Restorasi Mobil, Perhatikan 3 Tips Ini!

3 Tips Sebelum Melakukan Restorasi Mobil

Restorasi mobil tentu menjadi sebuah pilihan yang menarik terutama bagi para pecinta mobil klasik. Bahkan, hingga saat ini pecinta modifikasi mobil klasik yang kuno bukan hanya digemari oleh generasi tua saja, melainkan juga kaula muda yang tertarik dengan mobil-mobil tua. Beberapa orang biasa melakukan ini sekedar hobi atau mengenang masa-masa kejayaan mobil tersebut pada zamannya. Sebagian yang lainnya memilih mobil tua karena keunikan dan kekuatan mobilnya yang tidak ditemukan oleh mobil zaman sekarang.

Tips Sebelum Restorasi Mobil

Umumnya, restorasi mobil dilakukan untuk mobil-mobil tua. Akan tetapi, terkadang beberapa kondisi mobil tua ada yang masih bisa dilakukan restorasi dan tidak. Sehingga sebelum kamu membeli mobil tua atau melakukan restorasi. Simak tips di bawah ini.

Pastikan Kondisi Mobil Masih Bagus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mobil yang akan direstorasi biasanya sudah berumur tua. Maka, pastikan kondisi mobil tua kamu masih bagus. Bagus disini artinya bodi dan rangka mobilnya masih utuh dan tidak banyak yang berkarat. Sebab, struktur mobil yang hancur agak sulit untuk diperbaiki. Selain itu, tentu saja kamu harus memastikan mesinnya sehat dengan surat mobil yang lengkap jika memang akan membeli mobil bekas.

Pehitungkan Biaya

Melakukan restorasi mobil tentu saja dibutuhkan sebuah estimasi biaya. Sebab, setiap mobil yang akan mengeluarkan budget yang berbeda. Tergantung dari kondisi mobil. Rat-rata biaya yang harus dikeluarkan mencapai hingga 20 jutaan ke atas. Akan tetapi, ada juga yang di bawah 10 jutaan. Tetapi, jika kamu melakukan restorasi dengan penambahan suku cadang mobilnya bisa mencapai 50 jutaan ke atas, apalagi jika suku cadangnya sulit didapatkan. Walaupun sebenarnya tergantung dengan kesepakatan kamu dan bengkel yang akan merestorasi.

Pilih Bengkel yang Tepat

Tidak semua bengkel dapat melakukan restorasi. Sebaiknya, kamu melakukan survei terlebih dahulu untuk mencari bengkel yang sudah handal melakukan restorasi. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan teman atau komunitas pecinta mobil klasik yang telah berpengalaman. Biasanya, orang-orang yang memiliki hobi yang sama akan saling merekomendasikan tempat rekomendasi yang bagus yang pernah dialaminya. So, jangan ragu untuk bertanya di komunitas, forum, atau club mobil sesama pecinta mobil tua ya!

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan