Rem Cakram dan Rem Tromol, Apa Perbedaannya?

tromol dan cakram

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar nama rem cakram dan rem tromol. Bahkan, kedua hal ini ramai diperbincangkan. Pasalnya rem mobil merupakan komponen yang paling penting atau vital dalam keselamatan berkendara. Maka, pastikan kamu sudah memilih rem yang tepat untuk mobil kesayangan kamu.

Untuk membantu kamu menentukan rem mana dan ideal untuk mobil kesayangan kamu. Simak informasi beberapa perbedaan dari keduanya terlebih dahulu di bawah ini. Hal ini akan memberikan pemahaman kamu terkait kedua jenis rem mobi tersebut.

rem

Jenis Mobil

Untuk mengetahui perbedaan yang utama, biasanya berdasarkan jenis mobil. Rem tromol umumnya digunakan untuk kendaraan-kendaraan jaman dulu atau mobil tahun lawas, walaupun beberapa mobil masa kini masih ada yang menggunakannya.

Sedangkan untuk rem cakram jelas banyak digunakan mobil-mobil modern atau keluaran baru dengan kapasitas yang lebih besar. Hal ini terjadi akibat banyaknya CC besar pada mobil keluaran baru, tentu saja membutuhkan daya rem yang kuat untuk menyetarakannya.

Bentuk Rem

Perbedaan kedua terletak pada bentuknya. Rem cakram berupa piringan sehingga bentuknya lebih terbuka dan terlihat. Sedangkan kalau tromol itu berbentuk seperti mangkok, sehingga remnya cenderung tidak terlihat dan tertutup. Sistem yang digunakan tromol masih mekanis sedangkan sistem cakram lebih hidrolis.

Mekanisme Kerja Rem

Perbedaan selanjutnya terlihat dari cara kerja atau mekanismenya. Rem cakram karena dihadirkan untuk mobil-mobil baru tentu saja mekasismenya lebih modern. Proses pengeramnnya terjadi saat disk brake atau rem cakram dihimpit oleh caliper kemudian dipicu oleh piston untuk membuat kampas rem bergerak ke arah cakram. Sedangkan mekanisme tromol terjadi saat menginjak pedal rem, maka piston silinder yang berada di silinder rem akan mendorong sepatu rem keluar dan menekan tromol atau drum tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan

Tromol memiliki kelebihan dari bentuknya yang tertutup, hal ini dapat membantu debu dan kotoran sulit masuk ke dalam rem. Selain itu rem tromol memiliki kemampuan menahan beban kendaraan berat yang lebih baik dan pakem, sehingga sering digunakan pada mobil besar seperti truk. Akan tetapi, kekurangannya bagian kampas rem tidak menempel pada seluruh bagian tromol, hal ini membuat proses pengereman menjadi kurang maksimal.

Sedangkan untuk rem cakram, memiliki kelebihan dari proses pengereman yang lebih maksimalĀ  dan sirkulasi panasnya lebih merata karena terdapat rongga pada cakram yang mampu meminimalisir terjadinya overheat. Untuk kekurangannya, jika tromol terlindungi dari debu, cakram kebalikannya. Rem cakram sangat rentan terpapar debu dan kotoran karena terbuka, sehingga dibutuhkan perawatan rutin untuk mendapatkan performa optimal.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa perbedaan dari rem cakram dan rem tromol? Pastikan mobil kamu sudah menggunakan rem yang tepat dan sesuai.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan