawas, walaupun beberapa mobil masa kini masih ada yang menggunakannya.

Sedangkan untuk rem cakram jelas banyak digunakan mobil-mobil modern atau keluaran baru dengan kapasitas yang lebih besar. Hal ini terjadi akibat banyaknya CC besar pada mobil keluaran baru, tentu saja membutuhkan daya rem yang kuat untuk menyetarakannya.

Bentuk Rem

Perbedaan kedua terletak pada bentuknya. Rem cakram berupa piringan sehingga bentuknya lebih terbuka dan terlihat. Sedangkan kalau tromol itu berbentuk seperti mangkok, sehingga remnya cenderung tidak terlihat dan tertutup. Sistem yang digunakan tromol masih mekanis sedangkan sistem cakram lebih hidrolis.

Mekanisme Kerja Rem

Perbedaan selanjutnya terlihat dari cara kerja atau mekanismenya. Rem cakram karena dihadirkan untuk mobil-mobil baru tentu saja mekasismenya lebih modern. Proses pengeramnnya terjadi saat disk brake atau rem cakram dihimpit oleh caliper kemudian dipicu oleh piston untuk membuat kampas rem bergerak ke arah cakram. Sedangkan mekanisme tromol terjadi saat menginjak pedal rem, maka piston silinder yang berada di silinder rem akan mendorong sepatu rem keluar dan menekan tromol atau drum tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan

Tromol memiliki kelebihan dari bentuknya yang tertutup, hal ini dapat membantu debu dan kotoran sulit masuk ke dalam rem. Selain itu rem tromol memiliki kemampuan menahan beban kendaraan berat yang lebih baik dan pakem, sehingga sering digunakan pada mobil besar seperti truk. Akan tetapi, kekurangannya bagian kampas rem tidak menempel pada seluruh bagian tromol, hal ini membuat proses pengereman menjadi kurang maksimal.

Sedangkan untuk rem cakram, memiliki kelebihan dari proses pengereman yang lebih maksimal  dan sirkulasi panasnya lebih merata karena terdapat rongga pada cakram yang mampu meminimalisir terjadinya overheat. Untuk kekurangannya, jika tromol terlindungi dari debu, cakram kebalikannya. Rem cakram sangat rentan terpapar debu dan kotoran karena terbuka, sehingga dibutuhkan perawatan rutin untuk mendapatkan performa optimal.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa perbedaan dari rem cakram dan rem tromol? Pastikan mobil kamu sudah menggunakan rem yang tepat dan sesuai.

Pos Terbaru

Aturan dan Fungsi Zebra Cross

Fungsi Zebra Cross - Hampir di seluruh belahan dunia pasti kamu akan menemui yang namanya… Read More

2 hari lalu

4 Fungsi Lampu Sein yang Wajib Diketahui

Fungsi Lampu Sein - Setiap mobil tentu saja sudah pasti memiliki lampu pada bagian belakang… Read More

2 hari lalu

Masa Pakai Aki Mobil yang Wajib Diketahui

Masa Pakai Aki Mobil - Baterai atau aki mobil adalah salah satu komponen yang sangat… Read More

3 hari lalu

Fungsi Turbo Timer dan Cara Kerjanya

Fungsi turbo timer sendiri akan sangat terasa berguna ketika menggunakan mobil dengan mesin turbo seperti… Read More

3 hari lalu

3 Cara Memilih Car Cover yang Benar

Cara Memilih Car Cover yang Benar - Sarung mobil atau biasa disebut dengan car cover… Read More

4 hari lalu

4 Faktor Aki Mobil Cepat Terkuras

Faktor Aki Mobil Cepat Terkuras - Baterai atau aki mobil adalah salah satu komponen penting… Read More

4 hari lalu