Rem Parkir Mobil Ada Banyak Jenisnya, Yuk Ketahui Cara Menggunakannya

rem tangan

Rem parkir atau biasa disebut hand brake adalah salah satu sistem keamanan sederhana pada mobil yang perannya sangat penting untuk menghentikan laju kendaraan saat sedang diam atau sebagai rem darurat agar mobil tidak ‘mundur’ ketika berada di jalanan menanjak atau macet.

Sesuai namanya, rem parkir biasanya digunakan ketika mobil berada dalam keadaan diam atau berhenti. Jika tidak, ada resiko yang bisa merugikan atau merusak komponen mobil lainnya, khususnya pada kampas rem. Untuk memaksimalkan penggunaannya, sebaiknya kamu kenali jenis rem parkir mobil dan cara menggunakannya.

Apa Saja Jenis Rem Parkir Mobil?

Ada banyak jenis-jenis rem parkir mobil yang saat ini beredar di pasaran, tetapi fungsinya tetap sama untuk menahan kendaraan agar roda terkunci dan mobil tidak bergerak sekalipun mesin dalam keadaan mati. Berikut beberapa jenis-jenis rem parkir mobil.

Jenis Tuas Dongkrak

Rem Parkir Mobil Ada Banyak Jenisnya

Rem parkir mobil jenis ini paling sering ditemukan pada jenis-jenis kendaraan tahun muda dan keluaran baru. Mungkin kamu salah satunya yang sering menggunakannya. Rem parkir ini juga biasa disebut dengan rem tangan. Posisinya ada di sebelah kiri pengemudi dekat dengan tuas perseneling mobil.

Cara menggunakannya cukup tarik sedikit tuas remnya ke atas, lalu tekan tombol yang ada diujung tuas sambil ditahan. Rem parkir model ini menggunakan sistem rem tromol atau sistem rem ganda yang menggunakan rem cakram sebagai rem utamanya. Untuk merawat rem parkir ini, kamu hanya perlu melakukan perawatan berkali pada bagian drum brake untuk menghilangkan sisa debu kampas rem dan memberi tambahan peluas di dalamnya.

Jenis Tuas Tarik

Rem Parkir Mobil Ada Banyak Jenisnya

Jika tuas dongkrak banyak ditemukan pada kendaraan baru dan kekinian. Rem parkir jenis ini sebaliknya karena banyak ditemukan pada kendaraan-kendaraan jaman dulu dan lawas.

Cara menggunakannya sangat mudah sesuai dengan namanya, tuas rem hanya perlu ditarik sedikit ke atas, lalu memutarnya ke arah kiri dan melepaskannya. Kekurangannya, saat menggunakan rem ini bisa sangat menguras tenaga.

Rem pakir model tarik ini masih juga menggunakan sistem rem tromol atau drum brake sehingga perawatannya masih sama seperti model tuas dongkrak, yaitu rutin melakukan perawatan pada bagian drum brake dan memberikan pelumas.

Jenis Pedal

Rem Parkir Mobil Ada Banyak Jenisnya

Rem parkir model pedal juga memiliki cara kerja yang hampir sama dengan rem parkir tuas, bedanya hanya dari letak posisinya. Rem parkir model pedal terletak di samping kiri pedal kopling pada mobil manual dan samping kiri pedal rem pada mobil matik. Jenis rem ini biasanya banyak ditemukan pada kendaraan premium seperti Toyota Camry.

Cara menggunakannya hanya perlu menginjak rem parkir secukupnya, kemudian melepaskannya. Untuk melepaskannya hanya perlu menginjak kembali pedal rem parkir sampai terangkat ke posisi semula.

Jenis Tuas Geser

Rem parkir jenis ini biasanya banyak ditemukan pada kendaraan-kendaraan berat. Cara menggunakannya sangat simpel, yaitu hanya dengan menggeser tuas rem saja. Untuk melepaskannya, kamu hanya perlu menggeser lagi pada arah berlawanan.

Jenis Elektrik

Rem parkir jenis ini banyak ditemukan pada mobil mobil premium seperti BMW seri 7 E65 dan mobil Lexus. saat ini rem jenis elektrik sudah banyak digunakan untuk kendaaran level menengah ke atas karena sangat memudahkan pengemudi.

Cara menggunakannya, hanya cukup menekan tombol untuk mengaktifkan dan mengangkat tombol ke atas untuk menonaktifkannya. Akan tetapi, beberapa mobil memiliki aturan aktivasi yang berbeda-beda. Misalnya harus menginjak pedal rem terlebih dahulu untuk mengaktifkan rem parkir elektrik.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan