Kategori: Tips Otomotif

Rem Mobil Berbunyi Saat Digunakan, Apa Penyebabnya?

Rem mobil yang berbunyi saat digunakan tentunya sangat mengganggu kenyamanan berkendara dan keselamatan  pengemudi dalam menahan laju kendaraan untuk berhenti. Selain itu, masalah rem mobil dapat mengganggu mobilitas kamu. Umumnya bunyi rem ini merupakan sebuah tanda terjadinya masalah di sistem pengereman mobil.

Umumnya, rem mobil yang bermasalah akan ditandai dengan bunyi melengking dan berdecit saat pedal rem diinjak. Bunyi ini juga memang kerap kali membuat tidak nyaman pendengaran pengemudi dan orang sekitar. Maka, ketahui beberapa penyebab rem mobil bunyi agar dapat dapat mengatasinya sedini mungkin.

Kampas Rem Aus

Kampas rem yang aus atau menipis dapat membuat piringan cakram rem bergesekan dengan pelat penjepit kampas rem. Gesekan ini yang menyebabkan gesekan besi atau membuat rem mobil menjadi berbunyi saat menginjak kampas rem.  Kampus rem mobil memang harus diganti secara berkala, minimal satu tahun sekali. Apalagi jika mobil sering digunakan berkendara melintasi berbagai medan jalan, pemeriksaan berkala sangat dibutuhkan.  

Rem Mobil Kotor

Mobil yang sering digunakan akan beresiko untuk mengalami kotornya rem mobil, apalagi saat musim hujan. Debu dan kotoran yang menempel menjadi gumpalan atau kerak yang melekat di permukaan kampas rem dan juga cakram. Hal ini mengakibatkan rem tidak berfungsi secara mulus hingga menyebabkan suara berdecit yang cukup mengganggu pendengaran. Sebaiknya, kamu rutin membersihkan bagian ini dengan cairan pembersih rem khusus.

Cakram Tidak Rata

Penyebab rem berbunyi disebabkan oleh cakram yang tidak rata. Sebab, kampas rem dan tromol sering bergesekan berulang kali dan akhirnya membuat cakram menjadi tidak rata. Selain itu, cakram rem yang tidak rata atau bermasalah dapat membuat mobil bergetar saat menggunakan rem. Untuk memperbaikinya kamu bisa pergi ke bengkel atau ke pembubut agar permukaan cakram kembali rata. Jika sudah parah, kamu harus menggantinya dengan cakram yang baru.

Terkena Tetesan Oli

Tetesan oli yang menempel di bagian cakram dan kanvas rem dapat membuat bagian ini menjadi licin. Jika licin maka ketika kamu melakukan pengereman akan menjadi licin dan menimbulkan bunyi. Tetesan oli ini biasanya berasal dari kebocoran oli yang harus segera kamu perbaiki. Sebab selain mempengaruhi kondisi rem, kebocoran ini juga bisa mengurangi performa mesin mobil kamu.

Piston Rem Rusak

Jika tetesan oli membuat rem menjdi licin, maka kerusakan piston pada rem rusak dapat menyebabkan kemacetan. Hal ini akan membuat kamu kesulitan mengerem saat pedal rem dipijak karena penekanan yang kurang optimal. Piston rem yang rusak juga akan membuat mobil terasa berat.

Pos Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios - Perusahaan produsen mobil Daihatsu adalah salah satu produsen mobil… Read More

9 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil KIA Carnival

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Carnival - KIA Carnival adalah mobil jenis MPV keluarga yang… Read More

15 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sigra

Daihatsu Sigra adalah mobil MPV yang pertama kali diluncurkan pada GIIAS 2016 lalu. Kehadirannya dengan… Read More

1 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic - Mobil matic adalah mobil yang saat ini sedang banyak… Read More

1 hari lalu

3 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Tips Merawat Bodi Mobil - Pada tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta kembali… Read More

3 hari lalu

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass - Mobil Daihatsu Espass ini adalah mobil yang masuk dalam… Read More

1 minggu lalu